Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LINGKUNGAN BASIS DATA Anggit Dwi Hartanto, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LINGKUNGAN BASIS DATA Anggit Dwi Hartanto, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 LINGKUNGAN BASIS DATA Anggit Dwi Hartanto, S.Kom

2 Arsitektur Basis Data Lapis Internal, berkenaan dengan penyimpanan secara fisik. Lapis Konseptual, menjelaskan simpanan data dalam database, dan relasi antar data. type pelanggan = record nama : string; jalan : string; kota : string; end; Lapis Eksternal, lapis yang berkenaan dengan apa yang kelihatan bagi para pemakai akhir (end users).

3 Arsitektur Basis Data

4 Pada level konseptual, basis data mengandung informasi tentang sebuah entity yang disebut EMPLOYEE. Setiap EMPLOYEE mempunyai sebuah EMP_NUMBER (6 karakter), DEP_NUMBER(4 karakter) & SALARY (5 digit desimal). Pada level internal, para pegawai direpresentasikan oleh STRORED_EMP, panjang 20 byte. STORED_EMP terdiri atas 4 field yaitu flag/pointer, 6 byte, tiga field untuk atribut pegawai. Contoh dalam sebuah basis data pegawai :

5 External Level /View Level Adalah level user. Yang dimaksud dengan user adalah programmer, end user atau DBA. Setiap user mempunyai ‘bahasa’ yang sesuai dengan kebutuhannya. – Programmer : bahasa yang digunakan adalah bahasa pemrograman seperti C, COBOL, atau PL/I – End user : bahasa yang digunakan adalah bahasa query atau menggunakan fasilitas yang tersedia pada program aplikasi pada level eksternal ini, user dibatasi pada kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan aplikasi basis data. Didefinisikan sebagai sebuah Skema Eksternal.

6 Conceptual Level / Logical level Conceptual level adalah sebuah representasi seluruh muatan informasi yang dikandung oleh basis data. Tidak seperti level eksternal maka pada level conceptual, keberadaannya tidak memperhitungkan kekurangan perangkat keras maupun perangkat lunak pembangun aplikasi basis data. Didefinisikan sebagai sebuah Skema Konseptual

7 Internal/Physical Level Adalah level terendah untuk merepresentasikan basis data. Record disimpan dalam media penyimpanan dalam format byte. Didefinisikan sebagai sebuah Skema Internal.

8 Bahasa SQL SQL = sequel Pertama kali SQL di kembangkan pada tahun 1970 oleh IBM SQL kependekan dari Structured Query Language. Basis data umumnya menggunakan bahasa Query sebagai landasannya. Faktanya Bahasa Query selalu dianggap bahasa pemograman yang lebih mudah dimengerti.

9 BAGIAN SQL DDL (Data Definition Language) Untuk mendefinisikan data yang berhubungan dengan pembuatan dan penghapusan object. – CREATE (Membuat) – DROP (Menghapus) – ALTER (Merubah) DML (Data Manipulation Language) Untuk memanipulasi data pada tabel, record. – INSERT (Memasukkan) – UPDATE (Merubah) – DELETE (Menghapus)

10 Retrieving Data Perintah untuk menampilkan data. – SELECT DCL (Data Control Language) Bahasa yang berhubungan dengan pengendalian akses database – GRANT (memberikan akses) – REVOKE (mencabut akses) DTL (Data Transaction Language) Bahasa yang digunakan untuk mengelola transaksi di database – COMMIT (Setuju) – ROLLBACK (Batal)

11 Tipe Data Dalam SQL juga mengenal beragam tipe data. SQL menawarkan lebih dari 20 tipe data. Faktanya tipe data yang umum digunakan paling tidak lima. Tipe data selalu menentukan jenis data yang akan masuk ke basis data. Tipe data harus dirancang dengan efektifitas dan efisiensi yang tepat.

12 Integer / Numeric, tipe ini digunakan untuk karakter angka. – bigint :  2 63 – Int :  2 31 – Smallint:  2 15 – Tinyint: 0  255 – Bit: 1 atau 0 – Numeric:  Numeric Precission – float: bilangan presisi -1.79E  1.79E – real: bilangan presisi -3.40E + 38  3.40E + 38

13 Datetime, tipe ini digunakan untuk format penanggalan. – Datetime : 1 Januari 1753  31 Desember 9999 – Smalldatetme : 1 Januari 1900  6 Juni 2079 String, tipe ini digunakan untuk menangani karakter dengan panjang yang harus ditentukan. – Char: panjang tetap, max 8000 karakter – Varchar : panjang tidak tetap, max 8000 karakter – Text: tipe ini digunakan untuk format artikel, max 2 31 – 1 karakter

14 Unicode Character Strings – Nchar: max 4000 karakter – Nvarchar: max 4000 karakter – Ntext: max Binary Strings – Binary: panjang tetap, max 8000 bytes – Varbinary: panjang tidak tetap, max 8000 bytes – Image: max Money, Tipe ini masih varian dari Integer, tipe ini digunakan khusus untuk keuangan namun jarang digunakan. – Money:  2 63 – Small Money : , 3648  , 3648

15


Download ppt "LINGKUNGAN BASIS DATA Anggit Dwi Hartanto, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google