Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Telur terdiri dari protein 13 %, lemak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Telur terdiri dari protein 13 %, lemak."— Transcript presentasi:

1

2

3 Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Telur terdiri dari protein 13 %, lemak 12 %, serta vitamin, dan mineral. Nilai tertinggi telur terdapat pada bagian kuningnya. Kuning telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan serta mineral seperti : besi, fosfor, sedikit kalsium, dan vitamin B kompleks. Sebagian protein (50%) dan semua lemak terdapat pada kuning telur.

4 Kualitas telur ditentukan oleh : kualitas bagian dalam (kekentalan putih dan kuning telur, posisi kuning telur, dan ada tidaknya noda atau bintik darah pada putih atau kuning telur), kualitas bagian luar (bentuk dan warna kulit, permukaan telur, keutuhan, dan kebersihan kulit telur).

5 Mencegah masuknya bakteri pembusuk ke dalam telur; Mencegah keluarnya air dari dalam telur. Prinsip pengawetan telur adalah untuk :

6 Ada 2 cara pembuatan telur asin yaitu : Telur asin dengan adonan garam berbentuk padat atau kering (telur asin panggang), Telur asin dengan adonan garam ditambah rempah-rempah (telur asin herbal).

7 BAHAN : Telur bebek yang bermutu baik 30 butir Abu gosok atau bubuk batu bata merah 1 ½ kg Garam dapur ½ kg Daun jambu klutuk,daun jeruk wangi, daun salam serai, lengkuas, jahe. Air bersih secukupnya

8 ALAT : Ember plastik Kuali tanah atau panci Kompor atau alat pemanas Alat pengaduk Amplas Stoples atau alat penyimpan telur

9 CARA PEMBUATAN TELUR ASIN HERBAL Pilih telur yang bermutu baik (tidak retak atau busuk); Bersihkan telur dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat, kemudian keringkan; Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka; Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam, dengan perbandingan sama (1:3). Dapat pula digunakan adonan yang terdiri dari campuran bubuk bata merah dengan garam; Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta; Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekeliling permukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm; Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka; Setelah selesai bersihkan telur dari adonan kemudian direbus dengan ditambah rempah-rempah yang sudah di haluskan selama 3 jam.

10 CARA PEMBUATAN TELUR ASIN PANGGANG Pilih telur yang bermutu baik (tidak retak atau busuk); Bersihkan telur dengan jalan mencuci atau dilap dengan air hangat, kemudian keringkan; Amplas seluruh permukaan telur agar pori-porinya terbuka; Buat adonan pengasin yang terdiri dari campuran abu gosok dan garam, dengan perbandingan sama (1:3). Dapat pula digunakan adonan yang terdiri dari campuran bubuk bata merah dengan garam; Tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk sampai adonan berbentuk pasta; Bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata sekeliling permukaan telur, kira-kira setebal 1~2 mm; Simpan telur dalam kuali tanah atau ember plastik selama 15 ~ 20 hari. Usahakan agar telur tidak pecah, simpan di tempat yang bersih dan terbuka; Setelah selesai, bersihkan telur dari adonan dan direbus selama 30 menit, kemudian di oven ± 3 jam dengan suhu 80°c.

11 KEUNTUNGAN: Telur yang diasinkan bersifat stabil, dapat disimpan tanpa mengalami proses perusakan; Dengan pengasinan rasa amis telur akan berkurang tidak berbau busuk, dan rasanya enak.

12 Catatan:  Asin tidaknya telur asin dan keawetannya, sangat tergantung pada kadar garam yang diberikan. Semakin tinggi kadar garam, akan semakin awet telur yang diasinkan, tetapi rasanya akan semakin asin.  Telur asin matang tahan selama 2~3 minggu, sedangkan pembubuhan rempah – rempah dalam adonan pengasin dapat meningkatkan ketahanan telur asin sampai 6 minggu.  Penggunaan rempah-rempah bertujuan menghilangkan bau amis, serta memberikan warna coklat muda yang menarik dan bau telur asin yang dihasilkan lebih disukai.

13 Terima Kasih Selamat Mencoba

14 SUMBER : Dari berbagai sumber : BPSDM NAK Ungaran


Download ppt "Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Telur terdiri dari protein 13 %, lemak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google