Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengembangan Evangs Mailoa Prinsip Dasar Internet, Web, dan Pemrograman Web. WEB.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengembangan Evangs Mailoa Prinsip Dasar Internet, Web, dan Pemrograman Web. WEB."— Transcript presentasi:

1 Pengembangan Evangs Mailoa Prinsip Dasar Internet, Web, dan Pemrograman Web. WEB

2 World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Locator (URL). World Wide Web adalah layanan internet yang paling populer saat ini. Internet mulai dikenal dan digunakan secara luas setelah adanya layanan WWW WWW adalah halaman-halaman website yang dapat saling terkoneksi satu dengan lainnya (hyperlink) yang membentuk samudra belantara informasi.

3 ... WWW berjalan dengan protokol HyperText Transfer Protokol (HTTP) Halaman Web merupakan file teks murni (plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka/dilihat/diterjemahkan dengan Internet Browser Sintaks HTML mampu memuat konten text, gambar, audio, video dan animasi

4 Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang me-request dokumen-dokumen dari komputer-komputer yang terkoneksi internet (server) di seluruh dunia, dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pada window browser. Browser menampilkan sesuai instruksi (format) HTML yang dibuat pada dokumen tsb.

5 hypertext [Bush 1945, Nelson 1960’s] Awal 90’-an, Tim Berners-Lee, sarjana fisika pada riset Nuklir Swiss (CERN) menciptakan HyperText Markup Language (HTML) dan Browser teks pertama: Lynx Berners-Lee saat ini memimpin WWW Consorsium (W3C) lembaga yang menyusun standarisasi HTML dan dokumen web.

6 : Browser grafis pertama: Mosaic dibuat oleh Andressen dan Eric Bina (mahasiswa University of Illinois) 1994: Andressen kemudian bekerja untuk Netscape, dan membuat Netscape Navigator, browser grafis populer pertama 1995: Microsoft membuat Internet Explorer Browser saat ini: Mozilla FireFox, Opera, dll

7 ... Browsing/Surfing sudah merupakan aktifitas rutin. Internet menjadi sumber informasi yang tak terhingga! (apalagi dengan adanya Yahoo! dan Google) Jutaan halaman web baru bermunculan setiap hari Konten web semakin bervariasi dan dapat dikontribusi oleh siapa saja dimana saja

8 Internet: Online Games Chat (Yahoo Messenger) Google Map & Google Earth Web based: Search Engine (Yahoo!, Google) Web Blog Web Komunitas/Social Media: Friendster, Facebook, Twitter, MySpace, YouTube, Path!

9  Berarsitektur client-server  software web browser di sisi client  software web server di sisi server  Komunikasi Client-Server  protocol HTTP.  Mempunyai fungsi untuk mengambil / menjalankan isi file dokumen web di server dan menampilkannya di sisi client.

10 Kelebihan: Dapat diakses kapan pun dan dari mana pun selama ada internet. Dapat diakses hanya dengan menggunakan web browser (umumnya sudah tersedia di PC, PDA, dan handphone terbaru), tidak perlu menginstall aplikasi client khusus.

11 ... Kekurangan: Keterbatasan web browser. Terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.

12 Berdasarkan keter-update-an isi web: 1.Web Statis : website yang isi tampilannya selalu sama dan tidak akan pernah berubah kapan pun kita melihatnya. (jika tidak di-update) 2.Web Dinamis: website yang isi tampilannya tidak statis.

13 ... 1.Web Statis  HTML (only) 2.Web Dinamis  HTML plus plus + Pemrograman Web (Scripting) + Basis Data + Animasi Interaktif (Mis: Flash, Java Applet)

14 Client Side Script : Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh browser client. Javascript, VBScript Server Side Script: Script yang ditambahkan dalam dokumen html, dieksekusi oleh server, hasilnya dalam bentuk html yang dikirim ke client. ASP/ASP.Net, PHP, CGI, JSP, dll

15 Advantage: Waktu proses relatif cepat karena langsung dieksekusi oleh browser client Tidak memerlukan web server untuk hosting Dapat dieksekusi langsung oleh berbagai browser Disadvantage: Script bisa dilihat oleh pengguna Script dapat di copy-paste Tidak cocok untuk akses data atau database

16 Advantage:  Script tidak bisa dilihat oleh pengguna, sehingga tidak dapat di-copy-paste  Cocok untuk akses data atau aplikasi database  Untuk membuat fitur-fitur tertentu yang berguna, misalnya: hit counter, user manajemen, disain yang dinamis, CMS, dll Disadvantage:  Waktu proses relatif lebih lambat karena dieksekusi oleh server  Memerlukan web server untuk hosting

17 Di Sisi Client: Sintaks pembuatan dokumen web (HTML & CSS). Client side scripting (JavaScript). Di Sisi Server: Mekanisme pemanggilan program dan pengambilan output program oleh web server. Server side scripting (PHP, JSP, ASP)

18

19 Secara garis besar dapat dipisahkan: 1.Web Designer: membuat disain web 2.Web Programmer: membuat script untuk halaman web 3.Web Administrator: sebagai administrator web

20 Sebuah website dikembangkan dalam 2 proses besar: 1.Web Designing: proses hingga jadi halaman- halaman web secara lengkap dan siap tayang. 2.Web Deploying: proses untuk membuat website terpasang pada server internet dan dapat diakses orang lain.

21 Setiap aplikasi mempunyai fitur untuk melakukan sejumlah task. Untuk memenuhi task dalam aplikasi web  digunakan satu atau lebih halaman web. Task dalam 1 Halaman: Membaca artikel.

22 ... Task yang menggunakan lebih dari 1 halaman web:  Membeli barang secara online: 1.Halaman 1: menampilkan daftar barang yang ada untuk dipilih. 2.Halaman 2: mengisi alamat pengiriman. 3.Halaman 3: menampilkan informasi transaksi yang telah dilakukan.

23 ... Antara halaman web yang satu dengan yang lain harus ada komunikasi mengenai state dari task (misalnya, halaman 3 butuh informasi mengenai barang yang telah dipilih pada halaman1).

24 Stateless HTTP Permasalahan: HTTP bersifat stateless: satu request saling independen terhadap request lainnya, tidak ada state (variabel) yang dipertahankan.

25 ... Cara mengatasi HTTP yang stateless: Message passing via URL/Form. Cookie. Session.

26

27

28

29

30 Mau bertanya..?


Download ppt "Pengembangan Evangs Mailoa Prinsip Dasar Internet, Web, dan Pemrograman Web. WEB."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google