Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1.Memulai Word 2.Mengenal elemen dasar jendela kerja Word 3.Mengenal kotak dialog Word 4.Mengenal tombol mouse 5.Mengenal papan key board 6.Mengetik dokumen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1.Memulai Word 2.Mengenal elemen dasar jendela kerja Word 3.Mengenal kotak dialog Word 4.Mengenal tombol mouse 5.Mengenal papan key board 6.Mengetik dokumen."— Transcript presentasi:

1

2 1.Memulai Word 2.Mengenal elemen dasar jendela kerja Word 3.Mengenal kotak dialog Word 4.Mengenal tombol mouse 5.Mengenal papan key board 6.Mengetik dokumen sederhana 7.Mengenal dasar-dasar penyuntingan 8.Memindahkan posisi titik sisip 9.Menyimpan dokumen 10.Proteksi dokumen dengan password 11.Menutup dokumen 12.Mengakhiri Word MENGENAL WORD 2000 Setelah mempelajari topik, Anda diharapkan dapat:

3 Mengenal Elemen Dasar Jendela Kerja Word Title BarMenu BarTool BarRulerControl Box Scrool Bar Kursor ViewStatus BarIcon Aktif Prog. Aplikasi

4 Mengenal Kotak Dialog Kerja Word Tab Kotak Isian Kotak Daftar Pilihan Kotak Cek Tombol Daftar Pilihan Baris Penggulung Kotak Contoh Close Help Tombol Perintah

5 Mengenal Papan Ketik (Keyboard) Huruf dan Angka Caps lock Shift Tombol Fungsi Enter Space bar Back space Delete Tombol PanahNumlock

6 Menyimpan dokumen untuk penyimpanan pertama kali, dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah berikut : Pilih dan klik menu File, Save ( Ctrl+S ) atau klik tombol toolbar Save. Kotak dialog Save As akan ditampilkan. Pada tombol daftar save in, pilih drive dan folder tempat Anda akan menyimpan file, misalkan folder My Document. Pada kotak isian File name, ketiklah nama file yang Anda inginkan. Apabila diperlukan Anda dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan file pada tombol daftar pillihan Save as type. Klik tombol perintah Save. Catatan : Jika Anda ingin menyimpan dokumen yang pernah Anda simpan dengan nama lain atau akan disimpan ke folder lain, pilih dan klik menu File, Save As. Kemudian ikuti langkah yang sama dengan langkah untuk menyimpan dokumen baru. Memindahkan Posisi Titik Sisip Untuk memindahkan titik sisip, arahkan dan klik penunjuk mouse yang menyerupai huruf I ( I-beam ) pada posisi baru yang Anda inginkan. Selain menggunakan mouse, Anda dapat juga memindahkan titik sisip dengan menggunakan keyboard, misalkan dengan menggunakan tuts arrow (panah) atau tuts Home, End, Page Up, Page Down, atau dengan menekan secara serentak 2 tuts: Ctrl +, Ctrl + Home, dan seterusnya. Menyimpan Dokumen

7 Proteksi Dokumen dengan Password Bila dokumen yang akan diproteksi belum aktif (dibuka), bukalah dokumen yang akan diproteksi tersebut. Pilih dan klik menu Tools, Options. Kotak dialog Options akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Save. Pada kotak isian Password to open dan Password to modify: ketikan pasword yang anda kehendaki. Ingat berilah dokumen Anda password yang familiar dan mudah anda hafal. Klik Ok. Kotak dialog Confirm password akan ditampilkan. Pada kotak isian Reenter password to open, ketikan lagi password yang sama, ketika Anda mengisi kotak passwod to open sebelumnya. Klik Ok. Pada kotak isian Reenter password to modify, ketikkan lagi password yang sama ketika Anda mengisi kotak Password to modify sebelumnya. Klik Ok.

8 Setelah Anda selesai bekerja dengan Word 2000, Anda dapat mengakhirinya dengan menggunakan langkah berikut: Simpan seluruh hasil pekerjaan (dokumen) Anda. Kemudian pilih salah satu langkah di bawah ini untuk mengakhiri penggunaan Word 2000: Pilih dan klik menu File, Exit atau tekan tombol Alt +F4. Klik tombol Close (X) yang berada di pojok kanan atas jendela. Klik dua kali Icon Kontrol Menu yang berada di pojok kiri atas dari jendela. Menutup Dokumen Apabila dokumen telah selesai dan tidak akan Anda sunting ( edit ) lagi, Anda dapat menutupnya dengan memilih dan mengklik menu File, Close ( Ctrl+W ). Mengakhiri Word 2000

9 1.Menyiapkan dokumen baru yang masih kosong 2.Membuka file dokumen yang sudah ada 3.Memilih (menyorot) teks 4.Mengatur format karakter 5.Menyisipkan simbol 6.Mengatur perataan teks dalam paragraf 7.Mengatur indentasi 8.Mengatur jarak spasi baris 9.Mengatur tabulasi 10.Menambah bingkai MENGATUR FORMAT KARAKTER DAN PARAGRAF Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan dapat:

10 Anda dapat menyiapkan atau membuka dokumen baru yang masih kosong, dengan mengklik tombol toolbar New atau menekan tombol Ctrl+N. Dengan langkah ini dokumen baru yang masih kosong akan ditampilkan. Selain dengan menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menyiapkan atau membuka dokumen baru dengan langkah berikut ini : Pilih dan klik menu File, New, kotak dialog New akan ditampilkan. Pada kotak dialog New klik tab General. Pada kotak daftar pilihan, klik Blank Document. Klik Ok. Menyiapkan Dokumen Baru Yang Masih Kosong

11 Membuka File Dokumen Yang Sudah Ada Untuk membuka kembali dokumen yang Anda inginkan maka ikuti langkah berikut ini: Pilih dan klik menu File, Open (Ctrl+O). Kotak dialog Open akan ditampilkan. Pada tombol daftar pilihan Look in, Pilih dan klik drive dan folder tempat di mana file tersimpan. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file dokumen yang Anda inginkan atau klik dua kali pada nama file yang Anda inginkan. Klik tombol perintah Open.

12 Mengatur Format Karakter dengan Menggunakan Kotak Dialog Font Untuk itu ikuti langkah berikut ini : Pilih (sorot) karakter/teks yang akan Anda format. Pilih dan klik menu Format, Font (Ctrl+D). Kotak dialog Font akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Font untuk mengubah format tampilan huruf. Pada kotak daftar pilihan Font, pilih dan klik font yang Anda inginkan. Pada kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya tampilan huruf yang Anda inginkan. Pada kotak daftar pilihan Size, pilih dan klik ukuran huruf yang Anda inginkan atau ketik ukuran yang Anda inginkan pada kotak isiannya. Pada tombol daftar pilihan Font Color, pilih warna huruf yang Anda inginkan. Pada tombol daftar pilihan Underline style, pilih jenis garis bawah yang Anda inginkan. Jika perlu pada tombol daftar pilihan Underline color, pilih warna garis bawah yang Anda inginkan. Beri tanda atau klik kotak cek efek yang Anda inginkan pada bagian Effects. teks agar tidak turut tercetak. Klik OK.

13 Mengatur Jarak Antarkarakter Untuk mengatur jarak antarkarakter, ikuti langkah-langkah berikut ini : Pilih (sorot) teks yang akan Anda atur jarak antar karakternya. Pilih dan klik menu Format, Font (Ctrl+D). Kotak dialog Font akan ditampilkan Pada kotak dialog tersebut, klik tab Character Spacing. Kotak daftar pilihan Scale, digunakan untuk menentukan skala yang dipakai dalam mengatur jarak spasi antar karakter Kotak daftar pilihan Spacing, digunakan untuk mengatur jarak spasi antar karakter Kotak daftar pilihan Position, digunakan untuk mengatur letak karakter terhadap suatu baris. Klik OK.

14 Memberi Animasi Teks Jika diperlukan Anda dapat memberi animasi pada teks yang Anda pilih, dengan menggunakan langkah berikut : Pilih (sorot) teks yang akan Anda beri animasi. Pilih dan klik menu Format, Font (Ctrl+D). Kotak dialog Font akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Text Effects. Pada kotak Animations, pilih dan klik efek animasi teks yang Anda inginkan. Klik OK.

15 Menyisipkan Simbol Untuk menyisipkan simbol khusus pada dokumen, ikuti langkah- langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip di tempat Anda akan menyisipkan Simbol. Pilih dan klik menu Insert, Symbol. Kotak dialog Symbol akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Symbols. Pada tombol daftar pilihan Font, pilih dan klik nama kelompok simbol yang akan Anda pakai. Pada kotak daftar pilihan simbol yang ada di bawahnya, pilih dan klik simbol yang Anda inginkan. Untuk menyisipkan simbol yang telah Anda pilih, klik tombol perintah Insert. Atau klik dua kali pada simbol yang Anda inginkan. Klik Close

16 Mengatur Perataan Teks dalam Paragraf Untuk mengatur perataan teks dari paragraf, ikuti langkah berikut ini : Pilih atau tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan Anda atur perataannya. Pilih dan klik menu Format, Paragraf. Kotak dialog paragraf akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing. Pada tombol daftar pilihan Alignment, pilih perataan teks yang Anda inginkan. Left, untuk perataan kiri. Centered, untuk penempatan di tengah Right, untuk perataan kanan Justified, untuk perataan kiri dan kanan. Contoh format paragraf yang Anda pilih, dapat Anda lihat pada kotak Preview. Klik OK.

17 Mengatur Indentasi Untuk mengatur indentasi paragraf, ikuti langkah berikut ini : Pilih atau tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan Anda atur indentasinya. Pilih dan klik menu Format, Paragraf. Kotak dialog paragraf akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing. Pada bagian Indentation, lakukan pengisian dan pemilihan berikut ini : Kotak isian Left, untuk menentukan jarak indentasi dari margin kiri. Kotak isian Right, untuk menentukan jarak indentasi dari margin kanan. Kotak daftar pilihan Special, untuk menentukan indentasi khusus dengan jarak sesuai dengan yang Anda isi pada kotak By. (none), jika tidak ada indentasi khusus. First Line, jika indentasi kiri hanya untuk baris pertama saja. Hanging, jika ingin membuat indentasi gantung. Klik OK.

18 Mengatur Jarak Spasi Baris Untuk mengatur jarak spasi baris pada paragraf tertentu, ikuti langkah berikut ini : Pilih atau tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan Anda atur jarak spasinya. Pilih dan klik menu Format, Paragraf. Kotak dialog paragraf akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing Pada bagian Spacing, lakukan pengisian dan pemilihan berikut ini : Kotak isian Before, diisi dengan jarak spasi sebelum paragraf. Kotak isian After, diisi dengan jarak spasi sesudah paragraf. Kotak daftar pilihan Line spacing, diisi dengan jarak spasi baris yang Anda inginkan. Klik OK.

19 Mengatur Tabulasi (Tab Stop) Untuk mengatur pemasangan tab stop, ikuti langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip pada posisi awal penggunaan tab stop. Pilih dan klik menu Format, Tabs. Kotak dialog Tabs akan ditampilkan. Pada kotak isian Tabs stop position, ketik posisi tab stop yang Anda inginkan. Pada bagian Alignment, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan berikut ini: Left, untuk tab stop rata kiri. Center, untuk tab stop rata ditengah. Right, untuk tab stop rata kanan Decimal, untuk tab stop rata pada titik desimal. Bar, untuk pembuatan garis tegak. Pada bagian Leader, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan berikut ini: 1 None, jika tidak memakai karakter leader. 2 ……., jika memakai karakter pendahulu (leader) titik jika memakai karakter pendahulu (leader) tanda hubung. 4, jika memakai karakter pendahulu (leader) tanda garis bawah. Klik tombol perintah Set, untuk memasang tab stop tersebut pada garis mistar. Klik OK.

20 Menambah Bingkai (Border) Untuk memasang bingkai (border) ikuti langkah berikut ini : Pilih (sorot) paragraf yang akan Anda beri bingkai (border). Pilih dan klik menu Format, Borders and Shading. Kotak dialog Borders and Shading akan ditampilkan. Pada kotak dialog Borders and Shading, klik tab Page Border. Pada bagian Setting, pilih dan klik jenis bingkai (border) yang Anda inginkan. Pada kotak daftar pilihan Style, pilih dan klik jenis garis yang Anda inginkan. Pada tombol daftar pilihan Color, pilih dan klik warna garis yang Anda inginkan. Pada tombol daftar pilihan Width, pilih dan klik ketebalan dari garis yang Anda inginkan. Pada tombol daftar pilihan Art, pilih dan klik jenis bingkai yang Anda inginkan. klik OK.

21 1. Menyunting Dokumen: Menghapus Teks Menyalin Teks Memindahkan Teks Memindahkan atau Menyalin Teks dengan Cara Menggeser Mouse (Drag & Drop) Menggunakan Fasilitas Undo dan Redo 2. Mencari dan Mengganti Kata MENYUNTING DOKUMEN Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan dapat:

22 Menghapus Teks Untuk menghapus teks tertentu lengkap dengan formatnya, ikuti langkah berikut ini: Pilih (sorot) teks yang akan Anda hapus. Pilih dan klik menu Edit, Clears atau tekan tombol Delete. Menyalin Teks Untuk menyalin teks yang Anda pilih (sorot) ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini : Pilih (sorot) teks yang akan Anda salin. Pilih dan klik menu Edit, Copy, (Ctrl+C) atau tekan tombol toolbar Copy. Tempatkan dititik sisip di lokasi baru. Pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V) atau tekan tombol toolbar Paste.

23 Memindahkan Teks Untuk memindahkan teks yang Anda pilih (sorot) ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini: Pilih (sorot) teks yang akan Anda pindahkan. Pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctl+X) atau tekan tombol toolbar Cut. Tempatkan titik sisip dilokasi baru. Pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V) atau tekan tombol toolbar Paste. Memindahkan atau Menyalin Teks dengan Cara Menggeser Mouse (Drag & Drop. Jika Anda membuat kesalahan dalam memberikan suatu perintah, Anda dapat membatalkan perintah yang terlanjur telah diberikan tersebut. Misalnya Anda salah menghapus suatu teks, Anda dapat membatalkan penghapusan tersebut dengan memilih dan mengklik menu Edit, Undo (Ctrl+Z) atau klik tombol toolbar Undo. Pilih (sorot) teks yang akan dipindahkan atau di salin. Arahkan penunjuk mouse pada teks yang Anda pilih hingga penunjuk mouse itu berubah bentuk menjadi gambar tanda panah. Geser (drag) teks tersebut ke posisi baru yang Anda inginkan. Pada saat Anda menggeser mouse, penunjuk mouse akan berubah bentuk menjadi gambar tanda panah dengan kota k di bawahnya. Setelah teks tersebut berada di tempat tujuan, lepaslah tombol muse. Apabila Anda bermaksud menyalin teks yang Anda pilih (sorot), tekan tombol Ctrl pada saat melepas tombol mouse. Menggunakan Fasilitas Undo dan Redo

24 Mencari Kata Pada Dokumen Aktif Untuk mencari kata pada dokumen yang sedang aktif, ikuti langkah berikut ini: Pilih (sorot) teks untuk membatasi daerah pencarian kata. Apabila Anda tidak melakukan pemilihan, Word 2000 akan melakukan pencarian kata di seluruh dokumen yang sedang aktif. Pilih dan klik menu Edit, Find, (Ctrl+F). Tab Find dari kotak dialog Find and Replace akan ditampilkan. Pada kotak isian Find what, ketiklah kata yang ingin Anda cari. Klik tombol perintah Find Next untuk mulai melakukan pencarian atau klik tombol perintah Close untuk mengakhiri pencarian kata. Mencari dan Mengganti Kata pada Dokumen Aktif Untuk mencari dan mengganti kata tertentu pada dokumen yang aktif, ikuti langkah berikut ini : Pilih (sorot) teks untuk membatasi daerah pencarian dan penggantian kata. Pilih dan klik menu Edit, Replace (Ctrl+H). Tab Replace dari kotak dialog Find and Replace akan ditampilkan. Pada kotak isian Find what, ketiklah kata yang ingin Anda ganti. Pada kotak isian Replace with, ketiklah kata pengganti yang Anda inginkan. Klik tombolperintah Find Next. Dengan langkah ini pencarian kata akan dilakukan sampai kata ditemukan. Setelah kata ditemukan tekan salah satu tombol perintah berikut ini : Replace, untuk mengganti kata yang ditemukan tersebut. Replace All, untuk mengganti seluruh kata yang ditemukan tersebut. Find Next, untuk meneruskan perintah. Close, untuk mengakhiri pencarian dan penggantian kata.

25 1.Mengatur format halaman 2.Menempatkan dan mengatur Header dan Footer 3.Memformat dokumen ke bentuk kolom 4.Menggunakan Drop Cap 5.Membuat paragraf berbutir, bernomor dan bernomor outline MENGATUR FORMAT HALAMAN Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan dapat:

26 Mengatur Ukuran Kertas Untuk mengatur ukuran kertas yang akan digunakan ikuti langkah berikut ini: Pilih dan klik menu File, Page Setup. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Paper. Pada tombol daftar pilihan Apply To, pilih dan klik ukuran kertas yang akan Anda gunakan. Atau gunakan kotak Width untuk menentukan lebar kertas dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertas sesuai dengan keinginan Anda. Pada tombol daftar pilihan Apply To, pilih dan klik bagian dokumen yang akan memakai ukuran kertas dan orientasi yang baru. Whole Document, bila pengaturan ingin berlaku untuk seluruh halaman. This Point Forward, dengan pemilihan ini Word 2000 akan menyisipkan tanda pemisah Continous pada posisi titik sisip dan pengaturan yang Anda pilih akan berlaku mulai dari bagian ini. Klik OK untuk menutup kotak dialog.

27 Mengatur Margin dan Orientasi Pencetakan Untuk mengatur margin dan orientasi pencetakan ikuti langkah berikut ini : Pilih dan klik menu File, Page Setup. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Margins. Pada bagian Margins, tentukan jarak batas margin yang Anda inginkan. Pada kotak Orientation, pilih dan klik salah satu kotak pilihan berikut ini : Potrait, untuk pencetakan dengan posisi tegak. Landscape, untuk pencetakan dengan posisi tidur. Pada kotak daftar pilihan Apply to, pilih dan klik bagian mana dari dokumen yang akan memakai batas margin baru. Whole Document, bila pengaturan ingin berlaku untuk seluruh halaman. This Point Forward, dengan pemilihan ini Word 2000 akan menyisipkan tanda pemisah Continous pada posisi titik sisip dan pengaturan yang Anda pilih akan berlaku mulai dari bagian ini. Klik OK untuk menutup kotak dialog.

28 Memasang Nomor Halaman Untuk memasang nomor halaman pada dokumen Anda, ikuti langkah berikut ini: Pilih dan klik menu Insert, Page Numbers. Kotak dialog Page Numbers akan ditampilkan. Pada tombol daftar pilihan Position, pilih dan klik posisi dari nomor halaman yang Anda inginkan. Top of Page (Header), untuk menempatkan nomor halaman diatas. Bottom of Pages (Footer), untuk menempatkan nomor halaman dibawah. Pada tombol daftar pilihan Alignment, pilih dan klik perataan dari nomor halaman yang Anda inginkan. Left, untuk penempatan nomor disisi kiri. Center, untuk penempatan nomor ditengah. Right, untuk penempatan nomor disisi kanan. Inside, untuk penempatan nomor dibagian dalam halaman dengan dua muka. Outside, untuk penempatan nomor dibagian luar halaman dengan dua muka. Nomor halaman akan muncul diseluruh halaman yang ada dalam dokumen mulai dari halaman pertama. Jika halaman pertama tidak ingin diberi nomor, hilangkan tanda pemilihan pada kotak cek Show number on first page. Klik tombol perintah Format, untuk memilih format nomor yang akan Anda pakai. Klik OK.

29 Menempatkan atau Menyunting Header and Footer Untuk menempatkan atau menyunting header and footer, ikuti langkah berikut ini : Pilih dan klik menu View, Header and Footer. Dengan langkah ini Word 2000 akan menampilkan daerah penyuntingan header pada halaman yang sedang aktif. Teks dokumen akan berubah menjadi redup dan juga akan ditampilkan baris toolbar Header and Footer. Jika Anda ingin pindah dari daerah penyuntingan header kedaerah penyuntingan Footer atau sebaliknya, klik tombol toolbar Switch Beetwen Header and Footer yang ada pada baris toolbar Header and Footer. Sunting atau ketikkan isi header dan isi footer yang Anda inginkan serta bila perlu aturlah format tampilannya seperti seperti Anda memformat teks pada Dokumen biasa. Klik tombol toolbar Close yang ada pada baris toolbar Header and Footer untuk kembali ke dokumen.

30 Mengatur Posisi Header and Footer Untuk mengatur posisi Header dan Footer pada setiap halaman dokumen, ikuti langkah berikut ini : Pilih dan klik menu File, Page Setup. Kotak dialog Page Setup akan ditampilkan. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Layout. Pada bagian Headers and Footers, lakukan pengaturan berikut ini : Pada kotak isian Header, tentukan jarak dari tepi atas kertas ke isi Header. Pada kotak isian Footer, tentukan jarak dari tepi bawah kertas ke isi Footer. Beri tanda atau klik kotak cek Different odd and even, bila Anda ingin isi header dan footer dihalaman genap berbada dengan halaman ganjil. Beri tanda atau klik kotak cek Different first page, bila Anda ingin isi Header dan Footer untuk halaman pertama berbeda dengan halaman-halaman selanjutnya. Pada kotak daftar pilihan Apply To, pilih dan klik bagian mana dari dokumen yang akan memakai pengaturan Header dan Footer tersebut. Whole Document, bila pengaturan ingin berlaku untuk seluruh halaman. This Point Forward, dengan pemilihan ini Word 2000 akan menyisipkan tanda pemisah Continous pada posisi titik sisip dan pengaturan yang Anda pilih akan berlaku mulai dari bagian ini. Klik OK untuk menutup kotak dialog

31 Memformat Dokumen Ke Bentuk Kolom Untuk memformat dokumen kedalam bentuk kolom, ikuti langkah berikut ini : Pilih (sorot) teks atau paragraf yang akan Anda format kedalam bentuk kolom atau tempatkan titik sisipditempat yang Anda inginkan. Pilih dan klik menu Format, Columns. Kotak dialog kolom akan ditampilkan. Pilih dan klik bentuk format pengetikan kolom yang akan Anda buat. Jika diperlukan Anda dapat menentukan jumlah kolom yang Anda inginkan melalui kotak pilihan Number of columns. Jika Anda menginginkan lebar dari setiap kolom adalah sama, beri tanda atau klik kotak cek Equal column waidth. Hilangkan tanda pemilihannya, Anda ingin menentukan sendiri lebar dari masing-masing kolom pada kotak Width and spacing. Pada tombol daftar pilihan Appy to, lakukan pemilihan berikut ini : Selected Selection, daerah pengetikan kolom berlaku pada bagian yang Anda pilih (sorot). Pilihan ini hanya muncul jika sebelumnya Anda telah memilih beberapa bagian dokumen. Selected Text, daerah pengetikan kolom berlaku pada teksyang Anda pilih (sorot). Pilihan ini hanya muncul jika sebelumnya telah memilih teks. Word 2000 akan menyisipkan tanda pemisah bagian sebelum dan sesudah teks yang Anda piliih. This Point Forward, daerah pengetikan kolom berlaku mulai dari posisi titik sisip sampai akhir dokumen. This Selection Option, daerah pengetikan kolom berlaku pada bagian tempat titik sisip berada. Whole Document, daerah pengetikan berlaku untuk seluruh dokumen. Klik OK.

32 Menggunakan Drop Cap Untuk memberikan drop cap pada awal paragraf, ikuti langkah berikut ini : Pilih (sorot) huruf atau karakter pertama dari paragraf yang akan Anda jadikan drop cap. Pilih dan klik menu Format, Drop Cap. Kotak dialog Drop Cap akan ditampilkan. Pada bagian Position, pilih dan klik bentuk Drop Cap yang Anda inginkan. None, untuk membatalkan pemberian drop cap. Dropped, agar drop cap rata dengan margin kiri. In margin, agar drop cap berada didalam margin kiri. Pada bagian Options Anda dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut. Pada tombol daftar pilihan Font,pilih dan klik jenis huruf yang Anda inginkan. Pada kotak isian Lines to drop, tentukan jumlah baris (tinggi) yang Anda inginkan untuk menempatkan drop cap tersebut. Pada kotak isian Distance from text, tentukan jarak drop cap dengan teks disebelah kanannya. klik OK.

33 Menempatkan Karakter Butir (Bullet)/ Penomoran Pada Paragraf Untuk menempatkan karakter butir (bullet)/ penomoran pada suatu paragraf, ikuti langkah berikut ini : Pilih (sorot) paragraf yang akan Anda beri karakter butir (bullet)/ penomoran. Atau tempatkan titik sisip pada baris kosong ditempat Anda akan memulai pengetikan. Pilih dan klik menu Format, Bullets and Numbering (Alt+N). Kotak dialog Bullets and Numbering akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Bulleted/ Numbered Pilih dan klik jenis karakter butir (bullet/ Numbered yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mendefinisikan butir (bullet)/ Numbered sendiri, klik tombol perintah Costumize. Kotak dialog Costumize Bulleted/ Numbered List akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, lakukan pemilihan dan pengaturan berikut ini : Pilih salah satu bentuk karakter butir (bullet)/ number yang Anda inginkan pada kotak Bullet/ numbered character. Jika ingin karakter yang lain, Anda dapat memilihnya melalui tombol perintah Font atau tombol perintah Character. Pada bagian Bullet/ number position, tentukan posisi karakter butir (bullet)/ nomor tersebut dari margin kiri pada kotak isian Indent at. Contoh hasil pengaturan dapat Anda lihat pada kotak Preview yang ada dibawahnya. Klik OK.

34 Menempatkan Tabel Dan Lembar Kerja Pada Dokumen dan Melakukan Operasi Pada Tabel MENEMPATKAN TABEL DAN LEMBAR KERJA PADA DOKUMEN Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan dapat:

35 Menempatkan Tabel Baru Untuk menempatkan sebuah tabel baru yang masih kosong, ikuti langkah berikut ini: Tempatkan titik sisip di posisi yang Anda inginkan. Pilih dan Klik menu Table, Insert, Table. Kotak dialog Insert Table akan ditampilkan. Pada tombol daftar pilihan Number of coloumns, tentukan jumlah kolom yang Anda inginkan. Jika jumlah baris dari tabel telah Anda ketahui, pada tombol daftar pilihan Number of rows, tentukan jumlah baris yang Anda inginkan. Pada bagian AutoFit behavior, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan berikut ini : Klik OK.

36 Menghapus Sel, Kolom, dan Baris Anda dapat menghapus isi dari suatu sel dengan cara memilih (menyorot) sel yang akan Anda hapus tersebut kemudian tekan tombol Delete. Namun bila Anda ingin menghapus sel, kolom atau baris, ikuti langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip ke sel dari baris atau kolom yang akan Anda hapus. Pilih dan klik menu Table, Delete, Cells. Kotak dialog Delete Cells akan ditampilakan. Pada kotak dialog tersebut, beri tanda atau klik salah satu tombol pilihan berikut ini : Delete entire row, untuk menghapus baris. Delete entire column, untuk menghapus kolom. Shift cells left, untuk menghapus satu sel pada posisi titik sisip dan memindahkan sel di kanannya untuk menempati sel yang dihapus tadi. Shift cells up, untuk menghapus satu sel pada posisi titik sisip dan memindahkan sel di bawahnya untuk menempati sel yang dihapus tadi. Klik OK.

37 Menyisipkan Satu Baris atau Kolom Baru Untuk menyisipkan baris atau kolom baru, ikuti langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip di posisi baris atau kolom yang Anda inginkan. Pilih dan klik Table, Insert¸ kemudian pilih dan klik salah satu perintah berikut ini : Rows Above, untuk menyisipkan baris kosong di atas baris terpilih. Rows Below, untuk menyisipkan baris kosong di bawah baris terpilih Columns to the Left, untuk menyisipkan kolom kosong di kiri kolom terpilih. Columns to the Right, untuk menyisipkan kolom kosong di kanan kolom terpilih.

38 Menyisipkan Satu Baris atau Kolom Baru Untuk menyisipkan baris atau kolom baru, ikuti langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip di posisi baris atau kolom yang Anda inginkan. Pilih dan klik Table, Insert¸ kemudian pilih dan klik salah satu perintah berikut ini : Rows Above, untuk menyisipkan baris kosong di atas baris terpilih. Rows Below, untuk menyisipkan baris kosong di bawah baris terpilih Columns to the Left, untuk menyisipkan kolom kosong di kiri kolom terpilih. Columns to the Right, untuk menyisipkan kolom kosong di kanan kolom terpilih.

39 Mengubah Lebar Kolom dan Tinggi Baris Geser (drag) batas kolom Mengubah ukuran kolom yang terdapat di kiri dan kanan batas tanpa mengubah ukuran tabel keseluruhan. Sambil menekan tombol Shift, geser (drag) batas kolom Mengubah lebar kolom yang terdapat di kiri batas dan tidak mengubah ukuran kolom yang lainnya. Sambil menekan tombol Ctrl, geser (drag) batas kolom Menyesuaikan lebar semua kolom yang ada di kanan batas dengan ukuran yang proporsional tanpa mengubah ukuran tabel keseluruhan. Sambil menekan tombol Ctrl +Shift, geser (drag) batas kolom Menyesuaikan lebar semua kolom yang ada di kanan batas dengan ukuran yang sama tanpa mengubah ukuran tabel keseluruhan. Klik dua kali batas kanan kolom Menyesuaikan lebar kolom dengan isi sel yang paling panjang Lakukan salah satu pilihan berikut ini :

40 Menggabungkan Sel (Merge Cells) Anda dapat menggabungkan beberapa sel menjadi satu, dengan cara sbb.: Sorot (blok) sel-sel yang akan digabungkan. Klik tombol kanan mouse di atas blok tersebut. Klik Merge Cells (gabungkan sel), maka kolom yang di sorot tadi Anda dapat membagi sebuah sel menjadi beberapa bagian, dengan cara sbb.: Tempatkan kursor pada sel yang akan dibagi. Klik tombol kanan mouse di atas sel tersebut. Klik Split Cells, muncul kotak dialog Split Cells. Pada kotak dialog tersebut: isi kotak Number of Colomns dan Number of Rows dengan bilangan sesuai keinginan Anda untuk membagi sel tersebut sebanyak jumlah kolom dan baris tertentu. Klik Ok, maka sel akan terbagi sebanyak baris dan kolom yang diinginkan. Membagi Sel (Split Cell)

41 1.Menempatkan objek gambar 2.Menempatkan objek berbentuk variasi teks 3.Menempatkan kotak teks keterangan 4.Membuat objek gambar dengan memanfaatkan fasilitas AutoShapes 5.Menambah teks pada objek 6.Menggambar dengan menggunakan baris Toolbar Drawing MENYISIPKAN OBJEK PADA DOKUMEN Setelah mempelajari bab ini, Anda diharapkan dapat:

42 Menempatkan Objek Gambar Untuk mengambil objek gambar dari Clip Art Gallery, ikuti langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip di posisi yang Anda inginkan. Pilih dan klik menu Insert, Picture, Clip Art. Untuk menempatkan gambar, pilih dan klik gambar yang Anda inginkan. Anda dapat mengatur dan menata objek gambar yang sudah Anda tempatkan dengan memanfaatkan baris toolbar Picture. Untuk menampilkan baris toolbar Picture, pilih dan klik menu View, Toolbars, picture. Untuk menempatkan objek berbentuk variasi teks kedalam dokumen Anda, ikuti langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip diposisi yang Anda inginkan. Pilih dan klik menu Insert, Picture, Word Art. Kotak dialog WordArt Gallery akan ditampilkan. Pada kotak dialog tersebut, pilih dan klik gaya tampilan teks yang Anda inginkan (Word Art Style). Kemudian klik OK. Kotak dialog edit WordArt Text akan ditampilkan. Pada kotak Text, ketikkan teks yang Anda inginkan. klik OK. Menempatkan Objek Berbentuk Variasi Teks

43 Menempatkan Kotak Teks Keterangan Untuk menempatkan kotak yang berisi teks keterangan atau catatan pada dokumen Anda, ikuti langkah berikut ini : Tempatkan titik sisip diposisi yang Anda inginkan. Pilih dan klik menu Insert, Text Box. Kemudian arahkan penunjuk mouse yang berbentuk tanda plus (crosshair) keposisi awal yang Anda inginkan didalam dokumen, klik dan geser (drag) kearah diagonal hingga membentuk kotak dengan ukuran yang Anda inginkan. Jika Anda melepaskan tombol mouse akan tampil kotak dengan titik pegangan dan didalamnya terdapat titik sisip yang siap menanti teks yang akan Anda masukkan. Ketik teks yang Anda inginkan pada kotak tersebut. Setelah selesai klik diluar objek.

44 Membuat Objek Gambar dengan Memanfaatkan Fasilitas AutoShapes Untuk membuat objek gambar dengan menggunakan tombol toolbar AutoShapes, ikuti langkah berikut ini : Pilih dan klik tombol toolbar AutoShapes yang Anda inginkan. Kemudian pilih dan klik bentuk garis, shape, tanda panah berbentuk blok, bagan arus, banner, atau callouts yang Anda inginkan. Arahkan penunjuk mouse keposisi awal penempatan gambar, kemudian geser (drag) seluas ukuran gambar yang Anda inginkan.

45 Menambahkan Teks pada Objek Untuk menambahkan teks pada objek, ikuti langkah berikut ini : Klik tombol kanan mouse pada objek yang Anda inginkan. Menu shortcut akan ditampilkan. Pada menu shortcut tersebut, pilih dan klik menu Add Text. Ketikkan teks yang Anda inginkan pada objek tersebut. Untuk dapat menggambar dengan memanfaatkan baris toolbar Drawing tersebut harus ditampilkan dengan cara memilih dan mengklik menu View, Toolbars, Drawing atau klik tombol toolbar Drawing. Menggambar dengan Menggunakan Baris Toolbar Drawing


Download ppt "1.Memulai Word 2.Mengenal elemen dasar jendela kerja Word 3.Mengenal kotak dialog Word 4.Mengenal tombol mouse 5.Mengenal papan key board 6.Mengetik dokumen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google