Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PKTI 2A ATA 2013/2014 Bab 3 : Manipulasi Range atau Worksheet pada Ms Excel Artiana Krestianti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PKTI 2A ATA 2013/2014 Bab 3 : Manipulasi Range atau Worksheet pada Ms Excel Artiana Krestianti."— Transcript presentasi:

1 PKTI 2A ATA 2013/2014 Bab 3 : Manipulasi Range atau Worksheet pada Ms Excel Artiana Krestianti

2 Melebarkan Baris Letakkan pointer di pembatas baris yang ingin dirubah ukurannya, lalu klik dan geser tanda panah 4 arah, sesuai dengan ukuran yang di inginkan. Dapat pula dengan cara klik tab Edit, pilih Row, kemudian pilih Hight dan terbuka kotak dialog untuk menetukan tinggi baris.

3 Melebarkan Baris

4 Catatan Height : mengatur panjang dari suatu baris Autofit : mengembalikan ke ukuran baris yang standart Hide : menyembunyikan baris yang ditunjuk Unhide: mengembalikan baris yang baru saja dilakukan hide (baris yang tersembunyi)

5 Melebarkan Kolom Letakkan pointer di pembatas kolom yang ingin dirubah ukurannya, lalu klik dan geser tanda panah 4 arah, sesuai dengan ukuran yang di inginkan. Dapat pula dengan cara klik tab Edit, pilih Column, kemudian pilih Width dan terbuka kotak dialog untuk menetukan lebar kolom. Mengatur kolom sesuai dengan data terpanjang : –Arahkan pointer mouse pada batas kanan huruf kolom yang akan diubah lebarnya. –Klik dua kali pada batas kolom. Lebar kolom akan mengikuti data terpanjang yang ada pada kolom.

6 Melebarkan Kolom

7 Catatan Width : mengatur lebar dari suatu kolom Autofit : mengembalikan ke ukuran kolom yang standart Hide : menyembunyikan kolom yang ditunjuk Unhide : mengembalikan kolom yang baru saja dilakukan hide (baris yang tersembunyi) Standard Width : mengatur standart lebar dari suatu kolom

8 Menyisipkan Sel, Baris, atau Kolom Letakkan pointer pada sel yang dipilih, kemudian klik Insert pada menu bar. Lalu terbuka kotak dialog untuk menentukan penyisipan sel (di kanan, di bawah) atau penyisipan baris maupun kolom. Catatan : –Shift cells right : menyisipkan sel di kanan. –Shift cells down : menyisipkan sel di bawah. –Entire row : menyisipkan baris. –Entire column : menyisipkan kolom.

9 Menyisipkan Sel, Baris atau Kolom

10 Memindahkan dan mencopy isi sel, baris dan kolom Memindahkan Sel, Baris, dan Kolom Blok sel yang ingin dipindahkan. Pilih Edit paada menu bar, kemudian klik Cut (Ctrl + X). Pilih sel baru untuk meletakkan hasil pindahan. Pilih Edit pada menu bar, kemudian klik Paste (Ctrl + V). Mengcopy Sel, Baris dan Kolom Blok sel yang ingin di-copy. Pilih Edit pada menu bar, kemudian klik Copy (Ctrl + C). Pilih sel untuk menempatkan hasil copy-an. Pilih Edit pada menu bar, kemudian klik Paste (Ctrl + V).

11 Memindahkan dan mencopy isi sel, baris dan kolom

12 Mengcopy, memindahkan dan mengganti nama worksheet Untuk mengcopy atau memindahkan worksheet, klik kanan pada worksheet (di bagian bawah) yang akan dicopy atau dipindahkan. Kemudian pilih Move or Copy, lalu muncul kotak dialog, tentukan worksheet akan diletakan sebelum worksheet yang mana. Bila akan dicopy, centang bagian paling bawah, makan akan didapat copy worksheet yang sama persis beserta formatnya. Untuk mengganti nama worksheet, klik kanan pada worksheet (di bagian bawah) yang akan diganti namanya. Kemudian pilih Rename, lalu ketik nama worksheet yang baru.

13 Mengcopy dan mengganti nama worksheet

14 Matur Nuwun


Download ppt "PKTI 2A ATA 2013/2014 Bab 3 : Manipulasi Range atau Worksheet pada Ms Excel Artiana Krestianti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google