Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tanaman Buah. BUAH (FRUITS) Definisi: Latin: fluor = “to enjoy” Umum: manis; tanaman yang harum, umumnya dimakan sebagai makanan penutup atau pembuka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tanaman Buah. BUAH (FRUITS) Definisi: Latin: fluor = “to enjoy” Umum: manis; tanaman yang harum, umumnya dimakan sebagai makanan penutup atau pembuka."— Transcript presentasi:

1 Tanaman Buah

2 BUAH (FRUITS) Definisi: Latin: fluor = “to enjoy” Umum: manis; tanaman yang harum, umumnya dimakan sebagai makanan penutup atau pembuka Botani: ovarium matang yang mengandung biji

3 Buah-buahan Daerah Tropis Lebih banyak macamnya buah-buahan yang dapat dimakan dibandingkan dengan buah-buahan daerah subtropis Lebih mudah busuk daripada daerah subtropis Kebanyakan dikumpulkan dari tanaman liar atau ditanam dalam skala yang terbatas dan dikonsumsi secara lokal Kecuali: nanas, pisang, dan alpukat/apokad

4 FAM:RUTACEAE,JERUK Asal: India, Cina Selatan, Australia Utara Distribusi: tersebar ke seluruh dunia Umum dikonsumsi sebagai buah segar Diolah menjadi bentuk lain: sari buah, sirop Jeruk limau dan purut untuk bumbu masakan Jeruk sitrun untuk minyak penyedap (essence)

5 JERUK, FAM:RUTACEAE Kandungan buah masak: 77-92% air, 2-15% gula, protein kurang dari 2%, 1-2% as sitrat, vit C 50 mg/100 mL jus Golongan jeruk pecel dan limau mengandung as sitrat 6-7%.

6 JERUK, FAM:RUTACEAE Klassifikasi, belum ada kesepakatan, karena: 1. Sifatnya yang poliembrioni 2. Terjadi mutasi di alam 3. Adanya introduksi tanpa disertai identitas asal usul yang jelas 4. Tanaman jeruk sangat sensitif terhadap perbedaan lingkungan.

7 JERUK, FAM:RUTACEAE Syarat tumbuh: Tumbuh baik pada pH tanah 5-6, tidak tahan naungan Pada daerah yang lembab mudah terserang hama dan penyakit Pada pH tinggi, sering terjadi defisiensi hara mikro: Zn, Cu, Mn, Fe Unsur mikro yang sangat menentukan pembuahan: Zn, Cu, Mn, Fe, B, dan Mo.

8 Rutaceae (Jeruk) Citrus sp – buah - tidak toleran terhadap suhu dingin - membutuhkan kelembapan tanah yang tinggi, cukup sinar matahari, dan udara kering - berasal dari Asia Tenggara - Perbanyakan dengan pencangkokan dan penyambungan

9 C cinensis - (jeruk manis) -Tumbuh secara luas di dunia - Asal usul tidak diketahui - Diduga merupakan hasil silangan (tangerine (jeruk kepruk) & pummelo)

10 C cinensis - (jeruk manis) Digunakan untuk membuat juice orange Sebagai sumber vitamin C Efektif sebagai pencegah penyakit sariawan

11 C.aurantium - bitter orange Digunakan sebagai pengawet, sale jeruk, minyaknya di ekstrak untuk parfum dan produk pengharum

12 C.limon - lemons - Jus lemon digunakan untuk penambah rasa (aroma) makanan dan minuman - Minyak di dalam kulit buahnya diekstraksi digunakan sebagai parfum (minyak wangi), produk pembersih dan deodoran.(obat untuk menghilangkan bau busuk).

13 C.aurantifolia - limes - Digunakan sebagai minuman sehari- hari, - Jus limes dapat digunakan sebagai pencegah sariawan

14 FAM: CUCURBITACEAE

15 Citrullus lanatus-watermelons Berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika Jenisnya sangat banyak, bentuk buahnya bervariasi, juga warna kulit buahnya Daging buahnya mengandung: air 93,4%, protein 0,5%, lemak 0,1%, karbohidrat 5,3%, serat 0,2%, vitamin A 70 mcg. Kandungan gulanya lebih tinggi dibandingkan jenis semangka yang lain Batang lunak, berambut, merambat atau menjalar. Bunga monoecious. Kulit buah tebal dan berdaging.

16 Citrullus lanatus-watermelons Daun lebar dan berbulu Syarat tumbuh: Ditanam dari bijinya, tumbuh baik di daerah tropik dan sub tropik, sangat baik di daerah beriklim panas dengan sinar matahari penuh, tanah berpasir, tidak tahan terhadap genangan air, tahan kering.

17 Cucumis sativus - cucumbers Berasal dari daratan Asia hingga Timur tengah. Merupakan sayuran buah. Monoecious, semusim, merambat atau menjalar. Bunga jantan dan bunga betina muncul pada tempat yang berbeda, namun masih dalam satu tanaman Buah timun memanjang, pada saat belum masak kulitnya berduri.

18 Cucumis sativus - cucumbers Syarat tumbuh: Tumbuh baik pada suhu 22-30ºC, cuaca panas, tanah remah,banyak mengandung bahan organik, drainase yang baik, pH 6-7 dan suka tumbuh di lahan terbuka,

19 Capsicum annum - peppers - Berasal dari Amerika Tengah. -Dikelompokkan menjadi 2 jenis yaitu C.annum L. (lombok besar/merah) dan C. frutescens L (lombok kecil/rawit) Paprika (kurang pedas dan manis) g lombok merah mengandung: 99% air, energi 32 kal, protein 0,5 g, lemak o,3 g, karbohidrat 7,8 g, serat 1,6 g, kalsium 29,0 g, fosfor 45 g, besi 0,5 g, Vitamin A 470 IU, tiamin 0,05 mg, riboflavin 0,06 mg, niacin 0,9 mg, asam askorbat 18,0 mg.

20 FAM: SOLANACEAE

21 Capsicum annum - peppers Syarat tumbuh: temperatur 16-23ºC, struktur tanah remah, kaya bahan organik, drainase baik, keasaman pH tanah 5,5- 6,8. Buah dapat dipanen setelah berumur 8-10 minggu tanam.

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39


Download ppt "Tanaman Buah. BUAH (FRUITS) Definisi: Latin: fluor = “to enjoy” Umum: manis; tanaman yang harum, umumnya dimakan sebagai makanan penutup atau pembuka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google