Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bahaya ROKOK Narkoba – HIV AIDS Desa Bareng Dusun Banjarsari, Kabupaten Jombang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bahaya ROKOK Narkoba – HIV AIDS Desa Bareng Dusun Banjarsari, Kabupaten Jombang."— Transcript presentasi:

1 Bahaya ROKOK Narkoba – HIV AIDS Desa Bareng Dusun Banjarsari, Kabupaten Jombang

2 ROKOK - Cigarettes Cuplikan....

3 Betapa berjasanya ROKOK membangun.. • Nasionalisme • Kayanya budaya bangsa • Keberagaman dan persatuan

4

5 PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2003 TENTANG PENGAMANAN ROKOK BAGI KESEHATAN

6 Perbandingan Dua Negara Negara BERKEMBANG Negara MAJU

7 Fakta dan Realita PERBANDINGANEROPAINDONESIA Harga 1 Pack Marlboro12 Dollar = Rp Rp Batas Usia PEROKOK18 + ke atasSemua usia Batas Kadar NikotinTAR 10 mg, NIKOTIN 1 mgTAR 20 mg, NIKOTIN 1.5 mg Total Pengeluaran Dana Untuk Kanker, Paru-Paru, Jantung (Akibat ROKOK) 925 Miliar186 Triliun Iklan RokokSangat terbatas (sangat langka/hampir tidak ada) Di depan mata dan kapan saja Bea Cukai / Pajak Terhadap ROKOK TinggiRendah

8 Bahaya Rokok V I D E O Kanker PARU Cepat capek, cepat terlihat tua KANKER TENGGOROKAN, KANKER MULUT BRONKITIS KRONIS

9 Di suatu tempat dimana banyak orang dewasa merokok, datanglah seorang anak kecil.... AK : “Mas aku pinjem korek.” OD : “Loh, gawe opo le?” AK : “Yo rokok-an mas, piye to.” OD : “Anak kecil ga boleh merokok. Merokok iku bikin cepet mati, kanker paru-paru, bikin polusi udara, ntar cepet tua bla...blaa...blaa..” Si anak pergi.... Tak lama.. ia datang lagi membawa sepucuk surat yang berisi : “KAMU MENGKHAWATIRKAN KAMI JIKA KAMI MEROKOK, TETAPI MENGAPA KAMU TIDAK MENGKHAWATIRKAN DIRIMU SENDIRI? MENGINGATKAN DIRIMU SENDIRI ADALAH HAL YANG PALING EFEKTIF UNTUK MEMBUATMU BERHENTI”

10 N A R K O B A

11 Penggolongan Narkoba a.Psikotropika

12 1.Ekstasi Biasanya dalam bentuk tablet atau kapsul 2. Shabu-shabu Bentuknya seperti kristal, mirip seperti bumbu penyedap masakan (gula)

13 b. Narkotika 1. OPIAD a. Heroin / putaw Sering dalam bentuk bubuk, ada yg bentuk cairan. Jika berhenti, akn menimbulkan rasa sakit yg berkesinambungan b. Morfin Bentuknya tepung putih. Biasanya digunakan dgn cara dihisap atau disuntikkan

14 2. KOKAIN Sering digunakan untuk pembiusan 3. CANNABIS Berasal dari tanaman, daunnya dipotong-potong, dikeringkan lalu digulung menjadi rokok. Orang sering mengenalnya dengan nama ganja, cimenk

15 Bahayanya... Fungsi otak terganggu

16 H I V – A I D S

17 Human Immunodeficiency Viral – Acquired Immune Deficiency Syndrome • HIV berarti virus yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Ini adalah retrovirus, yang berarti virus yang mengunakan sel tubuhnya sendiri untuk memproduksi kembali dirinya

18 Virus tersebut menular melalui: • Melakukan penetrasi seks yang tidak aman dengan seseorang yang telah terinfeksi. Kondom adalah satu– satunya cara dimana penularan HIV dapat dicegah. • Melalui darah yang terinfeksi yang diterima selama transfusi darah dimana darah tersebut belum dideteksi virusnya atau pengunaan jarum suntik yang tidak steril. • Dengan mengunakan bersama jarum untuk menyuntik obat bius dengan seseorang yang telah terinfeksi. • Wanita hamil dapat juga menularkan virus ke bayi mereka selama masa kehamilan atau persalinan dan juga melalui menyusui.

19 FASE dalam HIV InfeksiAsimptomatisSimptomatis AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome)

20 • adalah fase terakhir dari infeksi HIV dan biasanya • dicirikan oleh jumlah CD4 kurang dari 200. • AIDS bukanlah penyakit yang khusus melainkan kumpulan dari sejumlah penyakit yang mempengaruhi tubuh dimana sistem kekebalan yang melemah tidak dapat merespons.

21 Komplikasi dan AKibatnya

22 P E N C E G A H A N dan KESIMPULAN

23 Terkadang secara tak langsung semua pencegahan akan dilupakan karena masuk telinga kanan sebentar, dan keluar telinga kiri lebih cepat... Pencegahannya dimulai dari NIAT.... Niat untuk menjaga desa.. Dari diri sendiri dan untuk orang lain !


Download ppt "Bahaya ROKOK Narkoba – HIV AIDS Desa Bareng Dusun Banjarsari, Kabupaten Jombang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google