Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Biosfer adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi, air, atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. BIOSFER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Biosfer adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi, air, atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. BIOSFER."— Transcript presentasi:

1 Biosfer adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi, air, atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. BIOSFER

2 Faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna: a. Faktor biotik -iklim : unsur-unsur iklim adalah suhu,kelembaban,curah hujan, angin, udara. -tanah : kesuburan tanah, kandungan humus, dan jenis tanah. -relief : bentuk dari tanah sendiri atau tinggi rendahnya permukaan bumi. -air : ketersediaan air mempengaruhi jenis flora dan fauna suatu wilayah.

3 b. Faktor biotik meliputi: -tumbuhan -hewan -aktivitas manusia -bakteri pengurai atau organisme.

4 Persebaran flora dan fauna di muka bumi: persebaran flora di Indonesia: 1. bioma gurun -flora: tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan daerah kering (tumbuhan serofit) -fauna: hewan besar yang hidup di gurun umumnya mampu menyimpan air, misalnya unta.

5 2. bioma padang rumput -flora: tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan daerah dengan perositas dan drainase yang kurang baik adalah rumput. -fauna: bison, dan kuda liar (mustang) di Amerika, gajah dan jerapah di Afrika, domba dan kanguru di Australia.

6 3.bioma hutan hujan tropis: -flora: pada bioma hutan tropis terdapat beratus-ratus spesies tumbuhan. Pohon- pohon utama dapat mencapai ketinggian meter. Dengan cabang-cabang berdaun lebat sehingga membentuk suatu tundung atau kanopi. -fauna: burung hantu, babi hutan,kucing hutan,macan tutul.

7 4.hutan musim -flora: hutan jati, hutan angsana, -fauna: rusa,babi hutan, harimau.

8 5. bioma hutan gugur(deciduous forest) -flora: pohon-pohon tinggi tumbuh dengan baik tetapi cahaya masih dapat tembus kedasar karena dedaunan tidak begitu lebat tumbuhnya. -fauna: serangga, burung, bajing, dan rocoan yaitu hewan sebangsa luwak atau musang.

9 6. bioma hutan taiga atau hutan homogen -flora: pohon berdaun jarum atau konifer misalnya pinus merkusii. -fauna: beruang hitam,serigala,dan burung- burung yang bermigrasi ke daerah tropis bila musim dingin tiba.

10 7. Bioma hutan tundra -flora : Dataran tanpa pohon,vegetasinya didominasi lumut dan lumut kerak. -fauna : Khas bioma tundra adalah “muskoxem” (bison berbulu tebal) dan Raindeer / Caribou (rusa kutub).

11 8. Bioma bakau / mangrove -flora : tumbuhan yang dominan adalah pohon bakau (Rhizophora), pohon kayu api (Avicennia) dan pohon bogem (Brugeiera). -fauna : ikan dan hewan-hewan melata (biawak,buaya) dan burung-burung yang bersarang di atas pohon-pohon bakau.

12 A. Persebaran flora di Indonesia - Hutan Musim Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur. - Hutan Hujan Tropis Di Indonesia hutan hujan tropis terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

13 SABANA Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. - Steppa Steppa terdapat di Nusa Tenggara Timur baik untuk peternakan - Hutan Bakau atau Mangrove Banyak terdapat di pantai Papua, Sumatera bagian timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

14 AKIBAT YANG DITIMBULKAN DITIMBULKAN DARI TIDAK TERJAGANYA KELESTARIAN a. Tanah longsor b. Hutan menjadi gundul c. Banjir d. Rusaknya habitat hewan dan makluk hidup.

15 UPAYA- UPAYA UNTUK MELINDUNGI FLORA Upaya-upaya untuk melindungi hewan liar dan satwa langka melalui: a. Kawasan hutan lindung b. Suaka margasatwa c. Cagar alam d. Taman nasional


Download ppt "Biosfer adalah lapisan lingkungan di permukaan bumi, air, atmosfer yang mendukung kehidupan organisme. BIOSFER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google