Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hukum Dagang Purwosutjipto :  Hukum perikatan yang timbul khusus dalam lapangan perusahaan. Achmad Ichsan :  Hukum yang mengatur masalah perdagangan/perniagaan,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hukum Dagang Purwosutjipto :  Hukum perikatan yang timbul khusus dalam lapangan perusahaan. Achmad Ichsan :  Hukum yang mengatur masalah perdagangan/perniagaan,"— Transcript presentasi:

1 Hukum Dagang Purwosutjipto :  Hukum perikatan yang timbul khusus dalam lapangan perusahaan. Achmad Ichsan :  Hukum yang mengatur masalah perdagangan/perniagaan, yaitu masalah yang timbul karena perbuatan manusia (persoon) dalam perdagangan/perniagaan.

2 Soekardono :  Himpunan peraturan yang mengatur seseorang dengan orang lain dalam kegiatan perusahaan terutama yang terdapat dalam kodifikasi KUHD dan KUHPer.  Serangkaian kaidah yang mengatur tentang dunia usaha atau bisnis dan dalam lalu lintas perdagangan. Lanjutan…

3 Hubungan Hukum Dagang – Hukum Perdata  Pasal 1 KUHD: “Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, seberapa jauh daripadanya dalam kitab ini tidak khusus diadakan penyimpangan-penyimpangan, berlaku juga terhadap hal-hal yang dibicarakan dalam kitab ini.”  Subekti : Kedudukan KUHD terhadap KUHPerdata adalah sebagai hukum khusus terhadap hukum umum.

4 Lanjutan…  Sudiman Kartodiprojo : KUHD merupakan lex specialis terhadap KUHPerdata, dan KUHPerdata sebagai lex generalis terhadap KUHD.  Purwosutjipto : Secara historis, hukum dagang merupakan hukum perdata khusus bagi pedagang.

5  Pedagang adalah mereka yang melakukan perbuatan perniagaan sebagai pekerjaannya sehari-hari (pasal 2 KUHD lama).  Perbuatan perniagaan pada umumnya adalah perbuatan pembelian barang- barang untuk dijual kembali (pasal 3 KUHD lama).

6  Corpus iuris civilis+ kebiasaan  Koopmansrecht  Ordonance du commerce (1673)  Ordonance de la marine (1681)  1807 code de commerce – code civil  BW – Wetboek van Koophandel (WvK)

7 Pengaturan Hukum Dagang  KUHPerdata: - Buku I (subjek hukum : manusia dan badan hukum) hukum) - Buku III (perikatan)  KUHD terdiri dari 2 buku, tentang dagang umumnya & tentang hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang terbit dari pelayaran.

8  Peraturan Perundang-Undangan:  Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan;  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian;  Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1997 tentang Dokumen Perusahaan;  Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 jo Undang- Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan;  Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang;

9  Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri;  Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten;  Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek;  Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta;  Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara;  Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

10  Kebiasaan Digunakan apabila dalam peraturan perundang- undangan dan perjanjian tidak mengatur tentang sesuatu hal. Syarat: tidak bertentangan dengan UU dan kepatutan, diterima para pihak secara sukarela, terkait dengan hak dan kewajiban yang harus dipenuhi serta bersifat keperdataan.


Download ppt "Hukum Dagang Purwosutjipto :  Hukum perikatan yang timbul khusus dalam lapangan perusahaan. Achmad Ichsan :  Hukum yang mengatur masalah perdagangan/perniagaan,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google