Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

III. TEORI KONSUMEN Pendekatan Ordinal (Ordinal Utility Approach)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "III. TEORI KONSUMEN Pendekatan Ordinal (Ordinal Utility Approach)"— Transcript presentasi:

1 III. TEORI KONSUMEN Pendekatan Ordinal (Ordinal Utility Approach)

2 Pendekatan Kurva Indifference/Guna Ordinal (Ordinal Utility Approach) •Teori konsumen yang menyatakan bahwa keputusan konsumen tidak dapat diukur dengan uang tetapi hanya dapat diperbandingkan antara keputusan yang diperoleh dalam mengkonsumsi barang yang satu dengan konsumsi barang yang lain.

3 Kepuasan Maksimum Pendekatan Marginal Kepuasan Dapat Diukur Pendekatan Indiferen MRSxy = - PY/PX Kepuasan Tidak Dapat Diukur KENDALA ANGGARAN X.Px+ Y.Py= I Kemiringan Absolut Kepuasan = MRSxy Kemiringan Absolut Anggaran =

4 Asumsi yang digunakan: 1.Konsumen senantiasa bertindak rasional 2. Konsumen punya pola preferensi atas barang- barang yang akan dikonsumsi 3.Kepuasan Konsumen tidak dapat diukur dengan uang, tetapi hanya dapat diperbandingkan 4.Konsumen mempunyai penghasilan tertentu 5.Menurunnya Marginal Rate of Substitution (semakin berkurang jumlah barang Y yang konsumen bersedia melepaskan, untuk mendapat barang X)

5 Kurva Indifference Kurva yang yang menunjukkan berbagai kombinasi barang, yang akan memberikan kepuasan yang sama bagi konsumen (indifference)

6 Ciri-ciri : 1.Turun dari kiri atas ke kanan bawah. Implikasinya apabila konsumen ingin menambah konsumsi barang X harus mengurangi barang Y apabila kepuasannya yang diperoleh tetap sama. 2.Cembung ke arah titik origin. Hal ini disebabkan oleh adanya MRS (Marginal Rate of Substitution), yakni kesediaan konsumen untuk melepaskan satu satuan barang X untuk mendapatkan satu satuan barang Y dengan tingkat kepuasan yang sama. 3.Tidak saling berpotongan antara yang satu dgn yang lain, karena kurva indifference yang satu memberikan kepuasan yang berbeda dgn kepuasan pada kurva indifference yang lain.

7 Contoh IC XY Y X

8 Price Line/Price Opportunity Line Garis yang menunjukkan kombinasi barang yang dibeli berdasarkan pendapatan dan harga di pasar Garis Riil Harga

9 0 Y X

10 Perputaran dan Pergeseran Budget Line karena Perubahan Harga dan Pendapatan

11 Keseimbangan Konsumen Kepuasan maksimal, jika : Kurva indifference bersinggungan dengan Price Line /Garis Harga

12 Marginal Rate of Subtitution (MRS) Kurva indifference akan bersinggungan dengan garis anggaran apabila kemiringan (slope)-nya sama besar. Kemiringan kurva indifference adalah tingkat marginal pengganti dari barang X dengan barang Y (Marginal Rate of Subtitution X for Y atau MRS X for Y ). Oleh karena itu konsumen akan memperoleh kepuasan yang maksimum (keseimbangan konsumen) yang mengkonsumsi dua macam barang X dan Y apabila kemiringan kurva indifference sama dengan kemiringan garis anggaran.

13 Contoh soal 1.Kepuasan yang diperoleh seorang konsumen dari mengkonsumsi barang A dan barang B ditunjukkan oleh fungsi sebagai berikut: Apabila diketahui harga barang A(Pa) Rp.16,- per unit dan harga barang B(Pb) Rp.8.- per unit, tentukan jumlah barang A dan barang B yang harus ia konsumsi agar mendapatkan kepuasan maksimum. Tentukan pendekatan yang ditentukan dalam pengukuran kepuasan ini sesuai dengan teori konsumen


Download ppt "III. TEORI KONSUMEN Pendekatan Ordinal (Ordinal Utility Approach)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google