Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ATA 2014/2015 Bab 2 : Manipulasi Data pada Lembar Kerja Ms Excel.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ATA 2014/2015 Bab 2 : Manipulasi Data pada Lembar Kerja Ms Excel."— Transcript presentasi:

1 ATA 2014/2015 Bab 2 : Manipulasi Data pada Lembar Kerja Ms Excel

2 Teks – Pilih/ klik sel tempat data akan dimasukkan. – Ketikan data yang akan dimasukkan. – Tekan enter untuk mengakhirinya. Angka – Ketikkan data tanpa tanda pemisah. – Tanda pemisah nanti dapat ditambahkan terssendiri. – Jika berupa angka desimal, gunakan tanda titik atau koma. – Jika berupa angka negatif, diawali dengan tanda hypen (-) atau diapit dengan tanda kurung.

3  Jika berupa angka pecahan, awali dengan angka nol (0) dan spasi kemudian ketikkan angka pecahannya. Jika tidak diawali dengan angka nol dan spasi, akan dibaca sebagai data tanggal. Data angka pecahan tadi, di formula bar akan ditampilkan dalam bentuk desimal.  Tanggal  Untuk memasukan data tanggal, gunakan garis miring (/) atau tanda hypen (-) untuk memisahkan tanggal, bulan, dan tahun.

4  Waktu  Untuk memasukan data waktu, gunakan titik dua (:) untuk memisahkan jam, menit, dan detik.  Referensi Sel  Dapat pula memasukan data yang berasal dari referensi alamat sel.  Kelebihannya, data akan selalu ter-update jika ada perubahan data pada sel sumber.  Untuk memasukan datanya, ketikan tanda sama dengan (=) yang diikuti referensi sel yang digunakan.

5 Bila ada kesalahan pengetikan data, anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini : 1. Pilih sel yang datanya ingin diperbaiki, lalu tekan F2 atau Double klik pada sel yang datanya ingin diperbaiki. 2. Tekan tombol Delete untuk menghapus huruf disebelah kanan cursor, dan tombol Backspace untuk menghapus huruf di sebelah kiri cursor. 3. Selanjutnya perbaiki data yang salah tersebut dan tekan tombol Enter bila sudah selesai. 4. Selain itu dapat juga mengedit data dengan cara menimpa data lama dengan data baru.

6  Untuk menghapus data yang berada di dalam suatu cell/ range, klik/ blok cell/ range yang akan dihapus, kemudian klik tombol Delete. Atau klik tab Edit pilih Delete atau klik kanan, pilih Delete.  Muncul kotak dialog dengan pilihan :  Shift cells left : menghapus cell yang dimaksud, kemudian menggeser isi cell yang dikanannya ke kiri.  Shift cells up : menghapus cell yang dimaksud, kemudian menggeser isi cell yang dibawahnya ke atas.  Entire row : menghapus seluruh baris.  Entire column : menghapus seluruh kolom.

7

8 Menyimpan ada ada 2 cara :  Bila file Excel telah selesai dibuat dan akan disimpan untuk pertama kali atau ingin menyimpan dengan nama lain, maka harus klik tab File kemudian pilih Save As.  Bila file Excel telah selesai dibuat dan akan disimpan dengan nama yang sama, maka harus klik tab File kemudian pilih Save.

9 Untuk mencari data dapat dilakukan dengan cara klik tab Edit kemudian pilih Find. Setelah itu muncul kotak dialog Find and Replace. Ketikkan data yang dicari pada tab Find. Data dapat dicari satu per satu atau dapat mencari secara keseluruhan. Apabila data tersebut ingin diganti, lakukan dengan cara klik tab Edit kemudian pilih Replace. Setelah itu muncul kotak dialog Find and Replace. Ketikkan data yang diganti pada tab Replace. Data dapat diganti satu persatu atau dapat diganti secara keseluruhan.

10

11 Matur Nuwun


Download ppt "ATA 2014/2015 Bab 2 : Manipulasi Data pada Lembar Kerja Ms Excel."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google