Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAGIAN-BAGIAN BUNGA oleh : PUSPITA AULIA HAQ 124254253.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAGIAN-BAGIAN BUNGA oleh : PUSPITA AULIA HAQ 124254253."— Transcript presentasi:

1 BAGIAN-BAGIAN BUNGA oleh : PUSPITA AULIA HAQ

2 Bentuk dan susunan bunga pada berbagai jenis tumbuhan berbeda. Namun pada dasarnya mempunyai bagian-bagian yang sama, yaitu perhiasan bunga dan alat kelamin. 1. Perhiasan bunga MAHKOTA KELOPAK BUNGA a. Mahkota bunga umumnya berwarna mencolok, menghasilkan bau yang khas dan di sekitarnya terdapat kelenjar madu yang bermanfaat bagi bunga untuk menarik serangga dan hewan lain yang mencari madu. b. Kelopak bunga terdapat di sebelah luar mahkota bunga. Berbentuk seperti daun-daun kecil berwarna hijau. Kelopak bunga juga berfungsi untuk menarik serangga, di samping itu juga berfungsi untuk melindungi bagian-bagian bunga saat belum mekar.

3 2. Alat kelamin atau alat perkembangbiakan Alat kelamin pada bunga terdiri atas benang sari dan putik. a. Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari yang telah cukup tua dapat dibedakan lagi antara serbuk sari dan kotak sari. Setiap serbuk sari berisi inti sperma (sel kelamin jantan). b. Putik merupakan alat kelamin betina. Putik dapat dibedakan menjadi kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat kandung lembaga yang mengandung calon inti sel telur. 2. Alat kelamin atau alat perkembangbiakan Alat kelamin pada bunga terdiri atas benang sari dan putik. a. Benang sari merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari yang telah cukup tua dapat dibedakan lagi antara serbuk sari dan kotak sari. Setiap serbuk sari berisi inti sperma (sel kelamin jantan). b. Putik merupakan alat kelamin betina. Putik dapat dibedakan menjadi kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat satu atau lebih bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat kandung lembaga yang mengandung calon inti sel telur.

4 Berdasarkan bagian-bagiannya, bunga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. 1. Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki mahkota, kelopak, putik, dan benang sari. Contoh bunga lengkap adalah kembang sepatu dan bunga kacang. 2. Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki satu atau beberapa dari bagian bunga lengkap, contohnya bunga salak dan bunga kelapa. Berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi dua, yaitu bunga sempurna dan bunga tidak sempurna. 1. Bunga sempurna adalah bunga yang mempunyai putik dan benang sari. Bunga yang memiliki dua alat kelamin disebut bunga hermafrodit, contohnya bunga pepaya, bunga jambu biji. 2. Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin, putik saja atau benang sari saja. Bunga yang hanya memiliki benang sari saja disebut bunga jantan, misalnya bunga jagung yang berbentuk malai. Sedang bunga yang hanya memiliki putik saja disebut bunga betina. Misalnya pada jagung yang berbentuk tongkol.

5


Download ppt "BAGIAN-BAGIAN BUNGA oleh : PUSPITA AULIA HAQ 124254253."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google