Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BELAJAR FISIKA ITU MUDAH Artinya : Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari) طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BELAJAR FISIKA ITU MUDAH Artinya : Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari) طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى."— Transcript presentasi:

1

2 BELAJAR FISIKA ITU MUDAH Artinya : Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari) طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ

3 Apa yang dimaksud dengan fluida ? Fluida adalah zat yang bentuknya mudah berubah-ubah menurut tempatnya dan dapat mengalir. Zat yang tergolong dalam fluida adalah zat cair dan udara 1. Pengertian Fluida

4 Zat cair dan udara sangat berguna dalam kehidupan manusia sehari-hari terutama untuk memenuhi kebutuhan mendasar manusia seperti untuk bernafas,minum mencuci dan sebagainya. Dengan mempelajari sifat-sifat fluida,kita dapat memaksimalkan fungsi fluida,misalnya dispenser dan vacum cleaner. Pengertian Fluida

5 a. Fluida Sejati Dan Fluida Idial Secara umum fluida dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Fluida Sejati Sebenarnya fluida yang ada di sekitar kita adalah fluida yang tidak idial atau disebut juga dengan fluida sejati.

6 Sebenarnya fluida yang ada di sekitar kita adalah fluida yang tidak idial atau disebut juga dengan fluida sejati. Sifat fluida sejati adalah : 1.Volume atau massa jenisnya berubah ketika mendapat tekanan (compressible): 2.Gesekan antara fluida dengan dinding tempat fluida tidak diabaikan 3.Alirannya bersifat bergejolak (trubulen ) Sifat fluida sejati dipertimbangkan ketika kita mempelajari viscositas Fluida Sejati

7 Untuk mempermudah perumusan sifat fluida,kita menganggap fluida itu idial. Sifat fluida itu idial adalah : 1.T idak mengalami volume atau massa jenis akibat adanya tekanan (incompressible) 2. Tidak ada gesekan antara fluida dengan dinding tempat fluida. 3. Alirannya tidak bergejolak ( laminer ) Fluida Idial Untuk mempelajari fluida terlebih dahulu kita harus menguasai konsep tentang tekanan.

8 Apa yang dimaksud dengan tekanan ? Tekanan adalah gaya yang bekerja pada suatu benda tiap satu satuan penampang benda itu. Gaya yang dimaksud adalah gaya yang tegak lurus dengan permukaan benda. Sesuai dengan difinisi di atas, tekanan dapat ditulis dengan rumus: P = tekanan ( N/m2) F = gaya (N ) A = luas permukaan benda yang tegak lurus gaya ( m2) 2. Tekanan Fluida (Hidrostatik ) a. Penegertian Tekanan Untuk mempelajari fluida terlebih dahulu kita harus menguasai konsep tentang tekanan.

9 Satuan tekanan dalam sistim Internasional adalah : Istilah Pascal diambil dari nama seorang fisikawan dan matematikawan Perancis, Blaise Pascal ( 1623 – 1662 ) dalam pengembangan hukum dasar tentang zat cair. b. Satuan Tekanan

10 Menurut persamaan tekanan (P) berbanding terbalik dengan luas penampang (A). Semakin kecil luas penampang (A),semakin besar tekanan (P) Paku tajam mudah untuk ditanjapkan pada papan kayu. Ini karena luas penampang ujung paku tajam sangat kecil, sehingga tekanan yang dihasilkan paku tajam pada papan kayu sangat besat,walaupun gaya F yang diberikan tidak terlalu besar Tekanan Besar Semakin besar luas penampang (A),semakin kecil tekanan (P) Tekanan Kecil Dengan besar gaya F yang sama seperti yang diberikan pada paku tajam, paku tumpul akan lebih sulit ditanjapkan pada papan kayu. Ini karena luas penampang ujung paku tumpul lebih besar,sehingga tekanan P yang dihasilkan paku tumpul pada papan kayu lebih kecil.

11 Bagaimana menentukan besar tekanan fluida ? Rumus tekanan fluida Untuk nentukan besar tekanan fluida, tinjaulah bejana berbentuk kotak dengan luas penampang A = p x l. Bejana diisi zat air bermassa jenis ρ hingga ketinggian h Volume zat cair dalam bejana : V= p x l x h Sehingga massa jenis zat cair : h l p V = volume zat cair (m 3 ) m = massa zat cair (kg/m 3 ) ρ = massa jenis zat cair (kg/m 3 )

12 Gaya yang bekerja pada dasar bejana sama dengan berat cairan,yaitu : Sehingga tekanan zat cair atau disebut juga tekanan hidrostatik pada dasar bejana adalah : Persamaan P = ρ.g.h menyatakan bahwa tekanan hidrostatis (P) hanya tergantung mada massa jenis zat cair (ρ) dan kedalaman zat cair (h) P = ρ.g.h h l p Rumus tekanan fluida P = Tekanan zat cair (N/m 2 ) ρ = massa jenis zat cair (kg/m 3 ) g = percepatan gravitasi (m/s 2 ) h = kedalaman zat cair (m)

13 1.Seekor ikan berada pada kedalaman 15 meter di bawah permukaan air. Jika massa jenis air 1000 kg/m 3, percepatan gravitasi bumi 10 m/s 2 tentukan : tekanan hidrostatis yang dialami ikan 2. Jika sebongkah baatuan padagambar memberikan tekanan sebesar 5 x 104 Pa,tentukan massa bongkahan itu 3. Suatu titik A dan B berada dalam air, kedalaman titik A dan B daripermukaan masing-masing 10 cm dan 40 cm. Tentukan perbandingan tekanan hidrostatis di titik A dan B Latihan Soal :

14 Sifat Tekanan Fluida Dari contoh-contoh gambar di bawah ini, kesimpulan apa yang bisa kita dapatkan ? Tekanan fluida ke segala arah sama rata


Download ppt "BELAJAR FISIKA ITU MUDAH Artinya : Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari) طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google