Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOORDINASI, INTEGRASI, SINKRONISASI DAN SINERGI (KISS) PEMBANGUNAN TAHUN 2015 ( BIDANG PEMERINTAHAN & KEMASYARAKATAN)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOORDINASI, INTEGRASI, SINKRONISASI DAN SINERGI (KISS) PEMBANGUNAN TAHUN 2015 ( BIDANG PEMERINTAHAN & KEMASYARAKATAN)"— Transcript presentasi:

1 KOORDINASI, INTEGRASI, SINKRONISASI DAN SINERGI (KISS) PEMBANGUNAN TAHUN 2015 ( BIDANG PEMERINTAHAN & KEMASYARAKATAN)

2 ISSUE-ISSUE STRATEGIS ISSUE-ISSUE STRATEGIS PROGRAM PRIORITAS PROGRAM PRIORITAS (BIDANG PEMERINTAHAN & KEMASYARAKATAN) Tahun 2015

3 NOISU STRATEGISPROGRAM / KEGIATAN 1Pendidikan 1Belum meratanya akses pendidikan dasar yang bermutu dan terjangkau a)Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dasar; b)Pendataan dan peningkatan kualitas tenaga pendidik; c)Pemerataan penyebaran tenaga pendidik d)BOSDA Madin. 2Belum meratanya akses pendidikan menengah yang bermutu dan terjangkau a)Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan menengah; b)BOS SMA (BKSM) khusus bagi siswa miskin c)Pemetaan jumlah guru dan bidang studi yang dibutuhkan; d)Pemerataan penyebaran tenaga pendidik. 3Belum meratanya akses pendidikan menengah kejuruan yang bermutu dan terjangkau a)Pembangunan SMK Mini; b)Pembangunan Unit Sekolah Baru SMK di Kab/Kota; c)Pembangunan Ruang Kelas Baru untuk SMK; d)Bantuan sarana prasarana penunjang untuk SMK; e)BOS SMA (BKSM) khusus bagi siswa miskin (SMK); f)Pemetaan dan peningkatan kualitas tenaga pendidik di pendidikan menengah kejuruan;

4 NOISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 4Belum meratanya akses pendidikan tinggi yang terjangkau, berkualitas dan berdaya saing a)Program antara (bridging program) bagi lulusan sekolah kejuruan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi; b)Pengembangan SMK menjadi Community College (D1); c)Peningkatan kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk pembentukan dan pengembangan Community College; d)Bantuan sarana dan prasarana untuk Community College. 5Masih tingginya angka buta aksara ( 11% )a)Optimalisasi penuntasan buta huruf; b)Pemberdayaan masyarakat yang telah dientaskan dari buta huruf agar tidak buta huruf kembali; c)Peningkatan kerjasama lintas sektoral untuk penuntasan buta huruf. 6Belum meratanya akses Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan PNFI a)Pengembangan PAUD melalui peningkatan Taman Posyandu di tiap desa; b)Pengembangan PAUD secara holistik dan terpadu; c)Peningkatan pemerataan & akses PAUD, khususnya di daerah tertinggal; d)Peningkatan kualitas tenaga pendidik PAUD melalui peningkatan Kader PKK; e)Peningkatan kerjasama lintas sektoral; f)Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan anak usia dini; g)Peningkatan pendidikan non-formal berbasis komunitas.

5 NoISU STRATEGISPROGRAM / KEGIATAN 2 Pengarusutamaan Gender 1Belum optimalnya pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Penguatan kelembagaan PUG Penerapan PPRG Sosialisasi Tentang UU Perlindungan Anak dan UU Penghapusan KDRT di Pedesaan bekerjasama dengan PKK Pelatihan Ketrampilan Masyarakat di tingkat pedesaan bekerjasama dengan Instansi Teknis dan PKK Pemberdayaan perempuan pengembang ekonomi lokal (P3EL) Pengadaan alat kontrasepsi Peningkatan dan pengembangan program KB yang responsif gender.

6 NoISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 3. Kesehatan 1.Belum optimalnya akses terhadap kualitas pelayanan kesehatan dasar dan rujukan. 1.Peningkatan mutu puskesmas, pustu, dan ponkesdes. 2.Peningkatan kualitas rumah sakit 3.Pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan 4.Penempatan, perencanaan dan pendayagunaan tenaga kesehatan. 2.Angka Kematian Ibu (AKI) Melahirkan Yang Masih Tinggi sebesar 97,31 per kelahiran hidup pada tahun Program Peningkatan Polindes menjadi Ponkesdes. 2.Program Peningkatan Kapasitas Posyandu dengan mendirikan taman posyandu. 3.Meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan ibu, bayi dan Balita melalui UKBM 3.Angka Kematian Balita (AKB) Yang Masih Tinggi, pada tahun 2012 sebesar 28,31 per 1000 kelahiran hidup sedangkan pada tahun 2013 sebesar 27,35 (angka sementara). 1.Program Peningkatan Polindes menjadi Ponkesdes. 2.Program Peningkatan Kapasitas Posyandu dengan mendirikan taman posyandu. 3.Meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan ibu, bayi dan Balita melalui UKBM 4.Meningkatkan pencapaian Universal Child Immunization (UCI)

7 NoISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 4. Sosial 1.Keragaman kultur Jawa Timur yang memicu potensi konflik sosial a)Pengkajian model-model penanganan permasalahan konflik sosial melalui kerjasama dengan Perguruan Tinggi. b)Menjadikan semua program dan kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial sebagai tanggung jawab bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat. 2. Masih tinggi jumlah psikotik pasunga)Mendorong dan mengembangkan Penyelenggaraan kesejahteraan sosial berbasiskan masyarakat melalui penyuluhan kepada masyarakat dengan menekankan pada hal-hal yang dapat mengembangkan keswadayaan sosial masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan kesejahteraan sosial di lingkungannya masing-masing. b)Memantapkan kerjasama dan koordinasi antar penyelenggara kegiatan kesejahteraan sosial, baik pemerintah maupun masyarakat.

8 NoISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 3.Jumlah pemakai Narkoba / NAPZA di Provinsi Jawa Timur, Berkembangnya produksi NAPZA local di Jawa Timur a)Mendorong dan mengembangkan Penyelenggaraan kesejahteraan sosial berbasiskan masyarakat melalui penyuluhan kepada masyarakat dengan menekankan pada hal-hal yang dapat mengembangkan keswadayaan sosial masyarakat untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan kesejahteraan sosial di lingkungannya masing-masing. b)Program pelayanan rehabilitasi sosial dan pengembangan potensi diri penyandang masalah kesejahteraan sosial melalui peningkatan kemampuan unit-unit pelaksana teknis (panti-panti sosial).

9 NOISU STRATEGISPROGRAM / KEGIATAN 5Penanggulangan Kemiskinan 1Sinkronisasi dan integrasi berbagai program penanggulangan kemiskinan baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota belum optimal. Sinkronisasi dan Integrasi Program-program Penanggulangan Kemiskinan; Strategi ini untuk mengefektifkan program nangkis sehingga tepat sasaran dan tidak terjadi tumpang tindih program. 2Banyaknya Rumah Tangga Miskin yang memiliki Kepala rumah tangga Perempuan (Feminisasi Kemiskinan) Program Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan, Strategi ini dimaksudkan sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan dengan sasaran utama Keluarga Rentan Tidak Produktif (KRTP) (Desil 1) melalui kegiatan cash transfer atau bantuan hibah barang/natura produktif.

10 NoISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 7.Ketenagakerjaan 1.Kesempatan Kerja Terbatas dan kualitas SDM yang masih rendah. 1.Memperluas lapangan kerja 2.Peningkatan kualitas dan produktifitas SDM 3.Penempatan dan perluasan kerja sektor formal dan informal, termasuk penciptaan wirausaha baru 4.Memperbanyak Balai Latihan Kerja Berstandar Internasional; 5.Membangun sistem jaringan informasi ketenagakerjaan; 6.Kemitraan strategis antara Sekolah Menengah Kejuruan dengan Perusahaan. 7.Program Magang bagi peserta di Balai Latihan Kerja (BLK) untuk magang di perusahaan. 2.Perlindungan dan Kesejahteraan pekerja belum memadai. 1.Perlindungan, pengawasan ketenagakerjaan dan pembinaan hubungan Industrial 2.Perlindungan, pengawasan ketenagakerjaan dan pembinaan hubungan Industrial 3.Pembangunan Rusunawa yang diperuntukkan bagi pekerja.

11 NOISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 8. Kepemudaan dan Keolahragaan Rendahnya tingkat partisipasi pemuda dan prestasi olah raga a)Peningkatan kualitas pemuda; b)Peningkatan inovasi dan kreatifitas pemuda melalui berbagai event; c)Sosialisasi bahaya narkoba dan HIV/AIDS di kalangan pemuda. d)Peningkatan sarana dan prasarana olahraga di daerah; e)Peningkatan kualitas pelatih dan wasit melalui berbagai pelatihan; f)Peningkatan dan Pengembangan PPLP di daerah; g)Peningkatan kerjasama antara provinsi dan Kab/Kota untuk pembibitan atlit olaharaga prestasi; h)Peningkatan event-event olaharaga baik di Kab/Kota maupun provinsi

12 NOISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 9Kebudayaan 1.Perlunya Penguatan Jati diri bangsa dan pelestarian budaya a)Pelestarian peninggalan sejarah purbakala, museum, dan peninggalan bawah air. b)Empowering nilai-nilai budaya; c)Dialog/sarasehan budaya; d)Peningkatan kerjasama lintas sektoral; e)Peningkatan Museum Daerah; f)Pemberian penghargaan kepada penemu peninggalan sejarah budaya; 2.Rendahnya SDM Pelaku Budayaa)Peningkatan kualitas SDM b)Peningkatan apresiasi budaya c)Pemberian penghargaan kepada seniman dan budayawan d)Peningkatan tempat-tempat dan intensitas pagelaran seni dan budaya

13 NOISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 10.Pemerintahan 1. Belum maksimalnya penanganan Reformasi Birokrasi -Penerapan Standar Pelayanan (SPM, SOP dan SPP) -Penyusunan laporan kinerja (LAKIP, AKIP, LPPD, LKPJ, UKP4 dan UKG) -Peningkatan Pelayanan Publik -Penataan SDM aparatur dalam rangka pengembangan sistem manajemen kepegawaian berbasis kinerja, aspek pembinaan, penetapan formasi, rekruitmen/seleksi, diklat, promosi, renumerasi, penegakan disiplin dan sanksi administrasi kepegawaian. 2.Masih belum optimalnya penanganan Keamanan dan Ketertiban -Peningkatan efektifitas potensi Kerukunan Hidup Umat Beragama -Penegakan Perda -Optimalisasi patroli wilayah Trantibum; -Peningkatan dan pengembangan sistem deteksi dini dan cegah dini terhadap konflik di Jawa Timur -TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)

14 NOISU STRATEGISPROGRAM/KEGIATAN 11.Kesalehan dan Harmoni Sosial 1Kesalehan sosial dan harmoni sosial di berbagai aspek kehidupan. a)Peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan; b)Peningkatan kualitas pelayanan keagamaan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh hak-hak dasar dalam memeluk agama, serta beribadat sesuai agama dan kepercayaan masing- masing; c)Peningkatan dan memperkuat kerukunan internal, dan antar-umat beragama untuk menciptakan harmoni sosial berlandaskan sikap toleran dan saling menghormati; d)Peningkatan jaringan kerja sama lintas umat beragama, dan forum silaturahmi lintas pemuka agama, serta mendorong berkembangnya kerja sama internal dan/atau antar-umat beragama di bidang sosial ekonomi.

15 Terima kasih...


Download ppt "KOORDINASI, INTEGRASI, SINKRONISASI DAN SINERGI (KISS) PEMBANGUNAN TAHUN 2015 ( BIDANG PEMERINTAHAN & KEMASYARAKATAN)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google