Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Januari 2012 Januari 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Januari 2012 Januari 2012."— Transcript presentasi:

1

2 Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Januari 2012 Januari 2012

3 Tahun ini juga, dari tanggal 18 s/d 25 Januari di berbagai tempat di dunia dirayakan Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani, sementara di tempat lain dirayakan pada hari Pentakosta. Semboyan yang dipilih untuk Pekan Doa tahun 2012 merujuk pada Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (Bdk. 1Kor 15:51-58): “Kita semua akan diperbaharui melalui kemenangan Tuhan kita Yesus Kristus”. Sabda Kehidupan yang dipilih untuk bulan ini merupakan ulasan Chiara mengenai Kol 3:1, yang berkaitan dengan ayat tersebut. Pendahuluan

4 «Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah» (Kol 3:1).

5 Kata-kata ini, yang disampaikan oleh Santo Paulus kepada komunitas di Kolose, menunjukkan adanya dunia di mana ada kasih sejati, persekutuan yang penuh, keadilan, damai, kesucian, kebahagiaan; sebuah dunia di mana dosa dan kejahatan tidak bisa masuk lagi; sebuah dunia di mana kehendak Allah Bapa dihayati sepenuhnya.

6 Dunia ini adalah dunia Yesus sendiri. Dunia yang telah Dia bukakan bagi kita dengan kebangkitanNya, setelah melalui sengsaraNya yang maha berat.

7 «Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah»

8 Dengan demikian, sebagaimana dikatakan Santo Paulus, kita tidak hanya dipanggil untuk memasuki dunia Kristus, melainkan kita sudah menjadi bagian dari dunia itu.

9 Iman kita mengatakan bahwa melalui permandian kita menjadi bagian dari diriNya, karena itu kita berbagi dengan kehidupanNya, anugerah- anugerahNya, warisanNya, kemenanganNya atas dosa dan kekuatan jahat: kita juga telah bangkit bersama Dia.

10 Namun, tidak seperti orang-orang suci yang sudah mencapai tujuannya, keanggotaan kita dalam dunia Kristus ini belum penuh dan benar-benar dinyatakan; terutama sekali, belum stabil dan pasti

11 Selama kita berada di dunia ini kita menghadapi banyak bahaya, kesulitan dan godaan yang dapat membuat kita goyah, memperlambat atau bahkan mengalihkan perjalanan kita menuju arah yang tidak benar.

12 «Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah»

13 Maka, kita dapat mengerti seruan sang Rasul: “Carilah perkara yang di atas”.

14 Usahakanlah untuk keluar dari dunia ini, bukan secara fisik, melainkan secara rohani, tinggalkanlah aturan dan hawa nafsu duniawi guna membiarkan diri dibimbing, dalam setiap situasi, oleh pikiran dan perasaan Yesus.

15 “Perkara yang di atas” berarti hukum yang di atas, yakni hukum Kerajaan Surgawi yang dibawa oleh Yesus ke dunia ini dan Dia ingin agar kita mewujudnyatakannya sejak saat ini.

16 «Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah»

17 Bagaimana kita dapat menghidupi Sabda Kehidupan ini?

18 Sabda ini mendorong kita untuk tidak puas dengan kehidupan yang biasa-biasa saja, yang setengah-setengah dan mudah berkompromi, melainkan menyesuaikannya, berkat kasih karunia Allah, dengan hukum Kristus.

19 Sabda ini mendorong kita untuk berkomitmen memberi kesaksian di sekitar kita mengenai nilai-nilai yang dibawa Yesus ke dunia ini: misalnya, semangat kerukunan dan perdamaian, semangat melayani sesama, pengertian dan pengampunan; kejujuran, keadilan, ketulusan dalam bekerja, kesetiaan, kemurnian, membela kehidupan, dll.

20 Tentu saja, program ini sangat luas, seluas kehidupan kita; namun, agar kita tidak mengawang-awang saja, mari kita menghayati selama bulan ini hukum dari Yesus yang sedikit menyimpulkan semua hukum yang lain: yakni melihat Kristus dalam diri setiap sesama, guna melayaninya.

21 Bukankah kita akan diadili tentang hukum ini pada akhir hidup kita?

22 “Sabda Kehidupan”, renungan bulanan Gerakan Focolare. Teks oleh: Chiara Lubich, Juni 1988 Grafik Anna Lollo dan p. Placido D’Omina (Sisilia, Italia) Uraian Sabda Kehidupan diterjemahkan ke dalam 96 bahasa dan berbagai dialek, serta mencapai jutaan orang melalui media cetak,radio, televisi dan Internet WEBpage Focolare: Sabda Kehidupan versi PPT dalam berbagai bahasa: «Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah» (Kol 3:1).


Download ppt "Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Januari 2012 Januari 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google