Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISA SISTEM INFORMASI Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISA SISTEM INFORMASI Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom"— Transcript presentasi:

1 ANALISA SISTEM INFORMASI Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom

2 OUTLINE TOPIK  Apa itu sistem  Apa itu Sistem Informasi  Siklus Sistem Informasi  Karakteristik Sistem  Klasifikasi Sistem

3 Apa itu sistem…??? Sistem –suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu –kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu

4 Apa itu Prosedur…??? Prosedur –suatu urut-urutan operasi klerikal (tulis menulis), biasanya melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi (Richard F. Neuschel ) –urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan apa (what) yang harus dikerjakan, siapa (who) yang mengerjakannya,kapan (when) dikerjakan bagaimana (how) mengerjakannya (Jerry FitzGerald, Ardra F. FitzGerald dan Warren D. Stallings, Jr )

5 Apa itu Siklus Informasi…??? Dasar Data Proses (Model ) Output ( Information ) Penerima Keputusan Tindakan Hasil Tindakan Input (Data) Data ( ditangkap)

6 Apa itu karakteristik sistem ?? Komponen Sistem Batas Sistem Lingkungan Luar Sistem Penghubung Sistem Masukan Sistem Keluaran Sistem Pengolah Sistem Sasaran Sistem

7 Karakteristik Sistem 1. Komponen Sistem (Components) Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerjasama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu bentuk sub sistem 2. Batasan Sistem (Boundary)  Merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem lainnya atau sistem dengan lingkungan luarnya.

8 Karakteristik Sistem 3. Lingkungan Luar Sistem (Environment) Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem tersebut. Lingkungan luar sistem dapat menguntungkan dan dapat juga merugikan sistem, yang menguntungkan harus selalu dijaga & di pelihara sedangkan yang merugikan harus dikendalikan karena akan mengganggu kelangsungan hidup sistem 4. Penghubung Sistem (Boundary)  Merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem lainnya atau sistem dengan lingkungan luarnya.

9 Karakteristik Sistem 5. Masukan Sistem (Input) Merupakan energi yang dimasukkan ke dalam sistem, dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal input). Contoh : di dalam suatu unit sistem komputer, “program” adalah maintenance input yg digunakan untuk mengoperasikan komputer, sementara “data” adalah signal input yg akan diolah menjadi informasi. 6. Keluaran Sistem (Output)  Merupakan hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna.  Keluaran ini merupakan masukan bagi sub sistem yg lain.  Contoh : Sistem Informasi, keluaran yg dihasilkan adalah informasi, yg mana informasi dpt digunakan sbg masukan untuk pengambilan keputusan yg merupakan input bagi sub sistem lainnya.

10 Karakteristik Sistem 7. Pengolah Sistem (Process) Suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran. Contoh : Sistem Akuntansi, sistem ini mengolah data transaksi menjadi laporan-laporan yg dibutuhkan oleh pihak manajemen. 8. Sasaran Sistem (Objective)  Suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti, kalau suatu sistem tidak memiliki sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya.  Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

11 KLASIFIKASI SISTEM Sistem abstrak (abstract system ) Sistem fisik (physical system) Sistem alamiah (natural system) Sistem buatan manusia (humanmade system). Sistem tertentu ( determination system ) Sistem tak tentu ( Probabilistic system ). Sistem tertutup ( closed system ) Sistem terbuka (open system

12 KLASIFIKASI SISTEM SISTEM ABSTRAK Sistem yang berupa pemikiran atau ide2 dan tidak nampak secara fisik. Contoh : sistem teologia, sistem politik SISTEM FISIK sistem yang sebagian atau seluruhnya tampak secara fisik. Contoh : sistem komputer, sistem produksi, sistem informasi akademis

13 KLASIFIKASI SISTEM  NATURAL SISTEM Sistem yang dibentuk dari kejadian dalam alam. Contoh : Laut, pantai, atmosfer, tata surya dll.  MANNED SISTEM Sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikut sertaan manusia. Sistem ini dapat digambarkan dalam cara-cara sebagai berikut :  Sistem manusia-manusia Sistem yang menitik beratkan hubungan antar manusia.  Sistem manusia-mesin Sistem yang mengikutsertakan mesin untuk suatu tujuan.  Sistem mesin-mesin Sistem yang otomatis di mana manusia mempunyai tugas untuk memulai dan mengakhiri sistem, sementara itu manusia dilibatkan juga untuk memonitor sistem.

14 KLASIFIKASI SISTEM  DETERMINISTIK SISTEM Sistem dimana operasi-operasi (input/output) yang terjadi didalamnya dapat ditentukan/ diketahui dengan pasti. Contoh : - Program komputer, melaksanakan secara tepat sesuai dengan rangkaian instruksinya. - Sistem penggajian.  PROBABILISTIK SISTEM Sistem yang input dan prosesnya dapat didefinisikan, tetapi output yang dihasilkan tidak dapat ditentukan dengan pasti; (selalu ada sedikit kesalahan/penyimpangan terhadap ramalan jalannya sistem). Contoh : - Sistem penilaian ujian - Sistem pemasaran

15 KLASIFIKASI SISTEM  OPEN SISTEM Sistem yang mengalami pertukaran energi, materi atau informasi dengan lingkungannya. Sistem ini cenderung memiliki sifat adaptasi, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga dapat meneruskan eksistensinya. Contoh : Sistem keorganisasian memiliki kemampuan adaptasi. (Bisnis dalam menghadapi persaingan dari pasar yang berubah. Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri akan tersingkir)  CLOSED SISTEM Sistem fisik di mana proses yang terjadi tidak mengalami pertukaran materi, energi atau informasi dengan lingkungan di luar sistem tersebut. Contoh : Reaksi kimia dalam tabung berisolasi dan tertutup.

16 Kualitas Sistem Akurat : Informasi tsb harus terbebas dari semua kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Tepat pada waktunya : Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Relevan : Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya.

17 Nilai Informasi Nilai dari suatu informasi ditentukan dari dua hal, yaitu: Manfaat Biaya Suatu informasi akan bernilai jika Manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisiscost effectiveness atau cost benefit.

18 Soal-soal Latihan 1.Apakah yang dimaksud dengan sistem ? 2.Coba jelaskan dengan menggunakan bahasa kalian mengenai alur siklus sistem ? 3.Karakteristik sistem terbagi menjadi?. Sebutkan dan jelaskan! 4.Klasifikasi sistem terbagi menjadi?. Sebutkan dan jelaskan!

19 Soal-soal Latihan 5. Melalui faktor apa sajakah sehingga nilai dari suatu informasi itu dapat terlihat?.Jelaskan. “ Selamat mengerjakan “


Download ppt "ANALISA SISTEM INFORMASI Disampaikan oleh: Ruli Supriati, S.Kom"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google