Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CANGKOK  Keuntungan : 1. Sifat2 tanaman yg tumbuh sama dengan induknya 2. Cepat menghasilkan buah  Kerugian : 1. Pohon induk sering rusak karena diambil.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CANGKOK  Keuntungan : 1. Sifat2 tanaman yg tumbuh sama dengan induknya 2. Cepat menghasilkan buah  Kerugian : 1. Pohon induk sering rusak karena diambil."— Transcript presentasi:

1 CANGKOK  Keuntungan : 1. Sifat2 tanaman yg tumbuh sama dengan induknya 2. Cepat menghasilkan buah  Kerugian : 1. Pohon induk sering rusak karena diambil cabangnya yang baik-baik saja baik-baik saja 2. Jumlah cabang yg dapat dicangkok terbatas, sehingga tidak 2. Jumlah cabang yg dapat dicangkok terbatas, sehingga tidak dapat dilaksanakan secara massal dapat dilaksanakan secara massal 3. Membutuhkan ketrampilan khusus 3. Membutuhkan ketrampilan khusus  Hal-hal yang perlu diperhatikan : - Waktu mencangkok  musim hujan - Waktu mencangkok  musim hujan - Pemilihan batang cangkokan : umur pohon induk, sehat, - Pemilihan batang cangkokan : umur pohon induk, sehat, unggul, telah berbuah, ukuran batang unggul, telah berbuah, ukuran batang - Pengerjaannya harus teliti - Pengerjaannya harus teliti - Pemeliharaan harus intensif - Pemeliharaan harus intensif

2 •Cara melakukan pencangkokan  Kulit sekeliling cabang disayat/dikupas dan dikerat, lebar antara 2 keratan bervariasi 2-10 cm, bagian cabang yang antara 2 keratan bervariasi 2-10 cm, bagian cabang yang dikerat adalah di bawah kuncup daun dikerat adalah di bawah kuncup daun  Kulit dan keratan diangkat sampai terlihat kambium, bagian kambium harus dibuang dg cara dikerik dengan pisau kambium harus dibuang dg cara dikerik dengan pisau perlahan-lahan, jangan sampai luka kayunya, dan kemudian perlahan-lahan, jangan sampai luka kayunya, dan kemudian digosok sampai kayu kering dan terasa tidak licin digosok sampai kayu kering dan terasa tidak licin  Dikeringanginkan 0-10 hari  Bagian yang sudah terbuka tersebut diberi media (campuran tanah + kompos) dan dibungkus dengan sabut kelapa, ijuk, tanah + kompos) dan dibungkus dengan sabut kelapa, ijuk, plastik, tabung bambu dll. plastik, tabung bambu dll.  Penyiraman dilakukan selama tidak ada hujan  Akar cangkokan mulai tumbuh 1 – 3 bulan (tergantung jenis tanaman), setelah tumbuh akarnya kemudian dipotong dan tanaman), setelah tumbuh akarnya kemudian dipotong dan dipindahkan ke media di dalam kontainer/wadah. dipindahkan ke media di dalam kontainer/wadah.

3 TEKNIK/CARA MENCANGKOK

4

5

6 CANGKOK ULIN

7

8 Okulasi • Persyaratan bahan okulasi (mata tunas) yang akan diokulasi berasal dari tanaman induk yang sehat dan tua, dan produktif. •Sedangkan sebagai batang bawah adalah bibit asal biji yang pertumbuhannya sempurna. Bibit yang telah berumur 6-12 bulan

9 Cara Okulasi •Kulit batang bawah disayat, tepat di atas matanya. Dipilih mata tunas yang berjarak cm dari permukaan tanah. •Sayatan dibuat melintang, kulit dikupas ke bawah sepanjang 2-3 cm sehingga mirip lidah. •Kulit yang mirip lidah dipotong menjadi 2/3-nya. •Sisipan “mata” yang diambil dari pohon induk untuk batang atas (disayat dibentuk perisai) diantara kulit. Setelah selesai dilakukan okulasi, 2 minggu kemudian di periksa apakah perisai mata tunas berwarna hijau atau tidak. Bila berwarna hijau, berarti okulasi berhasil, jika coklat, berarti okulasi gagal.

10

11 Okulasi Jati Laboratorium Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB Klon No. 007

12 Sambungan pada tanaman eucalypthus


Download ppt "CANGKOK  Keuntungan : 1. Sifat2 tanaman yg tumbuh sama dengan induknya 2. Cepat menghasilkan buah  Kerugian : 1. Pohon induk sering rusak karena diambil."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google