Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mufiana Ari Utami 1106107113 Munawarohthus Sholikha 1106107126.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mufiana Ari Utami 1106107113 Munawarohthus Sholikha 1106107126."— Transcript presentasi:

1 Mufiana Ari Utami Munawarohthus Sholikha

2 Deskripsi Tanaman Kingdom: Plantae Subkingdom: Tracheobionta Super Divisi: Spermatophyta Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Sub Kelas: Rosidae Ordo: Rhamnales Famili: Vitaceae Genus: Vitis Spesies: Vitis vinifera L.VitaceaeVitis

3 Tumbuhan semak, umur panjang (perenial), panjang ± 8 m. Akar tunggang. Batang berkayu, silindris, menjalar, warna hijau kecoklatan, permukaan halus. Daun tunggal, tersusun berseling (alternate), warna hijau, bentuk bundar hingga jorong, panjang cm, lebar cm, helaian daun tipis tegar, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi bergigi runcing (dentatus), permukaan berbulu (villosus).

4 Bunga majemuk, bentuk malai (panicula), muncul di ketiak daun (axillaris), kelopak bentuk mangkuk (urceolatus) - warna hijau, daun mahkota berlekatan (gamopetalus). Buah buni (bacca), bulat atau lonjong, panjang cm, warna hijau, ungu, atau hitam, bentuk biji lonjong - berwarna cokelat muda. Perbanyaan generatif (biji) atau vegetatif (stek).

5 Buah dan Biji Vitis vinifera

6 Kandungan Tanaman Anggur mengandung: flavonoid, saponin dan polifenol. Flavonoid -> antioksidan ampuh, pencegah kanker, efek antimikroba. (proanthocyanidins, anthocyanin dan flavanol) Flavanol -> dalam kulit anggur sbg glikosida dari kaempferol, quercetin, myricetin dan isorhamnetin Biji anggur mengandung flavan-3-OLS termasuk (+) katekin, (-) epikatekin (EC), (-) epikatekin-3-O-galat, baik sebagai monomor maupun polimer proanthocyanidins.

7 Kulit anggur memiliki konsentrasi flavan-3-ol ( monomer proanthocyanidins yang mengandung (-) epigallocatechin) lebih rendah jika dibandingkan dengan biji anggur. Anthocyanin terdapat dalam bentuk 3-O- monoglukosid, hasil turunan alkilasi. Saponin -> efek menurunkan kadar gula darah. Polifenol -> antioksidan, pada buah anggur dikenal dengan resveratrol, menghambat enzim yang dapat menstimulir pertumbuhan sel kanker dan menekan respon imun.

8 Ellagic acid, sejenis senyawa yang menghambat enzim yang diperlukan sel-sel kanker, yang tampak membantu memperlambat perkembangan tumor. Magnesium yang tinggi, dimana magnesium itu merupakan elemen yang diperlukan untuk pergerakan feses yang baik.

9 Flavanol

10 (b) monomers flava-3-ol; (c) anthocyanins

11 Cara Ekstraksi

12 Efek Farmakologi Efek antinosiseptive Rata-rata nilai nyeri akut dan kronis dari semua kelompok percobaan kecuali kelompok 1 dan 7 pada uji formalin, secara signifikan mereduksi dari kelompok kontrol dan palsu (p<0,05). Dari hasil tersebut, minyak biji anggur pada fase akut dan kronik memiliki efek antinociceptive. Efek tersebut mungkin dikarenakan adanya senyawa asam lemak esensial, procyanidin, flavonoid yang memiliki efek antinociceptive. Minyak biji angggur memperkuat efek antinociceptive pada morfin.

13 Efek Anti Inflamasi Vitis vinifera dosis 500 mg/Kg BB, lebih signifikan (p<0,05) memiliki efek anti inflammatory jika dibandingkan dengan kelompok kontrol dan standar. Efek antiatherosclerotic Proanthocyanidin mengurangi angka LDL, makrofag positif, turunan sel pada luka atherosclerotic. Senyawa tersebut juga menghambat oksidasi dari cholesteryl linoleate dalam LDL yang bekerja mereduksi atherosclerosis pada aorta

14 Efek antikarsinogenik/antitumor Proanthocyanidins memiliki sifat chemoprotective yang memiliki aktivitas melawan radikal bebas dan stres oksidatif (Ye, 1999) Vitis vinifera memiliki nilai signifikan sebagai antitumor, antioksidan pada mencit yang terkena tumor EAC. (Patil, B.P. et al, 2011)

15 Efek antioksidan Efek antioksidan dari Proanthocyanidin lebih berpotensi jika dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E (Bagchi, 1997). Senyawa ini juga menghambat peroksidasi dari phosphatidylcholine liposomes (Plumb, 1998). disimpulkan bahwa ekstrak biji anggur mungkin menjanjikan sebagai agen terapi alam terhadap AlCl 3 yang menginduksi toksisitas reproduksi dan stres oksidatif dalam testis tikus jantan. (Hala et al., 2010)

16 Pertumbuhan Rambut Proanthocyanidins dari ekstrak biji anggur menaikkan proliferasi dari folikel sel rambut dan memiliki remarkable hair-cycle merubah aktivitas dari fase telogen menjadi fase anagen. Epicatechin dan catechin merupakan monomer yang menginduksi nilai polimerisasi yang menginduksi pertumbuhan rambut (Takahashi, 1998).

17 Efek hepatoprotektif Proanthocyanidin menunjukkan nilai signifikan yang mengurangi acetaminophen yang menginduksi kerusakan DNA hati, apoptosik, matinya sel neurotik pada sel hati. Senyawa ini juga melawan acetaminophen yang mengganti bcl-Xl expression (Ray, 1999).

18 Pencegahan Ischemia Pemeliharaan luka mikrovaskuler oleh procyanidins terjadi melalui efek dari oksigen yang reaktif (Maffei Facino, 1994). Procyanidins juga mereduksi kontraksi ventricular pada dosis tertentu. Procyanidins mengurangi tekanan perfusi koroner dan meningkatkan kinerja mekanik jantung (Maffei Facino R, 1996).

19 Efek Vascular Procyanidins diisolasi dari biji anggur yang dapat menstabilisasi dinding kapiler dan mencegah pertambahan permeabilitas yang menghambat edema (Robert, 1990; Zafirov, 1990). Produksi berlebih dari hyaluronan yang berhubungan dengan patologi dinding vena, pada vein khusus, edema limfa, direduksi oleh oligomers procyanidolic (Drubaix, 1997).

20 Oligomer procyanidolic cross-link serabut kolagen, menghasilkan dalam menguatkan cross-link alami dari kolagen yang dibentuk dari matriks kolagen pada jaringan penghubung vaskular (Tixier et al, 1984). Aktivitas vaskular dari procyanidin memiliki efek positif pada retinopati diabetes, penglihatan malam, dan gangguan mata (Boissin, 1988; Corbe, 1988; Soyeux, 1987).

21 Antibakteri Anggur merah bersifat bakteriostatik dan bakterisid terhdap S. mutans. KHM jus anggur merah terhadap S. mutans adalah pada konsentrasi 50% dan KBM pada konsentrasi 100%. (Natarini, F.W. et al, 2007)

22 Uji Klinis Menurunkan Tekanan Darah Tekanan darah sistolik dan diastolik turun setelah pemberian GSE jika dibandingkan dengan plasebo. Tidak terdapat signifikan terhadap perubahan kadar serum lipid dan glukosa darah. Hasil ini menunjukkan bahwa GSE dapat digunakan sebagai nutraceutical dalam program modifikasi gaya hidup untuk pasien dengan sindrom metabolik. (Sivaprakasapillai, B. et al., 2009)

23 Peripheral Venous Insufficiency Khasiat dari ekstrak biji anggur telah diketahui untuk pengobatan venous insufficiency karena peningkatan hormon. Perkembangan gejala terjadi pada 66% pada hari ke-45 dan 79-83% pada hari ke-90 (Henriet, 1993).

24 Ocular Effects Perbaikan pada adaptasi visual untuk luminances rendah dan penampilan visual yang diukur dengan nyctometer secara signifikan. (Corbe, 1988) Postoperative Edema Penurunan profilaksis pada edema wajah setelah operasi merupakan efikaksi utama. Ekstrak biji anggur secara signifikan lebih baik jika dibandingkan dengan plasebo yang dapat melawan pembengkakan wajah pasca operasi. (Baruch, 1984)

25 Patent dari Vitis vinifera Invensi tentang proses ekstrak dari Vitis vinifera. Selain itu tentang komposisi farmasi untuk mencegah atau mengobati rheumatoid arthritis termasuk ekstrak Vitis vinifera sebagai bahan aktif. (Ki Min, J., US 2010/ A1) Komplek dihasilkan dari reaksi fosfolipid, sintesis dari sayur atau hewan, dengan flavanoid dari ekstrak Vitis vinifera, yang digunakan sebagai terapi dan dalam kosmetik. (Bombardelli, E. And Sabadie, M., US 1990/4,963,527)

26

27

28

29 Produk dari Vitis vinifera Grape Seed Extract

30 Detail Product Description a. Appearance: Fine Red Brown powder b. Specifications: Proanthocyanidins 95%, 98% c. Actions: Anti-inflammatory, Antihistamine, Antiallergenic, Antioxidant, Helps Skin to Remain Young Looking, Improves Circulation, Promotes Healing, Restores Collagen, Strengthens Weak Blood Vessels

31 Grape Seed Oil

32 Digunakan untuk : salads dressings marinades deep frying, flavored oils baking massage oil sunburn repair lotion hair products body hygiene creams lip balm and hand creams

33 Flavay Plus®

34 Flavay Plus® merupakan suplemen makanan yang berfungsi untuk anti aging, antioxidant protection, cardiovascular & circulatory, edema & inflammation, eyes & vision, immune system, lungs & breathing, stress & energy

35 Glow Lash Mascara (mengandung ekstrak biji Vitis vinifera)

36 Cellex-C® Advanced C Neck Firming Cream (mengandung ekstrak kulit dan daun Vitis vinifera)

37 TERIMA KASIH


Download ppt "Mufiana Ari Utami 1106107113 Munawarohthus Sholikha 1106107126."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google