Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HIV/ AIDS PANJI HIDAYAT, M.Pd. Pengertian HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS AIDS (Human Immune Deficiency.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HIV/ AIDS PANJI HIDAYAT, M.Pd. Pengertian HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS AIDS (Human Immune Deficiency."— Transcript presentasi:

1 HIV/ AIDS PANJI HIDAYAT, M.Pd

2 Pengertian HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS AIDS (Human Immune Deficiency Sindrome) merupakan kumpulan gejala penyakit karena menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV.

3 Bisa menular… Virus ini bisa menular melalui:  Cairan Darah  Cairan Vagina  Cairan Mani

4 Perilaku yang menularkan Hubungan seks Transfusi darah Penggunaan alat suntik secara bergantian Dari ibu yang mengandung kebayinya

5 Yang tidak menularkan… Sentuhan kulit atau jabatan tangan Menggunakan alat makan Pelukan dan ciuman Memakai WC atau kamar mandi bersama Gigitan nyamuk Tinggal serumah dengan ODHA (orang dengan HIV/ AIDS)

6 Gejala HIV/ AIDS 1. WINDOW PERIODE Setelah terinfeksi HIV, awalnya hampir tidak ada gejala. Pada tahap ini meskipun dilakukan tes HIV, maka hasilnya akan negatif. Fase ini disebut sebagai window periode (fase jendela). Untuk mendapatkan hasil yang akurat tes sebaiknya diulang setelah 3-6 bulan kedepan setelah dicurigai terinfeksi HIV

7 lanjutan 2. HIV POSITIF Setelah melewati masa inkubasi (waktu bibit penyakit pertama kali masuk sampai menimbulkan gejala-gejala fisik), antara 2-10 tahun, pengidap HIV akan mengalami:  Penurunan berat badan  Demam berkepanjangan  Keringat dingin dimalam hari  Diare terus mnerus tanpa sebab yang jelas

8 lanjutan 3. AIDS Pada tahap ini bisa timbul penyakit kronis seperti Sarkoma (sejenis kanker kulit), TBC, PCP (sejenis radang paru-paru) dan infeksi lainnya.

9 Agar tidak tertular… Selalu gunakan pisau cukur, silet, alat suntik, jarum tindik maupun jarum tato yang steril atau masih baru Jika menerima transfusi darah harus yang telah di cek status HIV-nya Be Faithfull artinya saling setia, aman pasangan Selalu gunakan kondom untuk melindungi kita dan pasangan kita


Download ppt "HIV/ AIDS PANJI HIDAYAT, M.Pd. Pengertian HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS AIDS (Human Immune Deficiency."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google