Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 6 SISTEM DATA BASE. Pertanyaan 1.Deskripsikan pengertian sistem data base serta keunggulannya dibandingkan dengan sistem file. 2.Deskripsikan pengertian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 6 SISTEM DATA BASE. Pertanyaan 1.Deskripsikan pengertian sistem data base serta keunggulannya dibandingkan dengan sistem file. 2.Deskripsikan pengertian."— Transcript presentasi:

1 BAB 6 SISTEM DATA BASE

2 Pertanyaan 1.Deskripsikan pengertian sistem data base serta keunggulannya dibandingkan dengan sistem file. 2.Deskripsikan pengertian dari logical view dan phisical view. 3.Apa yang dimaksud dengan skema (schema) data base serta sebutkan dan jelaskan tingkatannya? 4.Dari schema level mana sistem data base dirancang? Jelaskan. 5.Jelaskan kegunaan dari DDL, DML dan DQL.

3 Pertanyaan 6.Jelaskan kegunaan dari DDL, DML dan DQL. 7.Sebutkan dua jenis DQL serta deskripsikan teknis penggunaannya. 8.Deskripsikan dan berikan ilustrasi pengertian operasi: project, restrict, dan join pada saat seseorang memanfaatkan data base. 9.Deskripsikan langkah-langkah dalam perancangan sistem data base. 10.Deskripsikan target/sasaran perancangan sistem data base. 11.Dalam diagram REA, apa yang dimaksud dengan resource, event, dan agent?

4 PERAN DATA DAN SIA Data digunakan untuk merepresentasikan seluruh kegiatan dan kekayaan suatu organisasi, oleh karenanya data memegang peran yang sangat sentral dalam setiap organisasi. Peran SIA adalah untuk menjamin efektifitas dan efisiensi manajemen data.

5 SISTEM FILE VS SISTEM DATA BASE Dalam sistem file data disimpan dalam file-file tersendiri, terpisah satu dengan lainnya. Setiap file hanya bisa diakses dengan sistem aplikasi tertentu, sebagai akibat pemutakhiran data (updating) tidak dapat dilaksanakan secara serentak.

6 SISTEM FILE VS SISTEM DATA BASE Dalam sistem data base, data disimpan dalam file, kemudian file- file tersebut ditempatkan dalam satu tempat yang disebut dengan data base. Data dalam setiap file dapat dihubungkan dengan data dalam file lain. Pemutakhiran data hanya dilakukan terhadap file yang tersedia dalam data base.

7 PENDEKATAN FILE VS DATA BASE

8 DATA BASE MANAGEMENT SYSTEMS (DBMS) DBMS adalah sistem untuk pengelolaan data base, sekaligus sebagai interface atau penghubung antara data base dengan sistem aplikasi (lihat gambar). Personil yang bertanggungjawab terhadap sistem data base disebut dengan data base administrator (DBA)

9 LOGICAL VIEW DAN PHYSICAL VIEW Rancangan data base terdiri dari dua bagian, yaitu logical view dan physical view. Logical view adalah rancangan tentang penyajian data dalam suatu laporan. Physical view adalah rancangan tentang penyimpanan data dalam media penyimpan.

10 ILUSTRASI LOGICAL VIEW VS PHYSICAL VIEW

11 PERAN DBMS DALAM SISTEM DATA BASE

12 SKEMA SISTEM DATA BASE Skema adalah gambaran umum tentang struktur data base. Terdapat tiga tingkatan skema struktur data base, yaitu: tingkat konseptual, tingkat eksternal, dan tingkat internal. Skema tingkat eksternal, berfungsi untuk mendiskripsikan konsep pelaporan, skema tingkat konseptual, berfunsi untuk mendeskripsikan manajemen data untuk memenuhi skema tingkat eksternal, sedangkan skema tingkat internal, berfungsi untuk mendeskripsikan konsep perancangan data dan program untuk memenuhi skema tingkat konseptual.

13 ILUSTRASI SKEMA DATA BASE

14 DATA DICTIONARY Data dictionary adalah file yang berisi informasi lengkap tentang struktur dan isi data base. Fungsi utama data dictionary/kamus data adalah untuk memudahkan memahami dan mengetahui konsep dan isi data base secara umum. Jika disepadankan dengan buku, kurang lebih sama dengan indeks dan atau daftar isi.

15 BAHASA DATA BASE Di dalam sistem data base terdapat tiga fungsi dasar operasi data, yaitu: Membuat (creating) Mengubah (changing) Menanyakan (querying) Perintah-perintah yang digunakan untuk menjalankan tiga fungsi dasar data base tersebut dinamakan dengan bahasa data base, yang terdiri dari Data definition language (DDL) Data manipulation language (DML) Data query language (DQL).

16 BAHASA DATA BASE Data definition language (DDL) digunakan untuk (1) membangun data dictionary, (2) mendefinisikan data, dan (3) mendefinisikan format pelaporan (logical view). Data manipulation language (DML) digunakan untuk pemeliharaan data, yang mencakup operasi updating, inserting, dan deleting bagian dari data base. Data Query Language (DQL) digunakan untuk pemanggilan data, pengurutan data, dan penyajian laporan.

17 BAHASA DATA BASE Terdapat dua jenis DQL, yaitu: Structured query language (SQL), sering juga disebut dengan text-based query language, yaitu query yang dilakukan dengan menggunakan perintah/bahasa standar. Contoh SQL: SELECT, FROM, WHERE, ORDER BY, GROUP BY Query by example (QBE), sering juga disebut dengan graphical query language, yaitu query yang dilakukan dengan menggunakan contoh tabel yang akan dihasilkan dari query. Kemungkinan DBMS juga dilengkapi dengan report writer, yaitu bahasa yang digunakan untuk memudahkan pembuatan laporan

18 BAHASA DATA BASE Tiga jenis operasi dasar query: 1.PROJECT: membuat tabel baru dengan memilih kolom tertentu dari tabel asli. 2.RESTRICT: membuat tabel baru dengan memilih baris tertentu dari tabel asli yang memenuhi kriteria tertentu. 3.JOIN: membuat tabel baru dengan memilih kolom dan baris tertentu dari dua atau lebih tabel. Operasi JOIN sering digunakan karena data dari satu file sangat jarang yang bisa memenuhi kebutuhan informasi pengguna sistem.

19 FUNGSI-FUNGSI DALAM DBMS Data administrator (DA), DA bertanggung jawab dalam menentukan data-data yang harus tersedia untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna sistem.

20 FUNGSI-FUNGSI DALAM DBMS Data base administrator (DBA), bertanggung jawab dalam bidang koordinasi, pengawasan, dan pengelolaan data base, agar sistem data base dapat bekerja secara efektif dan efisien. Application Programmers, adalah penulis program aplikasi untuk pengoperasian sistem data base.

21 JENIS DATA BASE Relational data base Adalah sistem data base dengan manajemen data berbasis tabel. Object-oriented data base. Adalah sistem data base dengan manajemen data berbasis object. Object adalah data yang menjadi bagian program, di dalam data terdapat instruksi tentang prosedur pemeliharaan data. Suatu objek, yang merupakan gabungan antara data dan instruksi disebut dengan encapsulation.

22 ILUSTRASI OODB

23 RDB VS OODB Untuk mengoptimumkan sistem data base, dimungkinkan untuk menggabungkan relational dan object-oriented data model. Gabungan dari dua model data base semacam ini disebut dengan object-oriented relational DBMS (ORDBMS).


Download ppt "BAB 6 SISTEM DATA BASE. Pertanyaan 1.Deskripsikan pengertian sistem data base serta keunggulannya dibandingkan dengan sistem file. 2.Deskripsikan pengertian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google