Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Terstruktur By: Siti Mariyah, SST. Tujuan Pembelajaran 1.Pengenalan Foxpro 2.Memahami konsep database, tipe data, tipe database, organisasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Terstruktur By: Siti Mariyah, SST. Tujuan Pembelajaran 1.Pengenalan Foxpro 2.Memahami konsep database, tipe data, tipe database, organisasi."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Terstruktur By: Siti Mariyah, SST

2 Tujuan Pembelajaran 1.Pengenalan Foxpro 2.Memahami konsep database, tipe data, tipe database, organisasi database relasi dan nama file

3 Mengenal Visual Foxpro Foxpro adalah sebuah sistem manajemen database (Database Management System) elektronik, yang berfungsi untuk mengumpulkan, mengambil, dan menampilkan data. Sedangkan visual foxpro adalah bahasa pemrograman visual yang berorientasi pada obyek (Object Oriented Programming/OOP) dan juga sebagai Sistem Manajemen Database Relasional (RDBMS)

4 Konsep Database Misalkan, kita mengelola data yang sangat besar seperti data keuangan suatu perusahaan, 1.Bagaimana data tersebut dikelola/dimanipulasi? 2.Bagaimana data tersebut disimpan jika nanti diperlukan kembali? 3.Bagaimana menyajikan informasi dengan mudah dan akurat ketika informasi tersebut dibutuhkan dengan cepat? Jawabannya yaitu database. Database digunakan untuk mengelola data untuk disimpan agar data tersebut dapat dimanipulasi, terjamin keakuratannya, efektif dalam segi penyimpanan, dan memudahkan mengakses kembali.

5 Konsep Database (2) Jadi database adalah -Sekumpulan fakta yang saling berhubungan dan mempunyai suatu arti tertentu -Koleksi data ynag terorganisasi sedemikian rupa sehingga memudahkan proses pencarian dan pengorganisasiannya. Sedangkan management database adalah program komputer yang memungkinkan pemakai untuk membuat dan memelihara basis data (memasukkan, mengubah, menghapus, memanipulasi, dan memperoleh kembali data) dengan mudah. Contohnya : Foxpro.

6 Konsep Database (3) Secara garis besar pembuatan aplikasi database meliputi proses-proses sebagai berikut : 1.Merencanakan atau merancang aplikasi 2.Membuat database (tabel, view, relasi tabel) 3.Membuat kelas (event, properti, method) 4.Menyediakan akses informasi (form, menu, toolbar) 5.Menyediakan akses informasi (query, report, grafik) 6.Testing dan debugging

7 Konsep Database (4) Perancangan database Pembuatan database Penyedian akses fungsional Penyedian akses informasi Testing & debugging aplikasi

8 Relational database Relational Database Management System (RDBMS) : suatu perangkat lunak yang kompleks untuk manipulasi data sehingga dengan mudah diambil informasinya bagi pengguna data.

9 Relational database (2) Urutan dalam database : character  field  record  tabel  database Character : numerik, huruf, maupun karakter spesial yang membentuk field Field : attribut dari record yang dikumpulkan dari item data, seperti nim, nama, tanggal lahir Record : kumpulan field yang saling terkait Tabel : kumpulan record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis Database : kumpulan tabel yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk relasi. Explain Contoh

10 Perintah SQL (Structure Query Language) DDL : membuat, mengubah, dan mengahapus. Statement DDL : CREATE, ALTER DROP DML : memanipulasi. Statement DML : INSERT, UPDATE, DELETE, SELECT SQL DDL (Data Definition Language) DML (Data Manipulation Language)

11 Istilah dalam Visual Foxpro Project Manager  mengatur pengembangan, integrasi, dan pembuatan aplikasi. Project adalah kumpulan file, data, dokumen dan objek yang digunakan dalam Visual Foxpro dan mempunyai ekstensi.PJX


Download ppt "Pemrograman Terstruktur By: Siti Mariyah, SST. Tujuan Pembelajaran 1.Pengenalan Foxpro 2.Memahami konsep database, tipe data, tipe database, organisasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google