Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRAKTEK PERANGKAT KERAS KELOMPOK 16 MASKAR: 211 280 074 NURLAILAH.R: 211 280 079.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRAKTEK PERANGKAT KERAS KELOMPOK 16 MASKAR: 211 280 074 NURLAILAH.R: 211 280 079."— Transcript presentasi:

1 PRAKTEK PERANGKAT KERAS KELOMPOK 16 MASKAR: NURLAILAH.R:

2 RESET PASSWORD BIOS Cara Reset Password BIOS PC / Komputer Reset CMOS atau juga biasa di kenal dengan Reset BIOS adalah mengembalikan setting BIOS menjadi settingan default atau settingan pabrik sehingga segala perubahan settingan pada BIOS akan hilang termasuk pula Password ketika hendak masuk ke BIOS. Untuk Cara Reset BIOS pada Komputer PC sebenarnya jangan dianggap sepele, karena komputer bisa menjadi rusak parah karena terlalu menganggap remeh.

3 CARA-CARA YANG BIASA DILAKUKAN UNTUK ME- RESET BIOS KOMPUTER / RESET CMOS KOMPUTER, YAITU : Melepas Batery MotherBoard

4 1. Cabut Kabel Listrik dari Power Supply 2. Kemudian Buka Cassing Komputer PC 3. Lihat di Motherboard PC ada baterai biasanya berbetuk bulat, kalau sudah ketemu lalu lepaskan baterai tersebut dari motherboard PC 4. Tunggu kurang lebih 5 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut ke tempat semula. 5. Pasang kembali cassing komputer 6. Lalu colokkan listrik ke power suplly dan komputer siap dinyalakan kembali Setelah melakukan langkah-langkah yang tadi dengan benar, maka Me-Reset Password BIOS Komputer sudah selesai, dan silahkan di cek apakah Password BIOS nya sudah hilang.

5 Memindahkan Posisi JUMPER CMOS / Jumper BIOS

6 LAGKAH-LANGKAH ME-RESET PASSWORD BIOS DENGAN MEMINDAHKAN JUMPER CMOS : 1.Pastikan anda telah mencabut Kabel Listrik dari Power Supply kemudian Lepas Cassing Kompuyer/PC Anda 2.Cari jumper yang bertuliskan CLR CMOS atau bisa juga hanya CCMOS. Jumper CMOS ini terdiri dari dua jenis, yaitu jumper dengan 3 pin dan jumper dengan 2 pin. 3.Untuk yang tipe jumper 3 pin, pada awalnya jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Jika ingin mereset BIOS/CMOS maka Anda harus memindahkan posisi jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi.

7 Setelah itu diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi. Untuk Tipe Jumper 2 pin, maka anda harus mempunyai jumper sendiri untuk menjumper ke-2 pin tersebut. 4.Tunggu kurang lebih 5 menit 5.Untuk Tipe jumper 3 PIN, pindahkan posisi jumper ke posisi semula. Untuk Jumper 2 PIN. lepas jumper dari pin tersebut. 6.Pasang kembali cassing dan colokka listrik ke power supply 7.Maka komputer siap untuk dinyalakan

8 CARA RESET PASSWORD BIOS LAPTOP Pada dasarnya untuk melakukan reset bios laptop sama saja dengan reset bios pada komputer yaitu dengan melepas baterai motherboard laptop namun tentunya hal itu memerlukan keahlian khusus karena untuk membuka penutup laptop / cassing laptop bukanlah hal yang mudah. Untuk hal ini maka di sarankan anda menggunakan reset bios menggunakan software reset bios atau software clear CMOS.

9 A. KOMPUTER / LAPTOP MASIH BISA NYALA DAN MENJALANKAN WINDOWS Kalau komputer masih bisa nyala dan dapat menjalankan windows secara normal, maka bisa gunakan CMOS De Animator. Untuk melakukan reset bios dengan menggunakan CMOS De-Animator laptop harus masih bisa dinyalakan dalam artian masih bisa masuk ke windows. 1.Download CMOS De-Animator ukurannya sangat kecil hanya 206 KB, 2.lalu jalankan pilih Bytes to Operated With, 3. pada Action to perform pilih Clear CMOS lalu klik Procces. 4. Restart laptop anda maka password bios telah hilang.

10

11 B. KOMPUTER/LAPTOP TIDAK BISA MASUK KE WINDOWS Kalau komputer sudah tidak bisa lagi masuk ke Windows maka harus menggunakan PC CMOS Cleaner. Dengan PC CMOS Cleaner dapat me-reset bios laptop dan juga PC untuk Semua type BIOS seperti AWARD, AMI, Compaq, DTK, Thinkpad, Sony, Toshiba, Compaq, Phoenix, Samsung, IBM. Software PC CMOS Cleaner ini sifatnya bootable jadi setelah nanti mendownload maka burning ke CD lalu jalankan PC CMOS Cleaner melalui CD tersebut.

12

13 MERESET PASSWORD BIOS TANPA MEMBUKA CMOSNYA 1.Pastikan dulu computer atau laptop anda sudah terinstall OS, missal windows XP 2.Nyalakan computer, setelah proses POST selesai, tekan tombol F8 untuk mengakses windows advance optionmenu, pilih yang “safe mode with command prompt” seperti di bawah ini :

14 3. Setelah masuk di safe mode, kemudian ketik DEBUG tekan enter. 4. Dan anda akan melihat tanpa kurang/mines (-) pada DEBUG prompt. 5. Kemudian ketik “0 70 2e” tanpa tanda titik 6. Setelah itu DEBUG prompt akan menampilkan seperti e Tekan enter, 7. Kemudian tekan “0 71 ff” > enter 8. Kemudian tekan Q pada keyboard and (perintah keluar dari debug prompt) 9. Kemudian restarst computer atau laptop anda coba masuk kembali ke BIOS.

15 Berikut ini kode-kode yang di tekan pada cmd: Untuk AMI/AWARD BIOS O O Q Untuk PHOENIX BIOS O 70 FF O Q GENERIK berlaku untuk semua mother board AT (board XT tidak punya CMOS) O 70 2E O 71 FF Q Keterangan: Karakter pertama adalah huruf O bukan angka 0. Setelah melakukan perintah – perintah diatas, restar computer untuk melihat hasilnya.

16 CARA MENEMUKAN BACKDOOR PASSWORD BIOS DI LAPTOP Seperti Pada contoh Kasus berikut yakni laptop Fujitsu lifebook yang rencananya akan diformat (install ulang), masalah yang ditemui ketika ingin mengubah settingan hdd dari mode AHCI ke mode IDE agar windows xp yang akan di install bisa mendeteksi harddisknya. Pada bios terdapat password, cara mereset password biosnya dengan cara mencabut batere cmosnya tidak bisa menghapus password untuk masuk ke BIOSnya, begitu juga dengan jumper reset cmosnya, yang tereset hanya tanggalnya saja (system date).

17 Biasanya kita diberi kesempatan tiga kali untuk memasukkan kode untuk passwordnya, setelah tiga kali salah, maka otomatis laptop akan terkunci, dan biasanya akan ditampilkan juga kode berupa angka dan hurup, nah angka dan hurup ini ternyata berisi backdoor atau kode untuk dapat masuk ke biosnya (master password).

18 Berikut tabel kode error yang ditampilkan oleh masing2 merek laptop:

19

20 LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENAMPILKAN KODE BACKDOOR SEBELUM DAPAT DICRACK DENGAN SCRIPS YANG SUDAH DISEDIAKAN: Hidupkan laptopnya dan kemudian cobalah untuk memasukkan password 3x: 1.Untuk password pertama masukkan kode: 3hqgo3 2.Untuk password kedua masukkanlah kode: jqw534 3.Untuk password ketiga masukkan kode: 0qww294e 4.Nah setelah tiga x kita memasukkan passwordnya tentunya laptopnya akan otomatis terkunci dan menampilkan kode/hash/serial seperti pada tabel diatas.

21 5.Kemudian cobalah crack dengan menggunakan scripts yang sudah disediakan. download file untuk windows binary, ekstrak dan jalankan. 6.Setelah kode master password berhasil dicrack, cobalah gunakan untuk masuk ke biosnya!.

22 jika Malas untuk mendownload dan menjalankan filenya, silahkan buka link Cukup masukkan kode error yang muncul kemudian klik tombol “Get password”, maka backdoor password biosnya akan langsung ditampilkan.www.bios-pw.org

23  Untuk Backdoor password BIOS laptop SONY yang kita perlukan adalah 7 angka Nomor Serialnya (Stiker dibawah laptopnya).  Untuk Backdoor password BIOS Dell yang kita perlukan adalah Service Tagnya. Contoh: B atau D35b atau A95B atau 2A7B. Cara ini sangat berguna apabila kita menghadapi laptop yang begitu dihidupkan langsung disodorin password dulu sebelum proses booting dimulai.

24 TERIMAH KASIH


Download ppt "PRAKTEK PERANGKAT KERAS KELOMPOK 16 MASKAR: 211 280 074 NURLAILAH.R: 211 280 079."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google