Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGENAL MICROSOFT EXCEL. Pokok bahasan : Mengenal Microsoft Excel 2003 Mengenal Microsoft Excel 2003 Mulai bekerja dengan Microsoft Excel 2003 Mulai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGENAL MICROSOFT EXCEL. Pokok bahasan : Mengenal Microsoft Excel 2003 Mengenal Microsoft Excel 2003 Mulai bekerja dengan Microsoft Excel 2003 Mulai."— Transcript presentasi:

1 MENGENAL MICROSOFT EXCEL

2 Pokok bahasan : Mengenal Microsoft Excel 2003 Mengenal Microsoft Excel 2003 Mulai bekerja dengan Microsoft Excel 2003 Mulai bekerja dengan Microsoft Excel 2003 Mengelola file buku kerja Mengelola file buku kerja Mengatur tampilan Mengatur tampilan

3 MICROSOFT EXCEL Microsoft Excel adalah program untuk melakukan perhitungan, menganalisa informasi dan memanajemen data baik dalam bentuk lembar kerja maupun dalam bentuk web. Memulai Microsoft Excel Klik Start > Program > Microsoft Office > Microsoft Office Excel Microsoft Office Excel mempunyai elemen kerja yang sama dengan program microsoft office lainnya seperti Microsoft Office Word dan Microsoft Office PowerPoint Pengenalan Microsoft Excel

4 Microsoft Office Excel mempunyai bagian-bagian pokok sebagai berikut : 1.Workbook 2.Worksheet 3.Formula bar 4.Cell BAGIAN-BAGIAN POKOK MICROSOFT EXCEL

5 Cell Adalah perpotongan antara kolom dan baris dan merupakan tempat untuk menempatkan teks maupun rumus. Formula Bar Adalah baris untuk menulis isi cell dan bentuk persamaan yang digunakan untuk menghitung nilai dalam worksheet. Work Book Adalah sebuah file di mana di dalamnya dapat dilakukan satu pekerjaan dan menyimpan data. Dalam satu Work Book, biasanya terdiri dari beberapa Work Sheet. Work Sheet Adalah area kerja untuk menganalisis data yang terdiri dari baris dan 256 kolom di mana untuk setiap kolom diberi nama secara urut dari A s/d IV.

6 Memasukkan teks pada cell Untuk memasukkan teks pada cell dilakukan dengan mengetik langsung pada cell. Untuk melakukan perbaikan terhadap teks yang sudah dilakukan dapat dilakukan dengan menekan tombol F2 pada keyboard atau mengklik formula bar pada cell yang ingin diperbaiki. Mengubah bentuk huruf Bentuk dan jenis huruf dapat diubah dengan mengklik menu Format > Cells. Untuk mengubah bentuk huruf, pilih tab Font pada kotak dialog Format Cells, kemudian atur setting yang dikehendaki. MENGELOLA FILE BUKU KERJA

7 Membuat Workbook baru Klik menu File > New, kemudian pilih Blank workbook pada TaskPane Membuat Worksheet baru Klik menu Insert > Worksheet Menghapus Worksheet Klik kanan pada nama worksheet (terletak pada bagian bawah window workbook) yang akan dihapus, kemudian pilih Delete. Merubah nama Worksheet Klik kanan pada nama worksheet yang akan dirubah namanya, kemudian pilih Rename dan ketik nama worksheet yang baru. Menggeser posisi Worksheet Drag nama worksheet ke tempat baru yang diinginkan.

8 KOLOM DAN BARIS Menyisipkan kolom dan baris Kolom Klik kolom yang akan disisipkan, klik menu Insert > Column. Baris Klik baris yang akan disisipkan, klik menu Insert > Row Menghapus kolom dan baris Kolom Klik kolom yang akan dihapus, klik menu Edit > Delete. Kemudian pilih Entire Column pada kotak dialog yang muncul. Baris Klik baris yang akan dihapus, klik menu Edit > Delete. Kemudian pilih Entire Row pada kotak dialog yang muncul.

9 Mengubah lebar kolom Untuk mengubah lebar kolom, klik menu Format > Column > Width, kemudian pada kotak dialog yang muncul, ketik lebar kolom yang dikehendaki. Untuk mengatur lebar kolom secara otomatis sesuai dengan lebar karakter yang diketik, klik menu Format > Column > AutoFit Selection. Untuk mengatur lebar kolom sesuai dengan default dari excel, klik menu Format > Coloumn > Standard Width Mengubah tinggi baris Untuk mengubah tinggi baris, klik menu Format > Row > Height, kemudian pada kotak dialog yang muncul, ketik tinggi baris yang dikehendaki. Untuk mengatur tinggi baris secara otomatis sesuai dengan tinggi karakter yang diketik, klik menu Format > Row > AutoFit

10 Menyembunyikan kolom dan baris Kolom Klik kolom yang akan disembunyikan, klik menu Format > Column > Hide. Baris Klik baris yang akan disembunyikan, klik menu Format > Row > Hide. Menampilkan kembali kolom dan baris yang disembunyikan Kolom Sorot seluruh kolom yang mengapit kolom yang disembunyikan, klik menu Format > Column > Unhide Baris Sorot seluruh baris yang mengapit baris yang disembunyikan, klik menu Format > Row > Unhide.

11 MENGATUR TAMPILAN 1.Normal Klik menu View > Normal 2.Page Break Preview Klik menu View > Page Break Preview Memunculkan/menghilangkan tampilan grid Tampilan grid pada lembar kerja worksheet dapat diatur untuk digunakan atau dihilangkan, dengan klik menu Tools > Option. Pada kotak dialog option yang muncul, klik tab View dan aktifkan tanda conteng pada pilihan Gridlines pada bagian Window Option untuk memunculkan grid sedangkan untuk menghilangkan tampilan grid, non-aktifkan pilihan Gridlines. Tampilan yang ada pada Microsoft Excel, antara lain :

12 MENYIMPAN FILE Penyimpanan file Microsoft Office Excel dapat dilakukan dengan memilih menu File > Save (Ctrl + S). Kemudian pada kotak dialog yang muncul, ketik nama file pada kotak isian File Name dan pilih tipe penyimpanan yang diinginkan pada Save as Type.


Download ppt "MENGENAL MICROSOFT EXCEL. Pokok bahasan : Mengenal Microsoft Excel 2003 Mengenal Microsoft Excel 2003 Mulai bekerja dengan Microsoft Excel 2003 Mulai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google