Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FAJAR Y. ZEBUA  Menurut Fathansyah (1992, p2) : 1. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FAJAR Y. ZEBUA  Menurut Fathansyah (1992, p2) : 1. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian."— Transcript presentasi:

1 FAJAR Y. ZEBUA

2  Menurut Fathansyah (1992, p2) : 1. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah. 2. Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 3. Kumpulan file/ tabel/ arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.

3  Kumpulan data yang dihubungkan secara bersama-sama, dan gambaran dari data yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi dari suatu organisasi. (Connolly, 2002,p14)  Kumpulan terintegrasi dari file yang merupakan representasi data dari suatu model enterprise. (Date,1990,p5)

4  Data dalam basis data disimpan dalam tiga struktur : 1. File 2. Tabel 3. Objek

5  File  record dan field  Tabel  baris dan kolom  Objek  data dan instruksi program yang memfungsikan data

6

7

8  Mengurangi duplikasi data  Meningkatkan integritas data  Memelihara independensi data  Meningkatkan keamanan data  Memelihara konsistensi data  Manipulasi data lebih canggih  Mudah untuk digunakan  Mudah untuk di akses

9  Sistem lebih rumit, jadi memerlukan tenaga ahli dalam disain, program dan implementasi  Lebih mahal  Bila ada akses yang tidak benar, kerusakan dapat terjadi  Karena semua data di tempat terpusat, kerusakan software dan hardware dapat terjadi  Proses pemeliharaan dapat memakan waktu karena ukurannya yang besar  Proses back up data memakan waktu

10  Perangkat Keras (Hardware)  Sistem Operasi (Operating System)  Basis Data (Database)  DBMS (Database Management System)  Pemakai (User)  Aplikasi (perangkat lunak) lain.

11  DBMS merupakan perantara antara user dengan database.  Cara komunikasi diatur dalam suatu bahasa khusus yang telah ditetapkan oleh DBMS. Contoh: SQL, dBase, QUEL, dan sebagainya.

12  Data Definition Language (DDL)  Data Manipulation Language (DML)  Data Control Language (DCL)

13  Kelompok perintah yang berfungsi untuk mendefinisikan atribut-atribut database, table, atribut (kolom), batasan-batasan terhadap suatu atribut serta hubungan antar table.  Yang termasuk kelompok DDL : Create, Alter, Drop, Rename

14  kelompok perintah yang berfungsi untuk memanipulasi data, misalnya untuk pengambilan, penyisipan pengubahan dan penghapusan data.  Yang termasuk DML adalah : Select, Insert, Update, Delete

15  Berisi perintah-perintah untuk mngendalikan pengaksesan data.  Yang termasuk DCL adalah : Grant, Revoke

16  Program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya sangat cepat, multi user serta menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language).  MySQL terdiri dari dua lisensi yaitu : FreeSoftware dan Shareware.  MySQL dirintis oleh Michael Widenius.  MySQL sebuah database yang dapat digunakan sebagai server maupun client.

17  Merupakan DBMS  Sebagai RDBMS atau disebut dengan Database Relational  Sebuah database server yang free  Sebuah database client  Mampu menerima query yang bertumpuk dalam satu permintaan atau Multi Threading.

18  Mampu menyimpan data berkapasitas sangat besar (hingga GB).  Didukung oleh driver ODBC  Menggunakan enkripsi password  Database server yang multi user  Mendukung field yang dijadikan sebagai kunci primer dan kunci unik.  Memiliki kecepatan dalam pembuatan dan update tabel.

19  Download di :  Dapat juga menggunakan modul XAMPP :

20

21

22  TINYINT  SMALLINT  MEDIUMINT  INT  INTEGER  BIGINT  FLOAT  DOUBLE  DOUBLEPRECISION  REAL  DECIMAL (M,D)  NUMERIC (M,D)

23  DATE TIME  DATE  TIMESTAP  TIME  YEAR

24  CHAR  VARCHAR  TINYBLOB, TINYTEXT  BLOB, TEXT  MEDIUMBLOB, MEDIUMTEXT  LONGBLOB, LONGTEXT  ENUM (‘nilai1’,’nilai2’,…,’nilaiN’)  SET (‘nilai1’,’nilai2’,…,’nilaiN’)

25 ADA PERTANYAAN ?

26 QUIZQUIZ


Download ppt "FAJAR Y. ZEBUA  Menurut Fathansyah (1992, p2) : 1. Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google