Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Dosen : Welda, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Dosen : Welda, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Dosen : Welda, S.Kom

2 16 April 2015 PERTEMUAN 1 ♣Penjelasan Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) ♣Materi-materi perkuliahan Analisa dan Perancangan Sistem Informasi ♣Aturan-aturan perkuliahan

3 16 April 2015 PERTEMUAN 2 KONSEP SISTEM, ANALISIS SISTEM DAN PROGRAMMER

4 16 April 2015 PERTEMUAN 1 KONSEP SISTEM Pengertian Sistem : ♥Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Karakteristik Sistem : -Mempunyai komponen-komponen (Components) -Batas sistem (Boundary) -Lingkungan luar sistem (Environments) -Penghubung (Interface) -Masukan (Input) -Pengolah (Proses) -Keluaran (Output) -Sasaran (Objectives) atau Tujuan (Goal)

5 16 April 2015 PERTEMUAN 2 Klasifikasi Sistem  Sistem abstrak dan sistem fisik (Abstract system & physical system)  Sistem alamiah dan sistem buatan manusia (Natural system & human made system)  Sistem tertentu dan sistem tak tentu (Deterministic system & probabilistic system)  Sistem tertutup dan sistem terbuka (Closed system & open system)

6 16 April 2015 PERTEMUAN 1 Model Umum Sebuah Sistem Pemerintah Pemilik Pesaing Bank Pelanggan Vendor Masukan Proses Keluaran Pengendalian Tujuan Umpan Balik Lingkungan Batas Sistem

7 16 April 2015 PERTEMUAN 1 Informasi Pengertian Informasi: Informasi adalah data yang telah diproses atau diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna, sehingga bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang Sumber dari informasi adalah data, yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) dan kesatuan nyata.

8 16 April 2015 PERTEMUAN 1 Siklus Informasi Data (ditangkap) Input (Data) Hasil Tindakan Keputusan Tindakan Penerima Output (informasi) Proses (Model) Dasar Data

9 16 April 2015 PERTEMUAN 1 Kualitas Informasi Kualitas suatu informasi tergantung dari 3 hal, yaitu: ♫Akurat (Accurate) ♫Tepat pada waktunya (Timeliness) ♫Relevan (Relevance) Nilai Informasi ditentukan oleh : - Manfaat dari informasi tersebut - Biaya mendapatkan informasi

10 16 April 2015 PERTEMUAN 1 Pengertian Sistem Informasi Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Komponen-komponen Sistem informasi:  Masukan  Model  Keluaran  Teknologi  Basis Data  Kendali

11 16 April 2015 PERTEMUAN 2 Analisis Sistem Analisis sistem dapat didefinisikan sebagai: Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan- permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya. Analisis sistem ditujukan untuk menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem sehingga dapat mengusulkan perbaikannya.

12 16 April 2015 PERTEMUAN 2 Analisis Sistem Peran penganalisis sistem : 1. Sebagai seorang konsultan 2. Sebagai ahli pendukung 3. Sebagai agen perubahan Analisis dan perancangan sistem berupaya menganalisis input data atau aliran data secara sistematis memproses atau mentransformasi data, menyimpan data, dan menghasilkan output informasi. Selanjutnya analisis digunakan untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan peningkatan-peningkatan fungsi bisnis yang bisa dicapai melalui penggunaan sistem informasi terkomputerisasi.

13 16 April 2015 PERTEMUAN 2 Programmer Programmer adalah orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancang bangun yang telah dibuat oleh analis sistem. Programmer lebih memahami tentang teknologi komputer tetapi kurang memahami tentang aspek-aspek bisnis dan tentang kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh pemakai sistem. Untuk menjembatani programmer (pihak yang mengerti teknologi) dengan pemakai sistem (pihak yang membutuhkan teknologi), maka dibutuhkan analis sistem sebagai penengah.

14 16 April 2015 PERTEMUAN 2 Tugas dan tanggungjawab Programmer 1.Tanggungjawab terbatas pada pembuatan program komputer 2. Pengetahuan terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilities, dan bahasa-bahasa program. 3. Pekerjaannya bersifat teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program 4. Pekerjaannya tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang, hanya dengan sesama programmer dan analis sistem.

15 16 April 2015 PERTEMUAN 2 Tugas & tanggung jawab analis sistem 1. Tanggungjawab pada sistem secara keseluruhan 2. Pengetahuan harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer saja, tapi juga pada bidang lain 3. Pekerjaan dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar. 4. Pekerjaannya melibatkan hubungan banyak orang, termasuk kepada pemakai sistem dan manajer.

16 16 April 2015 PERTEMUAN 2 Pengetahuan dan Keahlian yang Diperlukan Analis Sistem 1.Pengetahuan dan keahlian tentang teknik pengolahan data, teknologi komputer dan pemrograman komputer a.Keahlian teknis: penggunaan alat dan teknik serta keahlian menggunakan komputer b.Pengetahuan teknis: tentang perangkat keras komputer, teknologi komunikasi data, bahasa-bahasa komputer, sistem operasi, utilities, dll. 2.Pengetahuan tentang bisnis secara umum Dibutuhkan agar analis dapat berkomunikasi dengan pemakai sistem.meliputi akuntansi keuangan, akuntansi biaya, pengendalian manajemen, pemasaran dll. 3.Pengetahuan tentang metode kuantitatif misalnya pemrograman linier, dinamik, regresi, network, pohon keputusan, trend,simulasi dll.

17 16 April 2015 PERTEMUAN 2 4.Keahlian pemecahan masalah Analis sistem harus mampu meletakkan permasalahan- permasalahan bisnis, memecah-mecah masalah tersebut, menganalisisnya dan kemudian merangkai-nya kembali menjadi sistem yang dapat mengatasi masalah. 5.Keahlian komunikasi antar personil yaitu kemampuan untuk mengadakan komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. 6.Keahlian membina hubungan antar personil Membina hubungan dengan personil lain terutama dengan pemakai sistem akan mempermudah analis untuk menemukan kebutuhan-kebutuhan dari pemakai sistem atau dari manajer.


Download ppt "ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM Dosen : Welda, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google