Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANNONACEAE. CIRI-CIRI ANNONACEAE Percabangan satu Habitus pohon,perdu,liana Susunan daun berseling Tulang daun menyirip Daunnya beraroma Buah yang tumbuh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANNONACEAE. CIRI-CIRI ANNONACEAE Percabangan satu Habitus pohon,perdu,liana Susunan daun berseling Tulang daun menyirip Daunnya beraroma Buah yang tumbuh."— Transcript presentasi:

1 ANNONACEAE

2 CIRI-CIRI ANNONACEAE Percabangan satu Habitus pohon,perdu,liana Susunan daun berseling Tulang daun menyirip Daunnya beraroma Buah yang tumbuh secara aksial Percabangan satu Habitus pohon,perdu,liana Susunan daun berseling Tulang daun menyirip Daunnya beraroma Buah yang tumbuh secara aksial

3 Annona muricata (sirsak) Kerajaan : Plantae Devisio : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida Ordo : Magnoliales Familia : Amnonaceae Genus: Annona Spesies : Annona muricata

4 CIRI-CIRI ANNONA MURICATA  bunga tunggal dalam berkas 1-2 berhadapan / disamping daun mahkota daun mahkota segitiga berbentuk majemuk agregat bertekstur empuk daging buahnya berwarna putih berbiji banyak dan mempunyai duri yang pendek mempunyai cita rasa yang manis  biji dalam satu buah agregat berjumlah banyak berwarna hitam mengkilat  Daun berbentuk bulat telur agak tebal dan permukaan pada bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna yang lebih muda. akar buah sirsak berupa akar tunggang mempunyai batang berkayu dan dapat hidup menahun  bunga tunggal dalam berkas 1-2 berhadapan / disamping daun mahkota daun mahkota segitiga berbentuk majemuk agregat bertekstur empuk daging buahnya berwarna putih berbiji banyak dan mempunyai duri yang pendek mempunyai cita rasa yang manis  biji dalam satu buah agregat berjumlah banyak berwarna hitam mengkilat  Daun berbentuk bulat telur agak tebal dan permukaan pada bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna yang lebih muda. akar buah sirsak berupa akar tunggang mempunyai batang berkayu dan dapat hidup menahun

5 Annona muricata

6 Nama Lokal :  nama daerah Sirsak (Indonesia) Nangka Sabrang,Nangka Landa (Jawa) Nangka Walanda Sirsak (Sunda) Nangka buris (Madura) Srikaya jawa (Bali) Deureuyan Belanda (Aceh) Durio Ulondro (Nias) Durian Betawi (Minangkabau) Jambu Landa (Lampung).

7 MANFAAT ANNONA MURICATA Selain barmanfaat sebagai bahan jus, ternyata sirsak mempunyai banyakkhasiat bagi kesehatan. Salah satunya mengatasi kanker. Antikanker Bagian tanaman sirsak, termasuk daun dan buah, mengandung senyawa yang cukup bernilai, seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B. Metabolit sekunder yang terkandung di dalamnya adalah senyawa golongan tanin, fitosterol dan alkaloida. M Sebuah senyawa yang menarik perhatian peneliti adalah asetogenin. Ini adalah senyawa yang spesifik terkandung dalam tanaman suku Annonaceae, yang khasiatnya erat berkaitan dengan aktivitas anti tumor, anti bakteri dan insektisida.

8 Dari penelitian, asetogenin yang terkandung di dalam sirsak bisa dipakai untuk menghantam sel kanker usus, pankreas, ovarium, usus besar, payudara, liver, serviks.Sebuah penelitian lain dengan hewan percobaan memang membuktikan terdapatnya aktivitas antioksidan dari senyawa kandungan sirsak. Kalau memang benar, maka tentu khasiat anti kanker salah satunya berkaitan dengan kemampuan senyawa untuk melindungi sel tubuh yang sehat dari kerusakan yang memicu serangan kanker. Dalam sistem pengobatan tradisional India Ayurveda, sirsak mempunyai reputasi yang hebat sebagai antikanker. Dukungan hasil penelitian membuktikan, daun tanaman ini mengandung senyawa asetogenin bernama bullatasin dari buah tanaman Annona lain, yaitu Annona atemoya.

9 Distribusi(penyebaran) Sirsak (Annona Muriata) merupakan tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat, paling banyak ditanam di daerah yang cukup berair. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dia atas permukaan laut. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter.

10 THANK YOU FOR ALL THANK YOU FOR ALL


Download ppt "ANNONACEAE. CIRI-CIRI ANNONACEAE Percabangan satu Habitus pohon,perdu,liana Susunan daun berseling Tulang daun menyirip Daunnya beraroma Buah yang tumbuh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google