Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Entity Relationship Diagram Perancangan Basis Data Komposisi oleh Budi Prayitno November 2013 Batam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Entity Relationship Diagram Perancangan Basis Data Komposisi oleh Budi Prayitno November 2013 Batam."— Transcript presentasi:

1 Entity Relationship Diagram Perancangan Basis Data Komposisi oleh Budi Prayitno November 2013 Batam

2 Entity Set E–R Diagram adalah model konseptual yang merepresentasikan objek di dunia nyata berdasarkan Entity dan Relationship. Komponen utama pembentuk E–R Diagram adalah:  Entity  Relationship  Attribute  Link

3 Notasi E–R Diagram

4 Entity Entity merupakan individu yang nyata yang dapat dibedakan dari benda lain, contoh:  Mahasiswa  Dosen  Perusahaan  Pegawai  Negara  Produk

5 Entity Set Entity Set adalah sekelompok entity sejenis yang memiliki karakteristik yang sama. Entity biasanya direpresentasikan sebagai Row dalam Table pada Database. Entity Set biasanya direpresentasikan sebagai Table pada Database.

6 Entity Set NPMfirstnamelastnamebirthplacecountry CoreSoloSIDNEYAUSTRALIA AcerTravelmateBATAMINDONESIA WindowsSevenBANDUNGINDONESIA IntelInsideDUBLINIRELAND RedHatJAKARTAINDONESIA DellInspironJAKARTAINDONESIA AndroidKitKatBATAMINDONESIA

7 Attribute Attribute merupakan karakteristik dari Entity, contoh:  NPM pada Entity Mahasiswa  Tanggal Lahir pada Entity Mahasiswa  Warna pada Entity Produk  Manager pada Entity Pegawai Attribute biasanya direpresentasikan sebagai Column dalam Table pada Database. Domain adalah himpunan nilai yang diijinkan pada setiap Attribute.

8 Attribute

9 Jenis Attribute  Simple Attribute Simple Attribute bersifat atomik dan tidak dapat dipecah lagi. Contoh: nama depan.  Composite Attribute Composite Attribute dapat dipecah menjadi lebih dari satu Simple Attribute. Contoh: alamat.

10 Jenis Attribute  Single–Value Attribute Adalah Attribute yang hanya memiliki 1 nilai untuk setiap Entity. Contoh: tanggal lahir.  Multi–Value Attribute Adalah Attribute yang dapat memiliki lebih dari 1 nilai untuk setiap Entity. Contoh: kewarganegaraan.

11 Jenis Attribute  Derived Merupakan Attribute yang diturunkan dari Attribute lain atau merupakan hasil pemrosesan. Contoh: nilai ujian.

12 Jenis Attribute  Mandatory Attribute Adalah Attribute yang harus memiliki nilai. Contoh: NPM.  Non–Mandatory/Optional Attribute Adalah Attribute yang boleh tidak memiliki nilai. Contoh: hobi.

13 Key Key adalah Attribute atau gabungan Attribute yang dapat menjadi identitas dari sebuah Entity.  Super Key Satu atau lebih Attribute yang dapat membedakan Entity satu dengan lainnya dalam Entity Set.  Candidate Key Kumpulan Attribute minimal yang dapat membedakan satu Entity dari Entity lain dalam Entity Set  Primary Key Satu dari Candidate Key yang dapat mengidentifikasi sebuah Entity secara unik

14 Key

15 Relationship Relationship menunjukkan hubungan antar Entity.

16 Relationship

17 Ternary Relationship

18 Relationship Cardinality Relationship Cardinality dibedakan menjadi:  One to One  One to Many  Many to Many

19 Relationship Cardinality


Download ppt "Entity Relationship Diagram Perancangan Basis Data Komposisi oleh Budi Prayitno November 2013 Batam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google