Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Mobile Android # 3

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Mobile Android # 3"— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Mobile Android # 3
Activity, Event Handling dan Intent ajib susanto fik Udinus

2 ajib susanto fik Udinus
TIK Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa state life cycle sebuah activity pada aplikasi mobile. Mahasiswa mampu membuat instruksi pemrograman yg akan dieksekusi pada keadaan tertentu. Mahasiswa mampu menghubungkan antar activity dan passing data antar activity ajib susanto fik Udinus

3 ajib susanto fik Udinus
Activity life cycle Activity  satu komponen di aplikasi Android. Komponen ini berfungsi memberi interaksi antara user dan aplikasi yang dibangun, yaitu melalui user interface. Activity  user interface Anda ditampung. Android menggunakan sistem callback untuk menerapkan daur hidup Activity. Callback adalah fungsi-fungsi yang dipanggil oleh sistem ketika sistem menerima event. ajib susanto fik Udinus

4 ajib susanto fik Udinus
Activity life cycle Contoh : onCreate() onPause() onStop() onRestart()  onDestroy() onStart() dll ajib susanto fik Udinus

5 Android Activity Lifecycles
ajib susanto fik Udinus

6 ajib susanto fik Udinus
onCreate() Seperti namanya, fungsi callback ini dipanggil saat Activity dibuat. Fungsi ini digunakan untuk menggambar user interface. Inisialisasi state awal Activity dan sebagainya. Bila Activity terus berjalan, sistem akan memanggil fungsi callback onStart() dilanjutkan dengan onResume(). Setelah itu Activity akan berada dalam keadaan running dan user dapat berinteraksi dengan Activity yg dibuat. ajib susanto fik Udinus

7 ajib susanto fik Udinus
Contoh ajib susanto fik Udinus

8 ajib susanto fik Udinus
onPause() Fungsi callback ini dipanggil saat Activity dalam keadaan paused. Keadaan ini adalah saat Activity masih terlihat di layar tetapi kehilangan fokus. Misalnya ketika ada alertDialog, atau notifikasi yang muncul di atas Activity sehingga Activity tidak dapat merespon masukan user. Pada keadaan pause ini, sistem dapat membunuh Activity bila sistem membutuhkan memori ajib susanto fik Udinus

9 ajib susanto fik Udinus
onPause() #2 Apabila user membuat fokus kembali pada Activity (dengan menghilangkan dialog atau yang lainnya), maka sistem akan memanggil fungsi onResume(). Dapat digunakan untuk mengubah tampilan UI sesuai dengan hasil dari dialog yang sebelumnya tampil sehingga Activity harus di-pause ajib susanto fik Udinus

10 ajib susanto fik Udinus
onStop() Activity masuk dalam keadaan stopped bila telah menghilang dari layar. Karena dihentikan oleh user (dengan menekan tombol back atau home) atau karena memulai Activity yang lainnya, saat itulah callback ini dipanggil setelah sebelumnya melalui onPause().  Setelah onStop() dipanggil, sistem bisa memanggil onDestroy() bila sistem membutuhkan memori, atau memanggil onRestart() dilanjutkan dengan onStart() bila user kembali ke Activity tersebut tanpa sempat dibunuh oleh sistem. Activity yang berada dalam keadaan stopped adalah sasaran empuk untuk dibunuh oleh sistem. ajib susanto fik Udinus

11 ajib susanto fik Udinus
Event Handling Event  cara untuk mengumpulkan data tentang interaksi pengguna dengan komponen interaktif dari aplikasi. seperti menekan tombol atau layar sentuh dll Framework Android menerapkan antrian event berbasis FIFO (First in First Out) Tiga konsep Android Event Management : Event Listeners : obyek yang menerima pemberitahuan ketika sebuah peristiwa terjadi Event Listeners Registration: proses dimana suatu event handler akan terdaftar dengan Event Listener sehingga handler dipanggil ketika Event Listener berjalan. Event Handlers : Ketika suatu peristiwa terjadi dan telah terdaftar dan event listener untuk event, event listener memanggil Event Handlers, yang merupakan metode yang benar-benar menangani event ajib susanto fik Udinus

12 Event Listeners & Event Handlers
Event Listener & Description onClick() OnClickListener() This is called when the user either clicks or touches or focuses upon any widget like button, text, image etc. You will use onClick() event handler to handle such event. onLongClick() OnLongClickListener() This is called when the user either clicks or touches or focuses upon any widget like button, text, image etc. for one or more seconds. You will use onLongClick() event handler to handle such event. onFocusChange() OnFocusChangeListener() This is called when the widget looses its focus ie. user goes away from the view item. You will use onFocusChange() event handler to handle such event. onKey() OnFocusChangeListener() This is called when the user is focused on the item and presses or releases a hardware key on the device. You will use onKey() event handler to handle such event. onTouch() OnTouchListener() This is called when the user presses the key, releases the key, or any movement gesture on the screen. You will use onTouch() event handler to handle such event. onMenuItemClick() OnMenuItemClickListener() This is called when the user selects a menu item. You will use onMenuItemClick() event handler to handle such event. ajib susanto fik Udinus

13 ajib susanto fik Udinus
Contoh ajib susanto fik Udinus

14 ajib susanto fik Udinus
Intent Intent adalah pesan asinkron yang memungkinkan komponen android untuk ‘meminta’ sebuah fungsi dari komponen lain Intents bisa digunakan untuk memberikan sinyal pada Sistem Android bahwa sebuah event telah terjadi. Komponen -komponen lain di android bisa mendaftarkan event ini dengan menggunakan intent filter. Intent dikirim kepada sistem android melalui sebuah panggilan method, yakni method  startActivity(). Bergantung pada bagaimana  Intent dibuat, sistem Android akan menjalankan  sebuah penentuan penerima (receiver determination) dan menentukan komponen yang mungkin yang akan dijalankan. Jika beberapa komponen didaftarkan untuk intent yang sama, maka pengguna bisa memutuskan komponen mana yang akan dijalankan. ajib susanto fik Udinus

15 ajib susanto fik Udinus
Intent #2 Intent dibagi 2 : Implicit intent merupakan intent yang memanggil fungsi yang sudah ada pada fungsi internal android. Explicit intent merupakan intent yang memanggil Activity lain. ajib susanto fik Udinus

16 ajib susanto fik Udinus
Contoh Sebuah  activity bisa mengirim  intent kepada sistem Android yang akan menjalankan activity lain via program berikut. Intent i = new Intent(this, ActivityTwo.class); startActivity(i);  Intent merupakan instansi dari class android.content.Intent ajib susanto fik Udinus

17 ajib susanto fik Udinus
Contoh #2 Intent bisa berisi data. Data ini bisa digunakan oleh penerima komponen. Sebagai contoh, aplikasi kita bisa menjalankan komponen browser menggunakan intent. Sebagai data, bisa dikirimkan URL kepada komponen browser dimana browser tersebut nanti membukanya. String url = " Intent i = new Intent(Intent.ACTION_VIEW); i.setData(Uri.parse(url)); startActivity(i); ajib susanto fik Udinus

18 ajib susanto fik Udinus
Intent Data ajib susanto fik Udinus

19 ajib susanto fik Udinus
Intent Filter Sebuah elemen <activity> juga bisa memberikan keterangan mengenai intent-filter, yaitu keterangan mengenai bagaimana komponen dari aplikasi lain bisa mengaktifkan activity ini. Keterangan mengenai intent-filter ditulis di dalam elemen <intent-filter> Intent dapat di cek di AndroidManifest.xml <activity android:name=".ModeTeleponActivity" > <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.MAIN" /> <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> </intent-filter> </activity> ajib susanto fik Udinus

20 ajib susanto fik Udinus
Referensi FelkerD.; Dobbs J, 2011, Android Application Development For Dummies, Wiley Publishing Inc., USA Official Android Developer Documentation Esposito, Dino, Architecting Mobile Solutions for the Enterprise, 2012, O’Reilly Media. Iversen, Jakob & Eierman, Michael, Learning Mobile App Development A Hands-on Guide to Building Apps with iOS and Android , 2014, Pearson Education. Meier, Reto, Professional Android 4 Application Development, 2012, John Wiley and Sons. McWherter, Jeff & Gowell, Scott, Professional Mobile Application Development, 2012, John Wiley & Sons ajib susanto fik Udinus

21 ajib susanto fik Udinus
Ada Pertanyaan ? ajib susanto fik Udinus

22 ajib susanto fik Udinus
Tugas 3 Buat aplikasi kalkulator ajib susanto fik Udinus

23 ajib susanto fik Udinus
Rehat Sejenak Mc Donald Arab Cepat Langsing ajib susanto fik Udinus


Download ppt "Pemrograman Mobile Android # 3"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google