Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosis Pupuk KIMIA Semakin TINGGI Kandungan BAHAN ORGANIK dalam tanah Terus MENURUN 0105 5 10 Th.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosis Pupuk KIMIA Semakin TINGGI Kandungan BAHAN ORGANIK dalam tanah Terus MENURUN 0105 5 10 Th."— Transcript presentasi:

1 Dosis Pupuk KIMIA Semakin TINGGI Kandungan BAHAN ORGANIK dalam tanah Terus MENURUN Th

2 Efek Samping Menggunakan pupuk kimia secara terus menerus, telah menyebabkan penurunan tingkat kesuburan lahan pertanian – Populasi mikroorganisme tanah berkurang / banyak yang mati. – Struktur tanah menjadi keras, daya sanggah tanah untuk menahan air berkurang. – Tanah miskin hara.

3 PUPUK KIMIA UREA TSP ( Triple Super Fospat ) KCl NPK PUPUK KOMPOS PUPUK HAYATI TIENS EvaGROW

4 EvaGROW adalah pupuk hayati multiguna yang merupakan formula konsorsium mikroorganisme yang berperan meningkatkan hasil pertanian organik secara berkesinambungan. EvaGROW diproduksi menggunakan teknologi modern terkini>>>SHOT (Solid Hibernate Organic Tecnology), dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mengandung nutrisi, senyawa bio aktif, hormon pertumbuhan, anti hama maupun vitamin serta diperkaya dengan hara esensial seimbang bagi tanaman.

5  Mengikat Nitrogen bebas, sehingga mampu meningkatkan kesuburan tanah.  Melarutkan Phosfor menjadi bentuk yang tersedia bagi tanaman  Melarutkan Kalium dalam tanah dan menambah unsur hara penting bagi tanaman.  Memperbaiki struktur tanah dan menyuburkan kembali tanah yang tidak produktif.  Menghasilkan berbagai enzim dan hormon sebagai senyawa bioaktif untuk pertumbuhan tanaman.  Mempercepat dekomposisi bahan-bahan organik dan meningkatkan pH tanah menjadi 6-7.  Meningkatkan aroma dan rasa manis pada buah serta menjadikan warna bunga lebih indah dan segar.  Memberantas hama pada tanaman, karena mengandung anti hama alami dalam satu produk (2 in 1).  Hasil panen sehat dan ramah lingkungan.

6 Keunggulan  Bentuk serbuk (powder) yang menjamin stabilitas dan populasi.  Hasil penen organik murni.  Hemat pupuk kimia hingga 100%.  Menghilangkan kandungan residu.  Mempercepat pertumbuhan, bunga, dan buah.  Tidak ada efek samping yang merugikan.  Dapat diaplikasikan pada semua jenis tanaman pertanian, perkebunan dan kehutanan.  Mengurangi pencemaran lingkungan dan aman terhadap pemakai.

7 Komposisi

8 Kebutuhan sachet ( box/ha) Tiens EvaGROW Persiapan Larutkan hingga merata, sachet EvaGROW ke dalam liter air (tangki penyemprot)

9 Penggunaan 1.Semprotkan larutan EvaGROW pada permukaan tanah 2 hari sebelum tanam. 2.Semprotkan larutan EvaGROW pada permukaan tanah saat umur tanam hari setelah tanam. 3.Lakukan penyemprotan secara berkala hari sekali. 4.Penyemprotan diberhentikan hari sebelum berakhirnya masa panen (tergantung jenis tanaman). Keunggulan 1.Mampu meningkatkan produksi minimal 35%. 2.Ukuran buah, daun lebih besar dan segar (fresh). 3.Serangga hama menurun, penyakit busuk akar dan busuk daun berkurang. 4.Biaya produksi menurun. 5.Penggunaan pupuk kimia menurun hingga 100% (organik murni).

10

11

12 Kebutuhan sachet ( box / ha) Tiens EvaGROW. Persiapan Larutkan hingga merata sachet EvaGROW ke dalam liter air (1 tangki). Gemburkan tanah disekeliling tanaman dengan kedalaman kurang lebih 10 cm

13 Penggunaan Siramkan dengan merata larutan EvaGROW pada tanah yang digemburkan disekeliling tanaman. Interval penyiraman setiap 30 hari Keunggulan 1.Meningkatkan hasil panen minimal 30%. 2.Ukuran daun dan buah lebih besar, segar (fresh). 3.Penyakit dan hama tanaman berkurang. 4.Biaya produksi menurun. 5.Penggunaan pupuk kimia menurun hingga 100% (organik murni).

14

15 Kebutuhan sachet ( box/ha) Tiens EvaGrow. Untuk 1 hektar area, 1 kali penyemprotan diperlukan sachet. Untuk 1 masa tanam, diperlukan kali penyemprotan.Persiapan Larutkan hingga merata sachet EvaGROW ke dalam liter air (tangki penyemprot). Aduk sampai rata.

16 Penggunaan 1.Semprotkan Tiens EvaGROW pada permukaan tanah secara merata 2 hari sebelum tanam 2.Semprotkan Tiens EvaGROW pada permukaan tanah sawah / ladang saat umur tanaman padi hst. 3.Lakukan penyemprotan ketiga pada hst. 4.Lakukan penyemprotan keempat pada 30 hst. 5.Lakukan penyemprotan kelima pada 40 hst. 6.Lakukan penyemprotan keenam pada 50 hst. 7.Apabila diperlukan lakukan penyemprotan pada 60 hst Penggunaan yang berlebih (over dosis) tidak menimbulkan efek samping.

17 Keunggulan 1.Penggunaan EvaGROW pada tanaman padi mampu meningkatkan produksi hingga 100%. 2.Hasil panen organik 3.Penurunan biaya pupuk kimia hingga 100% (organik murni). 4.Anakan lebih banyak minimal 60 anakan, bernas lebih banyak dan berisi. 5.Beras yang dihasilkan lebih pulen dan manis.

18

19

20 Aplikasi Tiens EvaGROW pada Tanaman Padi dengan metode SRI (System of Rice Intensification) 1. Pengolahan lahan dengan kompos dan Tiens EvaGROW Lahan yang sudah dibajak ditaburi dengan kompos/pupuk kandang sebanyak ton/Ha untuk musim pertama. Kemudian semprotkan EvaGROW yang sudah dilarutkan secara merata (kurang lebih 2 box/Ha), lahan becek agar mudah diratakan. 2. Penanaman Bibit padi ditanam satu bibit untuk satu lubang tanam, supaya mengurangi persaingan mendapatkan unsur hara. Bibit padi ditanam dangkal kurang lebih 1, 5 cm dengan posisi akar horizontal (bentuk L). Jarak tanam lebar, yaitu 35 x 35 cm atau 40 x 40 cm.

21 Aplikasi Tiens EvaGROW pada Tanaman Padi dengan metode SRI (System of Rice Intensification) 3. Pengairan Sawah tidak digenangi air, tapi dibuat becek (macak- macak), sehingga suplai oksigen ke dalam tanah terpelihara dan kesuburan tanah terjamin. Membuat parit disekitar atau tengah sawah untuk menampung air dan menghambat masuknya hama keong atau tikus. 4. Pemupukan dengan Tiens EvaGROW Selama pemeliharaan digunakan Tiens EvaGROW yang akan merangsang pertumbuhan dan pembuahan. Penggunaan Tiens EvaGROW sebanyak sachet/hektar (lihat aturan pakai).

22 Aplikasi Tiens EvaGROW pada Tanaman Padi dengan metode SRI (System of Rice Intensification) 5. Pengendalian hama terpadu Pengendalian hama dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia tetapi mengoptimalkan unsur-unsur dalam ekosistem sawah, seperti air, matahari, hewan pemakan hama dan manusia. Pemberantasan hama disarankan memanfaatkan tanaman-tanaman lokal yang bermanfaat sebagai insektisida nabati. Gulma dimanfaatkan sebagai pupuk hijau (bahan organik) yang dibenamkan ke dalam lahan secara manual atau dengan alat pencabut gulma. Dengan menggunakan SRI EvaGROW, kita dapat melakukan perubahan untuk meningkatkan hasil produksi padi yang lebih tinggi, lebih baik mutunya dan berkesinambungan.

23 Pembibitan Pembibitan dilakukan selama 7-14 hari, dilakukan dalam baki dari anyaman bambu atau wadah plastik. Bibit tanaman digunakan hanya 5-7 Kg/Ha. Bibit padi berumur 7-14 hari. Biji padi masih utuh dengan daun berjumlah 2 buah yang siap ditanam.

24 Keuntungan metode SRI Tiens EvaGROW: 1. Hemat bibit (5-7 kg/Ha) 2. Hemat air (sawah tidak digenangi air) 3. Hemat biaya produksi (tidak menggunakan pupuk kimia dan insektisida kimia) 4. Hasil panen meningkat (minimal 20%) 5. Ramah lingkungan Tim Penelitian Tiens EvaGROW

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37 Sistem pertanian EvaGROW akan menekan input kimia ke dalam tanah. Pengurangan penggunaan pupuk dan pestisida kimia secara signifikan akan mereduksi dampak negatif yang ditimbulkannya. Pada akhirnya petani akan dimudahkan sekaligus dimurahkan karena biaya pembelian pupuk dan pestisdia kimia akan ditiadakan dalam proses budidaya. Seiring dengan itu, hasil produksi produk pertanian akan meningkat secara meyakinkan dari musim ke musim.

38 Sistem pertanian EvaGROW menghasilkan produk yang sehat dan ramah lingkungan, tidak adanya input pupuk dan pestisida kimia, tidak bergantung kepada bibit unggul/ varietas hibrida, hemat penggunaan air dan memberdayakan komponen alami di areal pertanian. Dengan EvaGROW, petani yang sehat dan sejahtera akan dapat dibangun dengan kemandirian yang sesungguhnya. (Kabelan Kunia)


Download ppt "Dosis Pupuk KIMIA Semakin TINGGI Kandungan BAHAN ORGANIK dalam tanah Terus MENURUN 0105 5 10 Th."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google