Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kinerja Kesalahan Sistem Biner. Bit Error Rate & Probability of Error  Bit error rate = perbandingan antara jumlah bit yang error yang tiba di penerima.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kinerja Kesalahan Sistem Biner. Bit Error Rate & Probability of Error  Bit error rate = perbandingan antara jumlah bit yang error yang tiba di penerima."— Transcript presentasi:

1 Kinerja Kesalahan Sistem Biner

2 Bit Error Rate & Probability of Error  Bit error rate = perbandingan antara jumlah bit yang error yang tiba di penerima terhadap jumlah total bit yang dikirim  Contoh sinyal yang dikirim:

3 lanjutan  Contoh sinyal yang tiba di penerima, setelah pengaruh noise  Receiver dapat salah mengartikan sinyal yang dikirim

4 Probabilitas Kesalahan Bit untuk BPSK  Modulasi digital diukur kinerjanya berdasarkan probabilitas kesalahannya (probability of error, P E )  Pengukuran kinerja ini merupakan ukuran probabilitas bahwa untuk vektor transmitted signal tertentu, misalnya s 1, akan terdapat derau n yang mengakibatkan sinyal terima jatuh di luar daerah keputusan s 1  Jadi probability of symbol error (P E ) adalah probabilitas sebuah detektor mengambil keputusan yang salah

5 lanjutan  Kadang lebih memudahkan untuk menyatakan kinerja sistem dengan probabilitas kesalahan bit (probability of bit error, P B )  Untuk BPSK, probabilitas kesalahan simbol = probabilitas kesalahan bit  Ingat kembali untuk BPSK: (1.a) (1.b)

6 lanjutan  Sehingga:  Ingat kembali untuk BPSK: (2) (3a) (3b)  Ingat bahwa detektor akan mengambil keputusan berdasarkan output terbesar dari korelator  Ada dua kemungkinan kesalahan:  Sinyal yang dikirim s 1 tapi karena ada derau, detektor memutuskan sinyal yang dikirim adalah s 2  Sinyal yang dikirim s 2 tapi karena ada derau, detektor memutuskan sinyal yang dikirim adalah s 1

7 lanjutan  Untuk sinyal BPSK, (4)  Bentuk complementary error function Q(X) dituliskan sebagai: (5)  Menggunakan persamaan (5), maka persamaan (4) dapat dituliskan sebagai (6)

8 Contoh  Hitung probabilitas kesalahan bit untuk sistem BPSK dengan laju bit 1 Mbps. Sinyal terima s 1 (t) = A cos  0 t dan s 2 (t) = -A cos  0 t dideteksi secara koheren menggunakan matched filter. Nilai A = 10 mV. Asumsikan N 0 = W/Hz dan energi per bit dinormalisasikan relatif terhadap beban 1 .

9 Probabilitas Kesalahan Bit untuk BFSK  Untuk sinyal ortogonal seperti BFSK, probilitas kesalahan bit dapat dituliskan (7)

10 Probability of Bit Error Ideal  Kurva probabilitas kesalahan bit terhadap E b /N 0 umumnya berbentuk air terjun seperti pada Gambar 1. Gambar 1. Kurva P B versus E b /N 0 ideal

11 lanjutan  Bagaimana bentuk ideal kurva P B vs E b /N 0?  Pada Gambar 1 tampak karakteristik ideal yang disebut Shannon Limit  Limit ini menyatakan batas E b /N 0 ; di bawah batas tersebut, komunikasi yang handal tidak mungkin terjadi.  Untuk semua nilai E b /N 0 di atas Shannon limit, P B = 0.  Bila E b /N 0 turun di bawah Shannon Limit, P B memburuk hingga mencapai nilai terburuk = 1/2

12 BER vs E b /N 0 untuk berbagai modulasi


Download ppt "Kinerja Kesalahan Sistem Biner. Bit Error Rate & Probability of Error  Bit error rate = perbandingan antara jumlah bit yang error yang tiba di penerima."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google