Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FISIKA 1 Fisika  Ilmu berkaitan dengan fisik, perilaku dan struktur benda. Fisika  ilmu pengetahuan yang paling mendasar. Dibagi mejadi: • Gerak • Fluida.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FISIKA 1 Fisika  Ilmu berkaitan dengan fisik, perilaku dan struktur benda. Fisika  ilmu pengetahuan yang paling mendasar. Dibagi mejadi: • Gerak • Fluida."— Transcript presentasi:

1 FISIKA 1 Fisika  Ilmu berkaitan dengan fisik, perilaku dan struktur benda. Fisika  ilmu pengetahuan yang paling mendasar. Dibagi mejadi: • Gerak • Fluida • Panas • Suara • Cahaya • Listrik & Magnet • sampai pada nuklir dan luar angkasa (jagad raya) dan lain-lain.

2 Fisika dengan bidang lain Fisika dengan seni  Seni musik : memadukan susunan irama /nada-nada tersusun, dengan kata lain pengaturan suara dari alat musik diatur/dirancang dari konsep fisika.  Tata cahaya pun diatur dengan pehitungan fisika  Seni arsitektur, yaitu menampilkan desain keindahan struktur dengan perhitungan keseimbangan, aliran dan tata udara serta cahaya dan lainnya.

3  Ilmu biologi dan kedokteran, untuk kepentingan menelaah makhluk/benda hidup yang menggunakan alat dengan perkembangan teknologi fisika’

4 MODEL, TEORI dan HUKUM’ Model, merupakan analogi atau bayangan mengenai fenomena yang bersangkutan dipandang dari hal yang sudah akrab dengan kita. Model ditunjukkan untuk memberi gambaran pendekatan ketika tidak bisa melihat langsung apa yangg terjadi, sebagai contoh: model gerhana matahari, model gelombang air untuk menunjukan gelombang cahaya atau bunyi sebagaimana yang dilihat.

5 TEORI, lebih luas, lebih rinci dan dapat memberikan prediksi serta dapat diuji secara kuantitatif seringkali dengan ketepatan tinggi dari hasil ekserimen dengan model yang telah dirancang. Hukum, istilah tersebut untuk pernyataan-pernyataan yang singkat tetapi bersifat umum mengenai perilaku alam yang merupakan suatu ketetapan misalnya pernyataan energi itu kekal dan berbentuk suatu hubungan persamaan antar besaran. ( F = m.a )

6 Pengukuran dan Ketidakpastian Dalam sebuah penelitian khususnya yang memerlukan pengukuran untuk memahami keadaan yang ada di alam ini, para ilmuan mencari hubungan antara berbagai besaran fisika yang diteliti dan ukurannya. CONTOH: Gaya diberikanLaju atau pecepatan Setiap pengukuran memiliki ketidakpastian karena kesalahan dalam pembacaan atau keterbatasan alat ukur yang digunakan. Kesalahan pembacaan’ Mengukur rambut dengan alat ukur biasa dan yang diukur pun memiliki beragam ukuran dan kondisi.

7 MENYATAKAN KETIDAKPASTIAN Panjang sebenarnya diantara 5,1 s/d 5,3cm Maka persentase ketidakpastiannya adalah [(0,1)/(5,2)]x100% = 1,9% Tinggi gelobang’ yang relatif, maka diambil angka rata-rata. [( )]/3 = 2,33 Lalu, bagaimana pengambilan angka dari alat yang presisi dengan menunjukkan angka desimal yang sangat akurat..? Contoh: 0,192307

8 Satuan, Standard dan Sistem SI Satuan adalah dasar dari basaran yang dapat dikombinasikan untuk mendapatkan nilai/hasil pengukuran besaran lainnya. Jarak dalam Kilometer (Km) Waktu dalam Jam Kecepatan Kilometer / Jam’ Standar, atau lengkapnya standar teknis, adalah suatu norma atau persyaratan yang biasanya berupa suatu dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa atau teknis yang seragam. normadokumen Panjang Waktu Kalibrasi meter detik 0 (nol) Melahirkan konversi


Download ppt "FISIKA 1 Fisika  Ilmu berkaitan dengan fisik, perilaku dan struktur benda. Fisika  ilmu pengetahuan yang paling mendasar. Dibagi mejadi: • Gerak • Fluida."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google