Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3/30/20151 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Konsep sistem Rian. Saryanto, Skom, M.Hum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3/30/20151 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Konsep sistem Rian. Saryanto, Skom, M.Hum."— Transcript presentasi:

1 3/30/20151 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Konsep sistem Rian. Saryanto, Skom, M.Hum

2 3/30/2015 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi2 KONSEP DASAR SISTEM Ada dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem yaitu: 1.Menekankan pada prosedur 2.Menekankan ada komponen/elemen

3 3/30/2015 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi3 Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedur Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yng saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau utuk menyelesaikan sasaran tertentu.

4 3/30/2015 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi4 Pendekatan sistem yang menekankan pada elemen Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujun tertentu *) Pendekatan yang menekankan pada komponen akan lebih mudah dalam mempelajari suatu sistem untuk tujuan analisis dan perancangan.

5 3/30/2015 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi5 Karakteristik sistem Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat- sifat tertentu yaitu mempunyai: –Komponen-komponen (component) –Batas sistem (boundary) –Lingkungan luar sistem (environments) –Penghubung (interface) –Masukan (input) –Keluaran (output) –Pengolah (process) –Sasaran (objectives) –Tujuan (goal)

6 3/30/2015 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi6 Klasifikasi sistem Sistem abstrak (absract system) dan sistem fisik (physical system); Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan (human made system) Sistem tertentu (deterministic system) dan sistem tak tentu (probabilistic systm) Sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (open system)

7 3/30/2015 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi7 Pendekatan sistem Pendekatan sistem A. BLACKBOX APPROACH. Suatu sistem dimana input dan outputnya dapat didefinisikan tetapi prosesnya tidak diketahui atau tidak terdefinisi. Metode ini hanya dapat dimengerti oleh pihak dalam ( yang menangani ) sedangkan pihak luar hanya mengetahui masukan dan hasilnya. Sistem ini terdapat pada subsistem tingkat terendah. Contoh : Bagian pencetakan uang, proses pencernaan.

8 3/30/2015 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi8 B. ANALITIC SYSTEM Suatu metode yang mencoba untuk melihat hubungan seluruh masalah untuk menyelidiki kesistematisan tujuan dari sistem yang tidak efektif dan evaluasi pilihan dalam bentuk ketidak efektifan dan biaya. Dalam metode ini beberapa langkah diberikan seperti di bawah ini : a. menentukan identitas dari sistem. –sistem apa yang diterapkan. –batasannya. –apa yang dilaksanakan sistem tersebut. b. menentukan tujuan dari sistem. –output yang dihasilkan dari isi sistem. –fungsi dan tujuan yang diminta untuk mencoba menanggulangi lingkungan. c. bagian-bagian apa saja yg terdapat dalam sistem dan apa tujuan dari masing-masing bagian tersebut. –tujuan masing-masing bagian sistem harus jelas. –cara apa yang digunakan subsistem untuk berhubungan dengan subsistem lain. d. bagaimana bagian-bagian yang ada dalam sistem itu saling berhubungan menjadi satu kesatuan.


Download ppt "3/30/20151 Disampaikan pada kuliah Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Konsep sistem Rian. Saryanto, Skom, M.Hum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google