Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Abstraksi Data. Salah satu tujuan atau kegunaan utama dari sistem basis data adalah untuk menyediakan fasilitas atau antarmuka (interface) dalam menikmati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Abstraksi Data. Salah satu tujuan atau kegunaan utama dari sistem basis data adalah untuk menyediakan fasilitas atau antarmuka (interface) dalam menikmati."— Transcript presentasi:

1 Abstraksi Data

2 Salah satu tujuan atau kegunaan utama dari sistem basis data adalah untuk menyediakan fasilitas atau antarmuka (interface) dalam menikmati atau melihat data kepada user/pemakai data agar pemakai mampu menyusun suatu padangan abstraksi dari data.

3 Abstrasi Data Suatu basis data dapat dipandang dari dua sudut pandang, yaitu :Suatu basis data dapat dipandang dari dua sudut pandang, yaitu : –Pemakai (User View) sesebagai orang yang mengakses/ menggunakan basis data, baik secara bersamaan maupun secara individu dalam lingkungan sistem –Perancang Sedangkan perancang adalah mereka yang berperan sebagai perancang dan pengelola basis data. Seorang perancang dapat memiliki dua jenis pandangan yang berbeda, yaitu secara –konseptual (Conceptual View) –Pisik (Physic View)

4 Abstraksi Data User View 1User View 2User View n Conseptual View Physical View …… Level Eksternal Level Konseptual Level Internal Abstraksi data merupakan tingkatan atau level dalam bagaimana pemakai melihat data dalam sebuah basis data

5 User View User View (Application Programmer Logical File) User View sering disebut sebagai level eksternal merupakan pandangan para pemakai basis data dimana masing-masing pemakai basis data dapat memiliki cara pandang yang berbeda tergantung pada macam data apa saja yang tersedia atau dapat diakses oleh pemakai.

6 User View Level yang mengambarkan hanya satu bagian atau sebagian dari basis data. Bila pada level ini konseptual data merupakan kumpulan besar dan komplek, pada level ini hanya sebagian saja yang dilihat dan dipakai. Hal ini disebabkan beberapa pemakai tidak membutuhkan semua isi database. Level ini sangat dekat dengan pemakai. Setiap pemakai butuh sebagian database. Ada beberapa kelompok user berpandangan berbeda butuh data dalam database. Misal : bagian personalia hanya memakai data file karyawan, gaji dan tidak memerlukan data file gudang atau transaksi barang.

7 Conceptual View Conceptual View (Global Logical Data) Conceptual View sering disebut sebagai level konseptual merupakan suatu pandangan perancang basis data yang berkaitan dengan data-data apa saja yang perlu disimpan dalam basis data dan penjelasan mengenai hubungan antara data yang satu dan yang lainnya.

8 Conceptual View Pada level ini mengambarkan data apa saja yang diperlukan untuk disimpan didalam basis data dan hubungan relasi antar data yang satu dengan yang lainnya (schema). Pemakai level ini, mengetahui bahwa data pegawai disimpan dan dipepresentasikan dalam beberapa tabel/file seperti file pribadi, file pendidikan, file pekerjaan dan file keluarga dan sebagainya. Level ini digunkan oleh database administrator, yang memutuskan informasi apa saja yang akan dipelihara salam satu database.

9 Physical View Merupakan level terendah dalam abstraksi data, suatu pandangan yang berhubungan dengan bagaiman sesungguhnya data disimpan didalam media penyimpanan, sehingga lebih berorientasi pada mesin. Pada level ini pemakai melihat data sebagai gabungan dari struktur datanya sendiri. Pada level ini kita berurusan dengan data sebagai teks, angka bahkan melihatnya sebagai himpunan bit data dan struktur datanya dijabarkan secara rinci.

10 Physical View Merupakan level terendah dalam abstraksi data, suatu pandangan yang berhubungan dengan bagaiman sesungguhnya data disimpan didalam media penyimpanan, sehingga lebih berorientasi pada mesin. Pada level ini pemakai melihat data sebagai gabungan dari struktur datanya sendiri. Pada level ini kita berurusan dengan data sebagai teks, angka bahkan melihatnya sebagai himpunan bit data dan struktur datanya dijabarkan secara rinci.


Download ppt "Abstraksi Data. Salah satu tujuan atau kegunaan utama dari sistem basis data adalah untuk menyediakan fasilitas atau antarmuka (interface) dalam menikmati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google