Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mangrove species at Tanakkeke Land, South Sulawesi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mangrove species at Tanakkeke Land, South Sulawesi."— Transcript presentasi:

1 Mangrove species at Tanakkeke Land, South Sulawesi

2 By: Wiena A. Niken N Kartika Sandrasasi Alivia Mutiara K Rivia Relen Rahman Arif M Marcellya Imelda T

3 Pulau Tanakkeke Pulau Tanakkeke, Kabupaten Takalar, sekitar 40 km sebelah selatan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

4 Jenis yang Terdapat di Pulau Tanakkeke 1.Lumnitzera racemosa (Api-api Jambu)

5 Klasifikasi Kingdom: Plantae Subkingdom: Tracheobionta Super Divisi: Spermatophyta Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Sub Kelas: Rosidae Ordo: Myrtales Famili: Combretaceae Genus: Lumnitzera Spesies: Lumnitzera racemosa Nama Lokal: Api-api Jambu

6 Bentuk pohon: Shrub Akar: Akar lutut Daun: Obovate Bunga: Axillary Buah: Bean-like

7 Pohon kecil atau perdu, hingga tinggi 8-9 m. Daun berkumpul di ujung ranting, bertangkai pendek hingga 10 mm. Perbungaan terletak di ketiak, panjang lk. 2-7 cm. Buah berserat dan mengayu, jorong kembung agak gepeng, × 3-4 mm. Didapati di sepanjang tepi vegetasi mangrove ke arah daratan. Menyebar luas mulai dari bagian timur Afrika, hingga ke Asia Tenggara, seluruh Nusantara, Papua Nugini, dan Australia. Kayunya berat dan keras, kuat serta awet. Cocok digunakan sebagai konstruksi bangunan, jembatan, kapal, dan perabotan rumah tangga.

8 2.Rhizophora apiculata

9 Klasifikasi Kingdom: Plantae Subkingdom: Tracheobionta Super Divisi: Spermatophyta Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Sub Kelas: Rosidae Ordo: Myrtales Famili: Rhizophoraceae Genus: Rhizophora Spesies: Rhizophora apiculata Nama lokal: Bakau Minyak

10 Bentuk pohon: Tree Akar: Akar tunjang Daun: Lancet Bunga: Terminal Buah: Silindris

11 Bunga biasanya berkelompok dua-dua, dengan daun mahkota gundul dan kekuningan. Buah kecil, coklat, panjangnya 2 – 3,5 cm. Menyukai tanah berlumpur halus dan dalam, yang tergenang jika pasang serta terkena pengaruh masukan air tawar yang tetap dan kuat. Menyebar mulai dari Sri Lanka, Semenanjung Malaya, seluruh Indonesia, sampai ke Australia tropis dan pulau-pulau di Pasifik. Batangnya digunakan untuk pilar, konstruksi dan alat pancing ikan.

12 3.Rhizophora stylosa

13 Klasifikasi Kingdom: Plantae Subkingdom: Tracheobionta Super Divisi: Spermatophyta Divisi: Magnoliophyta Kelas: Magnoliopsida Sub Kelas: Rosidae Ordo: Myrtales Famili: Rhizophoraceae Genus: Rhizophora Spesies: Rhizophora stylosa Nama Lokal: Bakau Merah

14 Bentuk pohon: Tree Akar: Akar tunjang Daun: Lancet Bunga: Axiliary Buah: Bean-like

15 Pohon dengan satu atau banyak batang. Bakau merah hanya tumbuh sampai dengan tinggi sekitar 10 m. Bunga dalam kelompok besar, 8-16 kuntum, kecil-kecil. Daun mahkota putih, berambut panjang hingga 8 mm. Buah coklat kecil, panjang s/d 4 cm. Habitat lumpur, pasir, sampai pecahan batu karang. Penyebarannya di Indonesia, Australia, dan kawasan Asia Tenggara.

16 Status dan Kondisi Pulau Tanakkeke sangat terkenal dengan kepiting bakau raksasanya. Sehingga spesies bakau disana banyak yang dirusak untuk mengambil kepiting bakau raksasa yang ada. Selain itu, kurangnya edukasi tentang mangrove membuat masyarakat mengeksploitasi mangrove untuk dibuat kayu bakar dan arang.

17 Program Rehabilitasi Sebenarnya sudah ada program rehabilitasi terhadap spesies mangrove di Pulau Tanakkeke, namun tidak semuanya berjalan dengan baik. Rehabilitasi dibagi menjadi 3 kriteria antara lain perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan.

18

19


Download ppt "Mangrove species at Tanakkeke Land, South Sulawesi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google