Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KACANG TANAH (Vigna sinensis) SYARAT PERTUMBUHAN Kacang Panjang tumbuh baik pada tanah Latosol / lempung berpasir, subur, gembur, banyak mengandung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KACANG TANAH (Vigna sinensis) SYARAT PERTUMBUHAN Kacang Panjang tumbuh baik pada tanah Latosol / lempung berpasir, subur, gembur, banyak mengandung."— Transcript presentasi:

1

2

3 KACANG TANAH (Vigna sinensis)

4 SYARAT PERTUMBUHAN Kacang Panjang tumbuh baik pada tanah Latosol / lempung berpasir, subur, gembur, banyak mengandung bahan organik dan drainasenya baik, pH sekitar 5,5-6,5. Suhu antara derajat Celcius, iklimnya kering, curah hujan antara mm/tahun dan ketinggian optimum kurang dari 800 m dpl.

5 PEMBIBITAN Benih kacang panjang yang baik dan bermutu adalah sebagai berikut: 1. penampilan bernas/kusam 2. daya kecambah tinggi di atas 85% 3. tidak rusak/cacat 4. tidak mengandung wabah hama dan penyakit. Keperluan benih Benih tidak perlu disemaikan secara khusus, tetapi benih langsung tanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan. untuk 1 hektar antara kg.

6 PENGOLAHAN MEDIA TANAM 1. Meberrsihkan lahan dari rumput-rumput liar 2. Mencangkul/dibajak hingga tanah menjadi gembur. 3. Membuat bedengan dengan ukuran lebar cm, jarak antara bedengan 30 cm, tinggi 30 cm, panjang tergantung lahan. 4. Untuk sistem guludan lebar dasar cm dan lebar atas cm, tinggi 30 cm dan jarak antara guludan cm

7 TEKNIK PENANAMAN 1. Jarak lubang tanam untuk tipe merambat adalah 20 x 50 cm, 40 x 60 cm, 30 x 40 cm. Dan jarak tanam tipe tegak adalah 20 x 40 cm dan 30 x 60 cm. 2. Waktu tanam yang baik adalah awal musim kemarau/awal musim penghujan, tetapi dapat saja sepanjang musim asal air tanahnya memadai 3. Memasukkan ke dalam lubang tanam sebanyak 2 biji, tutup dengan tanah tipis/dengan abu dapur. 4. Memasang bambu atau kayu sebagai tempat merambat untuk tipe tanam tegak.

8

9 PENYULAMAN Benih kacang panjang akan tumbuh 3-5 hari setelah tanam. Benih yang tidak tumbuh harus segera disulam. Penyulaman dilakukan seperti penyulaman tanaman jenis lain pada umumnya.

10 PEMANGKASAN / PEREMPELAN Kacang panjang yang terlalu rimbun perlu diadakan pemangkasan daun maupun ujung batang. Daun muda pada tanaman kacang panjang dapat dikonsumsi untuk sayuran.

11 PEMUPUKAN DAN PENGAIRAN UreaSP-36KCL Waktu Dasar50 kg/ha75kg/ha25kg/ha 45 hari50kg/ha25kg/ha75kg/ha Pengairan dilakukan Pada fase awal pertumbuhan benih hingga tanaman muda, penyiraman dilakukan rutin setiap hari. Pengairan berikutnya tergantung musim.

12 PENGELOLAAN HAMA & PENYAKIT TANAMAN 1.Lalat kacang (Ophiomya phaseoli Tryon) Gejala: terdapat bintik-bintik putih sekitar tulang daun, pertumbuhan tanaman yang terserang terhambat dan daun berwarna kekuningan, pangkal batang terjadi perakaran sekunder dan membengkak. 2.Kutu daun (Aphis cracivora Koch) Gejala: pertumbuhan terlambat karena hama mengisap cairan sel tanaman dan penurunan hasil panen. Kutu bergerombol di pucuk tanaman dan berperan sebagai vektor virus. 3.Ulat grayak (Spodoptera litura F.) Gejala: daun berlubang dengan ukuran tidak pasti, serangan berat di musim kemarau, juga menyerang polong. 4.Penggerek biji (Callosobruchus maculatus L) Gejala: biji dirusak berlubang-lubang, hancur sampai 90%. Pengendalian: dengan membersihkan dan memusnahkan sisa-sisa tanaman tempat persembunyian hama. 5.Ulat bunga ( Maruca testualis) Gejala: larva menyerang bunga yang sedang membuka, kemudian memakan polong.

13 Contoh hama yang menyerang tanaman kacang panjang

14 PANEN DAN PASCA PANEN KACANG PANJANG - Ciri-ciri polong siap dipanen adalah ukuran polong telah maksimal, mudah dipatahkan dan biji-bijinya di dalam polong tidak menonjol - Waktu panen yang paling baik pada pagi/sore hari. Umur tanaman siap panen 3,5-4 bulan - Cara panen pada tanaman kacang panjang tipe merambat dengan memotong tangkai buah dengan pisau tajam. - Selepas panen, polong kacang panjang dikumpulkan di tempat penampungan, lalu disortasi

15

16


Download ppt "KACANG TANAH (Vigna sinensis) SYARAT PERTUMBUHAN Kacang Panjang tumbuh baik pada tanah Latosol / lempung berpasir, subur, gembur, banyak mengandung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google