Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul ke: Fakultas Program Studi Lingkup Basis Data Mata Kuliah: Basis Data Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. 0202 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul ke: Fakultas Program Studi Lingkup Basis Data Mata Kuliah: Basis Data Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. 0202 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."— Transcript presentasi:

1 Modul ke: Fakultas Program Studi Lingkup Basis Data Mata Kuliah: Basis Data Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom ILMU KOMPUTER Teknik Informatika

2

3 Sasaran umum dari database sistem The three level architecture Independensi data (data independency) Bahasa & komponen dalam DBMS

4 Sasaran utama database sistem Menyajikan gambaran dari view data bagi pengguna sesuai dengan kebutuhan pengguna. Bagaimana data itu disimpan dan diolah.

5 Yang dimaksud dengan arsitektur AnsiSparc adalah mengidentifikasi tiga tingkatan yang berbeda dari sebuah penggambaran data. Terdapat tiga bentuk tingkatan: Eksternal Konseptual Internal

6 User I View 1 User I View 1 User II View 2 User II View 2 User II View 3 User II View 3 Internal Schema Database Conseptual Schema Conseptual Schema External Level Conceptual Level Internal Level Physical data organization ANSI-SPARC Three-Level Architecture

7 Pandangan Pengguna (User View) Sering disebut external level. Merupakan level teratas. Pandangan para user basis data terhadap basis data. Cara pandang user berbeda tergantung macam data yang tersedia External Level merupakan level individual user, masing- masing user akan berkepentingan dengan satu bagian saja. Cara pandang user bersifat abstrak bila dibandingkan dengan bagaimana sebenarnya data tersebut disimpan.

8 Pandangan Konseptual (Conceptual View) Berkaitan dengan data-data apa saja yang perlu disimpan dalam basis data dan penjelasan mengenai bagaimana hubungan antara data yang satu dan yang lainnya. Perwujudannya abstrak, bila dibandingkan dengan bagaimana data sesungguhnya tersimpan secara fisik. Conceptual view berisi berbagai tipe dari konseptual record yang didefinisikan oleh konseptual skema, ditulis dalam Data Definition Language (DDL).

9 Pandangan Fisikal (Physical View) Sering disebut internal level. Merupakan level terendah. Merupakan bentuk implementasi dari user view. Berkaitan dengan permasalahan teknik penyimpanan data-data basis data ke dalam komputer. Berkaitan dengan storage structure/stored database yang menerangkan tempat penyimpanan data pada internal view, dan storage structure definition pada skema internal yang menerangkan hubungannya dengan cara pengaksesan data yang disimpan.

10 Macam pandangan terhadap basis data Sisi Pengguna Yang mengakses basis data Sendiri atau bersamaan Sisi Perancang Perancang dan Pengelola basis data

11 Sisi Pengguna Level arsitektur basis data KonseptualFisikal Arsitektur basis data

12 James Martin (1975) Application programmer logical file atau user view Global logical data atau level konseptual (conceptual view) Physical view atau level internal Jeffrey D. Ullman (1988) Level pandangan (view level) Level basis data konseptual (conceptual database level) Level basis data fisik (physical database level)

13 Raghu Ramakrishnan (1998) Skema eksternal (external schema) Skema konseptual (conceptual schema) Skema fisik (physical schema) Abraham Silberschatz Henry F. Korth S. Sudarshan (2001) Pandangan eksternal (external view) Pandangan pengguna (user view) Pandangan konseptual (conceptual view) iew)Pandangan komunitas pengguna (community user view)

14 Memberikan jaminan berupa fleksibilitas basis data, yaitu : 1.Media dan metode akses data dari fisik media penyimpan basis data dapat mengalami perubahan tanpa harus mengubah pandangan konseptual. 2.Kebutuhan data-data oleh para pengguna basis data dapat mengalami perubahan tanpa harus mengubah pandangan konseptual. 3.Pengguna tidak perlu tahu kerumitan yang terjadi berkaitan dengan perancangan dan teknis penyimpanan basis data dalam media penyimpan data yang digunakan. Diartikan sebagai ketidaktergantungan/kebebasan data dalam basis data. Independensi Data Tujuan utama dari 3 tingkat arsitektur adalah memelihara kemandirian data (data independen) yang berarti perubahan yang terjadi pada tingkat yang lebih rendah tidak mempengaruhi tingkat yang lebih tinggi.

15 2 Dimensi Data Independency Physical data independence Logical data independence

16 Contoh : 1.Menambah indeks tambahan 2.Mengubah penyimpanan data 3.Mengubah organisasi file dari sequential ke index sequential. Physical data independence Bahwa internal schema dapat diubah oleh DBA tanpa menggangu conceptual schema. Dengan kata lain physical data independence menunjukkan kekebalan conceptual schema terhadap perubahan internal schema.

17 Contoh : 1.Menambah dan menghapus suatu tipe record 2.Mengubah format data Logical data independence Bahwa conceptual schema dapat diubah oleh DBA tanpa menggangu external schema. Dengan kata lain logical data independence menunjukkan kekebalan external schema terhadap perubahan conceptual schema.

18 Program-program yang mengkoordinasikan semua kegiatan yang berhubungan dengan database Dengan adanya berbagai tingkatan pandangan dalam suatu database maka untuk mengakomodasikan masing-masing pengguna dalam piranti lunak manajemen database biasanya terdapat bahasa-bahasa tertentu yang disebut Data Sub Language. Data sub language adalah subset bahasa yang dipakai untuk operasi manajemen database.

19 Data Sub Language Data Definition Language (DDL) Data Manipulation Language (DML)

20 DDL : Bahasa yang digunakan dalam mendefinisikan struktur atau kerangka dari database, di dalamnya termasuk record, elemen data, kunci elemen, dan relasinya.

21 DML : Bahasa yang digunakan untuk menjabarkan pemrosesan dari database, fasilitas ini diperlukan untuk memasukkan, mengambil, mengubah data. DML dipakai untuk operasi terhadap isi database.

22 Ada 2 jenis DML : 1.Procedural DML Digunakan untuk mendefinisikan data yang diolah dan perintah yang akan dilaksanakan. 2.Non Procedural Digunakan untuk menjabarkan data yang diinginkan tanpa menyebutkan bagaimana cara pengambilannya.

23 Fungsi DBMS 1.Penyimpanan, pengambilan dan perubahan data. 2.Katalog yang dapat diakses pemakai 3.Mendukung Transaksi 4.Melayani kontrol concurrency 5.Melayani recovery 1.Penyimpanan, pengambilan dan perubahan data. 2.Katalog yang dapat diakses pemakai 3.Mendukung Transaksi 4.Melayani kontrol concurrency 5.Melayani recovery 6.Melayani autorisasi 7.Mendukung komunikasi data 8.Melayani integrity 9.Melayani data independence 10.Melayani utility 6.Melayani autorisasi 7.Mendukung komunikasi data 8.Melayani integrity 9.Melayani data independence 10.Melayani utility

24 KOMPONEN LINGKUNGAN DBMS 1.Data Terintegrasi Bisa digunakan bersama-sama 2.Hardware 3.Software 4.Brainware 5.Prosedur KOMPONEN LINGKUNGAN DBMS 1.Data Terintegrasi Bisa digunakan bersama-sama 2.Hardware 3.Software 4.Brainware 5.Prosedur

25 Komponen DBMS Query Processor Database Manager (DM) File Manager DML Processor DDL Compiler Catalog Manager

26 Komponen Database Manager (DM) Authorization Control Command Processor Integrity Checker Query Optimizer Transaction Manager Scheduler Recovery Manager Buffer Manager

27 Video Three level architecture 3 levels architecture Gambar https://google.co.id Buku Fathansyah, Basis Data, Informatika Bandung, 1999 Sutanta, E., Basis Data dalam Tinjauan Konseptual, Andi Yogyakarta, 2011

28 Any Question?

29 Terima Kasih Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom.


Download ppt "Modul ke: Fakultas Program Studi Lingkup Basis Data Mata Kuliah: Basis Data Sabar Rudiarto, S.Kom., M.Kom. 0202 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google