Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOLOM KORAN, DROP CAP, TEXT DIRECTION, HEADER & FOOTER, PAGE NUMBER, TABEL PERTEMUAN 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOLOM KORAN, DROP CAP, TEXT DIRECTION, HEADER & FOOTER, PAGE NUMBER, TABEL PERTEMUAN 3."— Transcript presentasi:

1 KOLOM KORAN, DROP CAP, TEXT DIRECTION, HEADER & FOOTER, PAGE NUMBER, TABEL PERTEMUAN 3

2 KOLOM KORAN 1.Pilih teks atau paragraf yang akan Anda format ke dalam bentuk kolom. 2.Pada tab Page Layout, dalam group Page Setup, klik Columns. Kotak pemilihan bentuk kolom muncul. 3.Pilih dan klik bentuk kolom yang diinginkan. 4.Apabila bermaksud melakukan pengaturan lebih lanjut, pilih dan klik More Columns. Kotak dialog Columns akan ditampilkan.

3 Lanjutan kolom koran… 5.Pada bagian Presets, pilih dan klik bentuk format kolom yang akan dibuat. - one  untuk mengembalikan ke pengetikan dokumen satu kolom - two  pengetikan dua kolom dengan lebar sama - three  pengetikan tiga kolom dengan lebar sama - left  pengetikan dua kolom dengan lebar kolom yang kiri lebih kecil dari yang kanan - right  pengetikan dua kolom dengan lebar kolom yang kanan lebih kecil dari yang kiri

4 Lanjutan kolom koran 5.Jika diperlukan Anda dapat menentukan jumlah kolom yang diinginkan melalui kotak pilihan Number of Columns 6.Klik OK

5 DROP CAP 1.Pilih karakter yang akan dijadikan drop cap. 2.Pada tab Insert, dalam group Text, klik Drop Cap. Kotak pemilihan drop cap tampil. 3.Pilih bentuk drop cap yang diinginkan. Tetapi bila ingin mengatur lebih lanjut, klik Advanced, kotak dialog Drop Cap tampil.

6 Lanjutan drop cap 4.Pada bagian Position, pilih dan klik bentuk drop cap yang diinginkan. - none  membatalkan pemberian drop cap - dropped  agar drop cap rata dengan margin kiri - in margin  agar drop cap berada dalam margin kiri

7 Lanjutan drop cap 5.Pada bagian Options Anda dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut. - Font  pilih jenis karakter yang diinginkan - Lines to Drop  menentukan jumlah baris untuk menempatkan drop cap - Distance from text  menentukan jarak drop cap dengan teks di sebelah kanannya. 6. Ok

8 HEADER & FOOTER  Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu tampil pada setiap halaman. Sedangkan Footer (catatan kaki) kebalikan dari header.  Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik.

9 Lanjutan header & footer  Klik Tab insert.  Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer, lalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon.  Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita.

10 Lanjutan header & footer  Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu Ketikkan teks untuk footer  Untuk pindah ke header (ketika membuat footer) klik perintah go to header. Lalu Ketikkan teks untuk header  Setelah selesai klik close header and footer atau klik ganda diluar kotak header dan footer untuk keluar dari format ini.  Untuk mengedit header/footer tinggal klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik edit header/footer.  Dan untuk menghapusnya, klik perintah kembali Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik Remove header/footer.

11 PAGE NUMBER  Klik tab insert lalu klik page number pada grup header & footer.  Lalu tentukan letak penomoran dengan menyorot salah satu pilihan pada drop down (misal Top of page) lalu klik salah satu lay out yang ditampilkan (misal plain number 2).

12 Lanjutan page number  Untuk memilih format lain pada page number, klik format page number masih di perintah page number maka keluar kotak dialog page number format  Tentukan format yang diinginkan pada pilihan number format lalu dari nomor berapa dimulainya penomoran pada pilihan start at:

13 TABLE  Klik tab insert lalu klik icon table pada grup tables.  Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan.  Apabila kolom dan baris pada tabel yang disisipkan dalam jumlah banyak, maka setelah menekan icon table dilanjutkan dengan menekan insert table yang akan menampilkan kotak dialog Insert Table.  Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang akan disisipkan.  Pada number of rows, tentukan banyak baris yang akan disisipkan.

14 Menyisipkan Baris Atau Kolom Baru  Sorot kolom/baris pada tabel yang akan disisipi dengan kolom atau baris baru.  Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns kita dapat memilih pilihan berikut:  Insert Above untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot.  Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot.  Insert Left untuk menyisipkan baris baru diatas baris yang disorot.  Insert Below untuk menyisipkan baris baru dibawah baris yang disorot.

15 Menghapus Sel, Baris, Kolom Atau Tabel  Sorot kolom atau baris yang akan dibuang.  Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Rows & Columns, klik perintah delete dan kita dapat memilih pilihan berikut :  Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point.  Delete Columns untuk menghapus kolom yang tersorot.  Delete Rows untuk menghapus baris yang tersorot.  Delete Table untuk menghapus tabel yang ditempati insertion point.

16 Merubah Perataan/Posisi Teks Pada Setiap Sel  Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/posisinya.  Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Alligment, kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan/posisi sesuai dengan keinginan kita.

17 Mengabungkan sel  Sorot beberapa sel yang akan digabung.  Klik perintah Merge Cells, pada Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Merge.

18 Orientasi teks  Sorot teks pada tabel yang akan dirubah orientasinya.  Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Alligment, kita dapat menekan perintah Text Direction dan lakukan beberapa kali sehingga arah teks sesuai dengan keinginan kita

19 Sortasi data  Sorot data pada tabel yang akan diurutkan.  Pada Table Tools, kemudian tab Layout dan Grup Data, klik perintah Sort. Dan akan memunculkan kotak dialog Sort.  Pada sort By, kita dapat menentukan kolom mana yang akan diurutkan.  Tandai pilihan Ascending untuk mengurutkan dari A s/d Z atau dari terkecil sampai terbesar, dan Descending untuk kebalikannya.  Pada then by, bisa digunakan apabila akan mengurutkan dari kolom yang lain.  Pada My list has, tandai Header Row apabila tabel akan memakai baris kepala tabel, atau No Header Row apabila tidak akan memakai baris kepala tabel.


Download ppt "KOLOM KORAN, DROP CAP, TEXT DIRECTION, HEADER & FOOTER, PAGE NUMBER, TABEL PERTEMUAN 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google