Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tentang Talas Klasifikasi Ilmiah Klasifikasi Ilmiah Jenis – Jenis Talas Jenis – Jenis Talas Manfaat Talas Ciri – Ciri Talas Ciri – Ciri Talas Kandungan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tentang Talas Klasifikasi Ilmiah Klasifikasi Ilmiah Jenis – Jenis Talas Jenis – Jenis Talas Manfaat Talas Ciri – Ciri Talas Ciri – Ciri Talas Kandungan."— Transcript presentasi:

1 Tentang Talas Klasifikasi Ilmiah Klasifikasi Ilmiah Jenis – Jenis Talas Jenis – Jenis Talas Manfaat Talas Ciri – Ciri Talas Ciri – Ciri Talas Kandungan Gizi Pada Talas Kandungan Gizi Pada Talas Faktor Pertumbuhan Faktor Pertumbuhan Penyakit dan Hama Penyakit dan Hama

2 Sekilas Tentang Talas Talas tumbuh tersebar di daerah tropis, sub tropis dan di daerah beriklim sedang. Pembudidayaan talas dapat dilakukan pada daerah beriklim lembab (curah hujan tinggi) dan daerah beriklim kering (curah hujan rendah), Talas juga dapat tumbuh di dataran tinggi. Kandungan protein daun talas lebih tinggi dari umbinya.

3 Klasifikasi Ilmiah Kerajaan : Plantae Divisi : Magnoliophyta Kelas : Liliopsida Ordo : Alismatales Famili : Araceae Genus : Colocasia Nama Binomial : Colocasia esculenta

4 Ciri-Ciri Tanaman Talas  Talas termasuk dalam suku talas- talasan (Araceae)  Mahkota bunga lonjong dan satu helai berwarna putih  Tingginya 1 cm atau lebih  Merupakan tanaman semusim atau sepanjang tahun  Berbatang semu dan silindris  Daunnya berjenis tunggal dan lonjong dengan tepian rata berujung runcing

5 Lanjut…  Pangkal daun berlekuk dengan panjang berkisar cm serta lebar daun cm  Buah talas berbentuk bulat berwarna kuning

6 Jenis – Jenis Talas  Talas Sutera : Daun berwarna hijau muda serta berbulu sehingga apabila disentuh mirip dengan tekstur kain sutera, umbi yang dihasilkan memiliki warna kecoklatan dengan ukuran umbi sedang tidak terlalu besar  Talas Bentul : Batang berwarna keunguan, umbi yang dihasilkan memiliki ukuran lebih besar dan berwarna muda kekuningan  Talas Ketan : Agak lekat (lengket) seperti ketan apabila sudah direbus. Warnanya hijau muda, dan suka membuat anakan banyak sekali.

7  Talas Sente (Jenis Talas ini termasuk jenis talas yang tidak dapat dikonsumsi)  Talas Pandan : Baunya ibarat pandan wangi kalau sudah direbus. Ciri-cirinya, ungu sedikit, dan pangkal pelepahnya agak merah.  Talas Banteng : besar umbinya, tapi sayang, tidak enak rasanya. Talas yang tangkainya warna ungu.  Talas Mentega : batang dan daunnya berwarna unggu gelap.

8 Manfaat Talas Bagi Kesehatan  Meningkatkan pencernaan  Menurunkan kadar gula darah  Mencegah beberapa jenis kanker  Melindungi kulit  Meningkatkan kesehatan mata  Meningkatkan sirkulasi darah  Menurunkan tekanan darah

9

10  Membantu sistem kekebalan tubuh,  Mencegah penyakit jantung.  Mendukung kesehatan otot dan saraf.

11 Faktor Pertumbuhan Iklim Curah hujan yang baik untuk pertumbuhan tanaman talas adalah 2000 mm/tahun atau lebih. Selama pertumbuhan tanaman talas menyukai tempat terbuka dengan penyinaran penuh serta tanaman ini mudah tumbuh pada lingkungan dengan suhu 25°C-30°C dan kelembaban tinggi. Media Tanam Tanaman talas menyukai tanah yang gembur, yang kaya akan bahan organik dan lembab. Tumbuh di tanah drainase baik dan PH 5,5–6,5.

12 Ketinggian Tempat Talas dapat tumbuh pada ketinggian 0–1300 m dpl. Di Indonesia sendiri talas dapat tumbuh di daerah pantai sampai pergunungan dengan ketinggian 2000m dpl, meskipun sangat lama dalam memanennya.

13 Kandungan Gizi Pada Talas  Thiamin  Zat besi  Riboflavin  Fosfor  Vitamin A, B1, B6 dan C  Zinc  Niacin  Tembaga  Potassium  Serat  Mangan  Protein  Lemak  Karbohidrat  Kalsium  Phospor  Besi  Air

14 Penyakit dan Hama Pada Talas  Serangga aphis gossypii (Hemiptera: Aphididae) Baik nimfa maupun dewasa yang bersayap dan tidak bersayap mengisap cairan daun. Gejala: daun menjadi agak keriting. Aphis mengeluarkan cairan madu, yang dapat menarik semut. Selain talas hama ini juga menyerang melon, timun, labu-labuan serta kapas. Pengendalian: Insektisida yang digunakan adalah carbaryl, diazinon dimetoat dan malation cukup efektif untuk mengendalikan hama tersebut.


Download ppt "Tentang Talas Klasifikasi Ilmiah Klasifikasi Ilmiah Jenis – Jenis Talas Jenis – Jenis Talas Manfaat Talas Ciri – Ciri Talas Ciri – Ciri Talas Kandungan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google