Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript."— Transcript presentasi:

1 Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript. Window adalah : Penghubung Utama antara pemakai (user) dengan aplikasi PowerBuilder. Window dapat menampilkan informasi dari pemakai, meminta informasi dari pemakai dan merespon mouse atau keyBoard yang ditekan. Menu adalah : Daftar dari perintah-perintah atau pilihan (item menu) yang dapat dipilih pemakai dalam window aktif.

2 Set Properties Fungsi dari window dialog properties adalah untuk menset variasi attribut masing-masing item menu.

3 Menjalankan PowerBuilder 9.0  Klik Start  Klik Program  Klik Sybase  Klik PowerBuilder 9.0

4 Lingkungan Window Utama PowerBuilder Komponen Lingkungan PowerBuilder 9.0 : 1.Menu (sesuai dengan painter/layar desain yang aktif) 2.Toolbar (icon-icon yang terdapat pada setiap layar painter) 3.System Tree (berisi informasi sistem objek dan objek aplikasi seperti propertis dan event) 4.Painter/Pane & View (layar editor untuk membuat suatu objek) 5.Clip (menempatkan output ke dalam clip 6.Output (menampilkan informasi yang berhubungan dengan proses seperti : nama file atau pesan error)

5 Aplikasi PowerBuilder 9.0 terdiri dari beberapa file : 1.File Workspaces (PBW) 2.File Target (PBT) 3.File Pustaka (PBL) Membuat file Workspaces :  Klik File  Klik New  Klik Tab Workspaces  Klik OK  Klik Save in (Tentukan Folder penyimpanan dan nama file Wokspaces)  Klik Save Membuat file Target :  Klik File  Klik New  Klik Tab Target  Klik Aplication  Ketik Nama File Target  Klik Finish Menambah file Pustaka :  Klik kanan mouse pada file target  Klik Properties  Klik Tab Library List  Klik New  Ketik Ketik file pustaka baru  Klik save  Klik OK

6 Aplikasi pada umumnya sering kali mempunyai gambar. Sebagai contoh, umumnya aplikasi membolehkan mempunyai icon untuk menutup window yaitu close button. Data window mempunyai icon tambah, perbaiki, hapus dan lain sebagainya. USER OBJECT Aplikasi pada umumnya sering kali mempunyai gambar. Sebagai contoh, umumnya aplikasi membolehkan mempunyai icon untuk menutup window yaitu close button. Data window mempunyai icon tambah, perbaiki, hapus dan lain sebagainya.

7 Fungsi/function adalah : Pada prinsipnya sama dengan fungsi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman under DOS. Fungsi terbagi 2 (dua) jenis : Object-level fuction : fungsi local yang didefinisikan khusus untuk sebuah window, menu atau jenis objek lainnya dan hanya dapat digunakan di mana fungsi tersebut didefinisikan. Global fuction : fungsi global yang dapat digunakan oleh semua objek dalam aplikasi


Download ppt "Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google