Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HARYONO. AS NIP.198403222008121002 CABANG- CABANG FILSAFAT Dosen Muda PPKn FKIP UR Direktur III dan Dosen STIKES PMC Dosen Universitas Terbuka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HARYONO. AS NIP.198403222008121002 CABANG- CABANG FILSAFAT Dosen Muda PPKn FKIP UR Direktur III dan Dosen STIKES PMC Dosen Universitas Terbuka."— Transcript presentasi:

1 HARYONO. AS NIP CABANG- CABANG FILSAFAT Dosen Muda PPKn FKIP UR Direktur III dan Dosen STIKES PMC Dosen Universitas Terbuka

2 A. TENTANG PENGETAHUAN 1. LOGIKA 1). Logika Formal (Logic). Mempelajari Azas-azas atau hukum-hukum berfikir yg harus ditaati agar kita berfikir dengan benar dan mencapai kebenaran. Bagi filsafat logika adalah alat yg harus dipelajari.

3 2). Logika materiil atau Kritik (Epistimologi) Mempelajari isi pengetahuan (Materiil), mempelajari : 1. Sumber-sumber dan asal pengetahuan 2. Alat-alat pengetahuan 3. Proses terjadinya pengetahuan 4. Kemungkinan-kemungkinan dan batas pengetahuan 5. Kebenaran dan kekeliruan 6. Metode ilmu pengetahuan, Dll

4 B. TENTANG ADA METAFISIKA atau ONTOLOGI, mengupas tentang : 1. Apakah arti ADA? 2. Apakah kesempurnaannya ADA itu ? 3. Apakah tujuannya ADA itu ? 4. Apkaha SEBAB dan AKIBAT ? 5. Apakah dasar yang terdalam dari setiap barang yang ADA itu? Jadi apa sesungguhnya hakekat dari segala sesuatu itu ?

5 C. TENTANG DUNIA MATERIAL KOSMOLOGI (PHILOSOPHY OF NATURE) atau disebut COSMOLOGY. Membicarakan tentang asal mula atau sumber dan susunan atau struktur dari alam semesta.

6 D. TENTANG MANUSIA PHILOSOPHY OF MAN atau ANTHROPOLOGIA METAFISIKA atau PSYCHOLOGIA METAFISIKA Hal yang direnungkan adalah : 1). Apakah arti ADA dalam diri kita ? 2). Apakah kodrat kita ? 3). Bagaimanakah susunan manusia atas badan dan jiwa ? 4). Bagaimanakah datangnya pengetahuan itu ? 5). Apakah kehendak bebas itu ? 6). Apakah artinya kepribadian itu ? Dan sebagainya

7 E. TENTANG KESUSILAAN ETIKA (ETHICS) atau FILSAFAT MORAL Manusia wajib berbuat baik dan menghindar dari yang tidak baik akhinya menimbulkan bebagai soal : 1). Apakah yg disebut BAIK ? 2). Apakah yg BURUK itu ? 3). Apakah Ukuran BAIK BURUK itu? 4). Apakah SUARA BATIN itu ? 5). Mengapa org terikat oleh kesusilaan ?

8 F. TENTANG TUHAN THEODYCEA (Natural Theology) Mempelajari Keberadaan Tuhan Tidak berdasarkan Wahyu atau Kitab Suci

9 KEGUNAAN BELAJAR FILSAFAT Ada yang Memandang filsafat sebagai Sumber segala kebenaran. Ada pula yang menganggap Filsafat sebagai Obrolan dan Omong Kosong Belaka. Namun melalui Filsafat manusia dimungkinkan dapat melihat kebenaran tentang sesuatu diantara kebenaran yang lain, hal ini memungkinkan filsafat mencoba mengambil segala kemungkinan informasi (alternatif) diantara alternatif kebenaran yang ada.

10 TUJUAN PRAKTIS FILSAFAT 1. PLATO Berfikir dan memikirkan itu sebagai suatu nikmat yang luar biasa, sehingga filsafat diberi predikat sebagai keinginan yang maha berharga. 2. RENE DESCARTES Cogito Ergo Sum (Saya berfikir maka saya ada).

11 3. Dr. OEMAR A. HOESIN Filsafat itu memberikan kepuasan kepada keinginan manusia akan pengetahuan yang tersusun dengan tertib akan kebenaran. 4. MAURICE MARLEAU PONTY Jasa dari filsafat baru adalah terdapat dalam sumber penyeldikan, sumber itu adalah eksistensi dan dengan sumber itu kita bisa berfikir tentang manusia.

12 TUJUAN UMUM PELAJARAN FILSAFAT 1.Dengan berfilsafat kita lebih menjadi manusia, lebih mendidik dan membangun diri sendiri. 2.Semakin memiliki kebijaksanaan

13 3. Melatih kita memandang segala sesuatu dengan luas dan dapat menyembuhkan kita dari kepicikan (Akuisme dan Aku sentrisme). 4.Dari pelajaran filsafat kita diharapkan menjadi orang yang dapat berfikir sendiri.

14 TUJUAN FILSAFAT MENURUT ISINYA 1. Memberikan dasar-dasar pengetahuan kita 2. Hidup kita dipimpin oleh pengetahuan kita. 3. Filsafat memberikan dasar-dasar dari semua ilmu pengetahuan.

15 DEMIKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "HARYONO. AS NIP.198403222008121002 CABANG- CABANG FILSAFAT Dosen Muda PPKn FKIP UR Direktur III dan Dosen STIKES PMC Dosen Universitas Terbuka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google