Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB V EKOSISTEM, BIOSFER & BIOMA. EKOSISTEM: lingkungan biologis yang terdiri dari semua organisme hidup di daerah tertentu, serta semua benda tak hidup.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB V EKOSISTEM, BIOSFER & BIOMA. EKOSISTEM: lingkungan biologis yang terdiri dari semua organisme hidup di daerah tertentu, serta semua benda tak hidup."— Transcript presentasi:

1 BAB V EKOSISTEM, BIOSFER & BIOMA

2 EKOSISTEM: lingkungan biologis yang terdiri dari semua organisme hidup di daerah tertentu, serta semua benda tak hidup (abiotik), komponen fisik dari lingkungan seperti udara, air tanah, serta sinar matahari.EKOSISTEM: lingkungan biologis yang terdiri dari semua organisme hidup di daerah tertentu, serta semua benda tak hidup (abiotik), komponen fisik dari lingkungan seperti udara, air tanah, serta sinar matahari. BIOSFER: kumpulan semua ekosistem secara global di permukaan bumi.BIOSFER: kumpulan semua ekosistem secara global di permukaan bumi.

3 JENIS-JENIS BIOMA  Bioma didefinisikan oleh unsur keseragaman faktor- faktor seperti struktur tanaman (seperti pohon, semak, dan rumput), jenis daun (seperti lebar dan menjarum), jarak tanam (hutan, savana), dan iklim.  Bioma sering diidentifikasi dengan pola tertentu suksesi ekologi dan vegetasi klimaks.  Bioma terdiri dari 2 jenis utama, yaitu: 1.Bioma atau Ekosistem Darat / Terestrial. 2.Bioma atau Ekosistem Perairan (termasuk bioma air tawar & bioma kelautan)

4 EKOSISTEM DARAT

5 EKOSISTEM DARAT 1. BIOMA GURUN Beberapa Bioma gurun terdapat di daerah tropika yang berbatasan dengan padang rumput. Beberapa Bioma gurun terdapat di daerah tropika yang berbatasan dengan padang rumput. Ciri-ciri bioma gurun adalah : -Gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). -Suhu siang hari tinggi (bisa mencapai 45°C) sehingga penguapan juga tinggi, sedangkan malam hari suhu sangat rendah (bisa mencapai 0°C). -Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar. -Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil. -Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air. -Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, ular, kadal, katak, dan kalajengking.

6 EKOSISTEM DARAT 2. BIOMA PADANG RUMPUT (STEPA) Bioma ini terdapat di daerah yang terbentang dari daerah tropik ke subtropik. Bioma ini terdapat di daerah yang terbentang dari daerah tropik ke subtropik. Ciri-cirinya adalah:  Curah hujan kurang lebih cm per tahun dan hujan turun tidak teratur.  Porositas (peresapan air) tinggi dan drainase (aliran air) cepat.  Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.

7 BINATANG DAN TUMBUHAN STEPA RUSA, ANTELOP, KERBAU, KANGURU, HARIMAU, SINGA, ULAR AKASIA, SEMAK BELUKAR

8 EKOSISTEM DARAT 3. BIOMA HUTAN BASAH Bioma Hutan Basah terdapat di daerah tropika dan subtropik. Ciri-cirinya adalah: -Curah hujan cm per tahun. -Species pepohonan relatif banyak, jenisnya berbeda antara satu dengan yang lainnya tergantung letak geografisnya. -Tinggi pohon utama antara m, cabang-cabang pohon tinngi dan berdaun lebat hingga membentuk tudung (kanopi). -Dalam hutan basah terjadi perubahan iklim mikro (iklim yang langsung terdapat di sekitar organisme). Daerah tudung cukup mendapat sinar matahari. -Variasi suhu dan kelembapan tinggi/besar; suhu sepanjang hari sekitar 25°C. -Dalam hutan basah tropika sering terdapat tumbuhan khas, yaitu liana (rotan), kaktus, dan anggrek sebagai epifit. -Hewannya antara lain, kera, burung, badak, babi hutan, harimau, dan burung hantu.

9 Terdapat di daerah beriklim sedang Ciri-cirinya adalah : -Curah hujan merata sepanjang tahun. -Terdapat di daerah yang mengalami empat musim (dingin, semi, panas, dan gugur). -Jenis pohon sedikit (10 s/d 20) dan tidak terlalu rapat. -Hewannya antara lain rusa, beruang, rubah, bajing, burung pelatuk, dan rakoon (sebangsa luwak). EKOSISTEM DARAT 4. BIOMA HUTAN GUGUR

10 Terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik. Ciri-cirinya adalah: -Suhu di musim dingin rendah. -Biasanya taiga merupakan hutan yang tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus atau sejenisnya. -Semak dan tumbuhan basah sedikit sekali. -Hewannya antara lain moose, beruang hitam, ajag, dan burung-burung yang bermigrasi ke selatan pada musim gugur. EKOSISTEM DARAT 5. BIOMA TAIGA

11 BINATANG DAN TUMBUHAN TAIGA BERUANG, RUBAH, SERIGALA ALDER, JUNIPER, SPRUCE

12 Bioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam lingkaran kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Ciri-ciri: -Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang dominan adalah Sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. -Pada umumnya, tumbuhannya mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin. -Hewan yang hidup di daerah ini ada yang menetap dan ada yang datang pada musim panas, semuanya berdarah panas. Hewan yang menetap memiliki rambut atau bulu yang tebal, contohnya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insekta terutama nyamuk dan lalat hitam. EKOSISTEM DARAT 6. BIOMA TUNDRA

13 EKOSISTEM AIR

14 Terdiri atas: 1). Bioma Air Tawar & 2). Bioma Air LautTerdiri atas: 1). Bioma Air Tawar & 2). Bioma Air Laut Ciri-ciri bioma air tawar :Ciri-ciri bioma air tawar : - variasi suhu tidak menyolok, - variasi suhu tidak menyolok, - penetrasi cahaya kurang, - penetrasi cahaya kurang, - terpengaruh oleh iklim/cuaca daratan - terpengaruh oleh iklim/cuaca daratan Organisme perairan dibedakan sebagai berikut: 1.Plankton: terdiri atas fitoplankton dan zooplankton; biasanya melayang-layang (bergerak pasif) mengikuti gerak aliran air. 2.Nekton: hewan yang aktif berenang dalam air, misalnya ikan. 3.Neuston: organisme yang mengapung atau berenang di permukaan air atau bertempat pada permukaan air, misalnya serangga air. 4.Perifiton: merupakan tumbuhan atau hewan yang melekat/bergantung pada tumbuhan atau benda lain, misalnya keong. 5.Bentos: hewan dan tumbuhan yang hidup di dasar atau hidup pada endapan. Bentos dapat melekat atau bergerak bebas, misalnya cacing dan remis. EKOSISTEM AIR

15 1. LAUT Habitat laut (oseanik) ditandai oleh salinitas yang tinggi dengan ion CI- mencapai 55% terutama di daerah laut tropik. Di daerah tropik, suhu laut sekitar 25°C. Ada perbedaan suhu yang tinggi antara bagian atas dan bawah laut. Batas antara lapisan air yang panas di bagian atas dengan air yang dingin di bagian bawah disebut daerah termoklin.

16 Menurut kedalamannya, ekosistem air laut dibagi : Litoral merupakan daerah yang berbatasan dengan darat. Neretik merupakan daerah yang masih dapat ditembus cahaya matahari sampai bagian dasar dalamnya ± 300 meter. Batial merupakan daerah yang dalamnya berkisar antara m Abisal merupakan daerah yang lebih jauh dan lebih dalam dari pantai ( m).

17 2. PANTAI Ekosistem pantai letaknya berbatasan dengan ekosistem darat dan laut atau disebut daerah pasang surut.Ekosistem pantai letaknya berbatasan dengan ekosistem darat dan laut atau disebut daerah pasang surut. Ekosistem pantai dipengaruhi oleh siklus harian pasang surut laut.Ekosistem pantai dipengaruhi oleh siklus harian pasang surut laut. Organisme yang hidup di pantai memiliki adaptasi struktural sehingga dapat melekat erat di substrat keras.Organisme yang hidup di pantai memiliki adaptasi struktural sehingga dapat melekat erat di substrat keras.

18 3. ESTUARI Estuari atau muara sungai merupakan tempat bersatunya sungai dengan laut.Estuari atau muara sungai merupakan tempat bersatunya sungai dengan laut. Estuari sering dipagari oleh lempengan lumpur yang luas atau rawa garam.Estuari sering dipagari oleh lempengan lumpur yang luas atau rawa garam. Salinitas air berubah secara bertahap mulai dari daerah air tawar ke laut. Salinitas ini juga dipengaruhi oleh siklus harian dengan pasang surut airnya.Salinitas air berubah secara bertahap mulai dari daerah air tawar ke laut. Salinitas ini juga dipengaruhi oleh siklus harian dengan pasang surut airnya. Nutrien dari sungai memperkaya estuari.Nutrien dari sungai memperkaya estuari.

19 4. TERUMBU KARANG Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga.Terumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga.simbiosisalgasimbiosisalga Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel.Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa yang memiliki tentakel.tentakel Terumbu karang didominasi oleh karang (koral) yang mensekresikan kalsium karbonat. Rangka dari kalsium karbonat ini bermacam-macam bentuknya dan menyusun substrat tempat hidup karang lain dan ganggang.Terumbu karang didominasi oleh karang (koral) yang mensekresikan kalsium karbonat. Rangka dari kalsium karbonat ini bermacam-macam bentuknya dan menyusun substrat tempat hidup karang lain dan ganggang. Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya yang belum diketahui.Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya yang belum diketahui. spesies mikroorganisme spesies mikroorganisme

20 Manfaat Terumbu Karang –sebagai tempat hidup ikan yang banyak dibutuhkan manusia sebagai sumber protein dari laut, seperti ikan kerapu, ikan baronang, ikan ekor kuning dll. ikan –pariwisata, wisata bahari melihat keindahan bentuk dan warnanya. pariwisatabaharipariwisatabahari –penelitian dan pemanfaatan biota perairan yang terkandung di dalamnya.


Download ppt "BAB V EKOSISTEM, BIOSFER & BIOMA. EKOSISTEM: lingkungan biologis yang terdiri dari semua organisme hidup di daerah tertentu, serta semua benda tak hidup."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google