Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MALIS SIBRO MALISI XII SOC 2.  Biosfer adalah bagian luar dari planet biru,ttermasuk udara,daratan,dan air dimana kehidupan terjadi,dan di mana proses.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MALIS SIBRO MALISI XII SOC 2.  Biosfer adalah bagian luar dari planet biru,ttermasuk udara,daratan,dan air dimana kehidupan terjadi,dan di mana proses."— Transcript presentasi:

1 MALIS SIBRO MALISI XII SOC 2

2  Biosfer adalah bagian luar dari planet biru,ttermasuk udara,daratan,dan air dimana kehidupan terjadi,dan di mana proses biotik berubah.  Biosfer terdiri dari beberapa kawasan yang disebut bioma.Bioma adalah suatu kawasan yang dikendalikan oleh iklim serta didominasi oleh flora dan fauna tertentu.

3  Beberapa bioma sebagai berikut:  Bioma hutan hujan (ranfores)  Bioma hutan peluruh (hutan musim)  Bioma padang rumput (grassland)  Bioma gurun  Bioma tundra

4 1.Flora di indonesi a.Hutan hujan tropis Bioma hutan hujan tropis di indonesia terbagi menjadi beberapa subbioma sebagai berikut. 1)Hutan hujan pegunungan tinggi 2)Hutan hujan pegunungan rendah 3)Hutan tropika dataran rendah 4)Hutan subalpin 5)Hutan paantai 6)Hutan mangrope 7)Hutan rawa 8)Hutan karangas 9)Hutan batu kapur 10)Hutan pada batu ultrabasik b.Hutan monsun (hutan musim) 1)Hutan monsun gugur daun 2)Hutan monsun yang selalu hijau

5 2.Tipe fauna di indonesia a.Tipe Asia Terdiri dari beberapa jenis mamalia,burung,ikan,reptil.di beberapa daerah,fauna ini telah punah dan di beberapa daerah lain sudah sangat langka.contoh fauna tipe Asia yaitu gajah,badak,tapir,banteng,kerbau liar,harimau sumatra dan lain- lain. b.Tipe australia Fauna tipe australia tidak terlalu besar.ciri yang paling has dikawasan ini adalah mamalia berkantong.Di antara mamalia berkantong tersebut,beberapa jenis telah punah yaitu bebepa jenis walabi dan banditkut.contoh tipe australia lainya adalah kanguru pohon,kuskus,cendrawasih dan lain-lain. c.Tipe peralihan Fauna tipe peralihan menepati wilayah walacea yang meliputi sulawesi,kepulauan nusa tenggara,dan berapa pulau kecil di perairan laut dalam.contoh fauna tipe peralihan adalah anoa,babi rusa,krabuka,maleo,komodo, dan lain-lain.

6 Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kerusakan flora dan fauna akibat kegiatan manusia. 1.pencemaran (polution) 2.Eksploitasi hutan 3.penggunaan pestisida 4.penggunaan pupuk buatan Dampak kerusakan flora dan fauna bagi kehidupan. 1.Ekosistem tidak seimbang 2.Kelangkaan sumber daya 3.menurunya kualitas lingkungan 4.Tragedi lingkungan karena kerusakan hutan 5.Hilangnya kesuburan tanah 6.Putusnya daur kehidupan

7 Kepunahan flora dan fauna disebabkan oleh nilai komersial binatang-binatang itu dan rusaknya habitat mereka.kepunahan ini juga akan menimpa beberapa jenis flora jika ada upaya perlindungan.di indonesia memiliki lebih dari 350 kawasan yang dilindungi yang ditetapkan berdasarkan undang-undang direktorat konservasi.direktorat jendral pelestarian hutan dan pengawetan alam (PHPA). kawasan-kawasan tersebut dikategorikan menjadi taman nasional,cagar alam,cagar perburuan,kawasan perburuan,hutan lindung,dan taman wisata.


Download ppt "MALIS SIBRO MALISI XII SOC 2.  Biosfer adalah bagian luar dari planet biru,ttermasuk udara,daratan,dan air dimana kehidupan terjadi,dan di mana proses."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google