Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SMA Negeri 1 BONE-BONE KAB.LUWU UTARA MIHRAWATI, S.Pd NIP: 19710921 199802 2 005 T. A. 2009/2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SMA Negeri 1 BONE-BONE KAB.LUWU UTARA MIHRAWATI, S.Pd NIP: 19710921 199802 2 005 T. A. 2009/2010."— Transcript presentasi:

1

2 SMA Negeri 1 BONE-BONE KAB.LUWU UTARA MIHRAWATI, S.Pd NIP: T. A. 2009/2010

3 SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA SSTANDAR KOMPETENSI 3.Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya saling temas. KKOMPETENSI DASAR 3.3.Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan. IINDIKATOR....

4 • INDIKATOR Menjelaskan cara menguji kandungan zat makanan berupa protein, lemak, glukosa, amilum Menjelaskan bahan-bahan yang diperlukan dalam makanan Menjelaskan kategori makanan yang sehat dan menu yang seimbang Menjelaskan struktur dan fungsi alat pencernaan makanan manusia Menjelaskan proses pencernaan makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses pencernaan makanan hewan ruminansia Membedakan sistem pencernaan makanan manusia dan hewan ruminansia Menjelaskan berbagai penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia Mengidentifikasi cara menghindari atau merehabilitasi penyakit atau gangguan pada sistem pencernaan.

5 MATERI PEMBELAJARAN  Uji makanan bertujuan untuk menguji kandungan Nutrisi pada bahan makanan tersebut. Terdiri atas uji amilum,uji glukosa,uji protein,uji lemak, dan uji vit C.  Bahan-bahan yang diperlukan dalam makanan terdiri dari Karbohidrat, protein, lemak, vit dan mineral, dan air.  Kategori menu sehat dan seimbang adalah 4 sehat 5 sempurna : karbohidrat, lemak, protein, vit, mineral dan air serta susu.  Alat-alat pencernaan makanan manusia terdiri dari : mulut, esofagus, lambung, intestinum, pankreas dan kolom.

6 MATERI PEMBELAJARAN  Organ yang menyusun saluran pencernaan makanan manusia adalah mulut,kerongkongan,lambung,pankreas,usus 12 jari, u sus halus, usus besar, dan rektum Struktur lambung terdiri atas 3 bagian yaitu : Kardiak (bag. Atas),Fundus (bag. Tengah)dan Pilorus (bag. Bawah). Fungsi lambung adalah proses pencernaan secara mekanik dengan gerak lambung dan proses pencernaan secara kimiawi dengan bantuan HCL, enzim renin dan pepsinogen.

7 MATERI PEMBELAJARAN (Lanjutan.....)  Proses pencernaan makanan manusia meliputi pencernaan Karbohidrat, Protein dan Lemak.  Proses pencernaan makanan hewan ruminansia hampir sama pada manusia.  Struktur pencernaan sapi yang meliputi bentuk dan susunan gigi serta lambung sapi yang terdiri atas rumen, retikulum,omasum dan abomasum.  Berbagai penyakit pada sistem pencernaan makanan manusia seperti Kolik, Malabsorpsi, Malnutrisi, keracunan makanan, Konstipasi, Peritonitis, dll  Cara menghindari berbagai macam penyakit atau gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia.  Memilih makanan yang sehat dan bergizi serta higeenis dan Olah raga yang teratur.

8 SALURAN PENCERNAAN DAN KELENJAR PENCERNAAN

9

10

11 LAMBUNG

12 PAKET DISKUSI 1. Menjelaskan struktur saluran pencernaan makanan pada manusia. 2. Menjelaskan fungsi struktur dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan 3. Menjelaskan struktur saluran dan kelenjar pencernaan hewan ruminansia. SOAL URAIAN 1.Tuliskan alat-alat pencernaan makanan pada manusia ! 2.Jelaskan struktur dan fungsi lambung manusia ! 3.Tuliskan perbedaan pencernaan secara kimiawi dan secara mekanik ! 4. Jelaskan struktur saluran dan kelenjar pencernaan hewan ruminansia. 5. Lengkapi bagian-bagian dari organ berikut ini !

13

14 Jawaban  1. Organ yang menyusun saluran pencernaan makanan manusia adalah mulut,kerongkongan,lambung,pankreas,usus 12 jari, u sus halus, usus besar, dan rektum 2. Struktur lambung terdiri atas 3 bagian yaitu : Kardiak (bag. Atas),Fundus (bag. Tengah)dan Pilorus (bag. Bawah). Fungsi lambung adalah proses pencernaan secara mekanik dengan gerak lambung dan proses pencernaan secara kimiawi dengan bantuan HCL, enzim renin dan pepsinogen.

15 Jawaban 3. Perbedaan pencernaan secara mekanik dan secara kimiawi adalah :  Secara mekanik dengan bantuan gigi dan gerak memeras lambung,letaknya di mulut dan lambung.  Secara kimiawi dengan bantuan enzim pencernaan,letaknya di mulut,lambung,usus halus,pankreas. 4. Organ yang menyusun saluran pencernaan hewan ruminansia dengan manusia hampir sama. Yang beda hanya struktur lambung ruminansia terdiri atas 4 bagian yaitu rumen,retikulum,omasum dan abomasum.Pada manusia,lambungnya hanya 1 bagian saja. Kelenjar pencernaan ruminansia mampu mencerna selulosa.

16 Soal-soal formatif 1. Yang termasuk uji makanan yang benar di bawah ini adalah : a. Uji amilum dan glikolipid b. Uji glukosa dan asam nukleat c. Uji protein dan glikogen d. Uji lemak dan uji vit C. 2. Alat-alat pencernaan makanan manusia terdiri : a. Mulut, esofagus, lambung, intestinum, pankreas dan kolom. b. Mulut,esofagus,lambung,pankreas dan kolom. c. Mulut,lambung,intestinum. d. Mulut, esofagus, lambung, intestinum,

17 Soal-soal formatif (lanjutan...) 3. Perbedaan pencernaan secara mekanik dan secara kimiawi yang benar adalah : a. Secara mekanik dengan bantuan gigi dan dan secara kimiawi dengan gerak memeras lambung. b. Secara mekanik terjadi di mulut dan dan kimiawi terjadi mulut dan lambung. c. Secara kimiawi dengan bantuan enzim pencernaan dan secara mekanik dengan enzim renin. d. Secara kimiawi dengan bantuan gigi dan secara mekanik dengan enzim renin.

18 4. Lambung hewan ruminansia terdiri atas : a. Rumen,omasum dan abomasum. b. Rumen,retikulum,omasum c. Retikulum,omasum dan abomasum. d.Rumen,retikulum,omasum dan abomasum.

19 “SELAMAT BEKERJA”  Cocokkan jawaban anda dengan kunci jawaban tes formatif yang terdapat dibagian akhir modul ini. Hitunglah jawaban anda yang benar, kemudian gunakan rumus dibawah ini untuk mengetahui tingkat penguasaan anda terhadap materi KD 3.3 Rumus : Tingkat Penguasaan : Jumlah jawaban benar x 100 % 4  Arti tingkat penguasaan yang anda capai :  90 % %: Baik sekali  80 % - 89 %: Baik  70 % - 79 %: Cukup  <70 %: Kurang  Apabila tingkat penguasaan anda mencapai 80 % ke atas, anda dapat meneruskan dan jika di bawah 80 %, anda harus mengulang belajar anda terutama bagian yang belum anda kuasai.

20 KUNCI JAWABAN TES FORMATIF  1. d. Uji lemak dan uji vit C. 2. b. Mulut, esofagus, lambung, intestinum, pankreas dan kolom. 3. b. Secara mekanik terjadi di mulut dan dan kimiawi terjadi mulut dan lambung. 4. d. Rumen,retikulum,omasum dan abomasum.


Download ppt "SMA Negeri 1 BONE-BONE KAB.LUWU UTARA MIHRAWATI, S.Pd NIP: 19710921 199802 2 005 T. A. 2009/2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google