Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENULIS UNTUK JURNAL ILMIAH Bachrudin Musthafa, PhD. disampaikan dalam Kegiatan Simposium Nasional Program BERMUTU, Jakarta, 8-11 Juli 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENULIS UNTUK JURNAL ILMIAH Bachrudin Musthafa, PhD. disampaikan dalam Kegiatan Simposium Nasional Program BERMUTU, Jakarta, 8-11 Juli 2012."— Transcript presentasi:

1 MENULIS UNTUK JURNAL ILMIAH Bachrudin Musthafa, PhD. disampaikan dalam Kegiatan Simposium Nasional Program BERMUTU, Jakarta, 8-11 Juli 2012

2 DUA GUGUS TUGAS PENULISAN A.Apa yang hendak Anda tulis? B. Bagaimana menuliskannya?

3 PENGETAHUAN TOPIK TIGA JENIS PENGETAHUAN PENTING BAGI PENULIS 1.Pengetatahuan Deklaratif 2.Pengetahuan Prosedural 3.Pengetahuan Kondisional

4 PENGETAHUAN PROSEDURAL TENTANG PENULISAN APA YANG HARUS DIMIKILI UNTUK DAPAT MENULIS UNTUK JURNAL ILMIAH? 1.Tujuh Keterampilan Menulis Akademis: understanding your purpose & intended readers; formulating a thesis; organizing ideas (to support a thesis) ; paraphrasing; summarizing; avoiding plagiarism; creating your own voice 2.Pengetahuan Kontekstual tentang Jurnal Tempat Anda Mempublikasikan Gagasan /Hasil Penelitian

5 MENYIASATI KESIAPAN DIRI UNTUK MENULIS • Mutakhirkan pengetahuan. • Jelaskan pada diri-sendiri apa tujuan penulisan ini. • Ketahui secara persis siapa pembaca utama jurnal yang disasar. • Ketahui yang diminta pengelola jurnal: artikel berbasis data?; artikel teoretis?; artikel berbabis pengalaman empiris? dst. • Pelajari panduan teknis penulisan: gaya selingkung

6 PENYIAPAN DIRI UNTUK MENULIS DI JURNAL ILMIAH: PERTANYAAN PEMANDU PERTIMBANGAN UMUM YANG ESENSIAL 1. Mengapa studi/penelitian ini penting? Bagaimana studi ini dapat memajukan bidang yang diusung jurnal ini? 2. Apakah studi ini orisinal? Ataukah studi ini merupakan verifikasi/replikasi terhadap studi terdahulu? 3. Dapatkah studi ini dianggap karya terobosan?

7 TENTANG KOMPONEN NASKAH 1.Pendahuluan 2.Metode/Prosedur Kerja 3.Hasil Penelitian 4.Pembahasan

8 • PENDAHULUAN -- apakah studi ini berpijak secara ajeg pada kerangka teoretis/konseptual yg diajukan? -- sudahkah dibahas teori-teori yang memiliki kaitan langsung dengan topik yang diteliti? -- sudahkan Anda tunjukkan bagaimana studi Anda mengisi celah dalam status pengetahuan tentang topik yang diteliti? --sudahkan Anda mengembangkan tujuan penelitian yang benar-benar berasal dari basis pengetahuan yang ada tentang topik yang diteliti?

9 • METODE/PROSEDUR KERJA --apakah paparan tentang subjek/responden, setting/konteks, materi dan prosedur pengumpulan dan analisis data jelas dan lengkap? --apakah teknik analisis data yang dipilih telah benar-benar tepat dan sesuai dengan pertanyaan penelitian?

10 • HASIL PENELITIAN -- apakah hasil studi telah dipikirkan dengan baiuk dan disajikan dengan jelas? --apakah hasil penelitian disajikan dan dibahas pada bagian yang tepat? Yakni, dibahas pada bagian “pembahasan”?

11 • PEMBAHASAN -- apakah bagian “pembahasan” ini merujuk kembali ke pertanyaan penelitian dan berbagai hasil penelitian yang direviu di bagian pendahuluan? --apakah keterbatasan penelitian ini dibahas secara terbuka? --apakah implikasi hasil studi terhadap penelitian lanjut dan praktik digambarkan dengan jelas? --apakah fokus bagian ini telah dibuat bernas? Sudahkah dijelaskan bagaimana studi memperkaya khasanah bidang ilmu?

12 PERTIMBANGAN PENGHUJUNG --Apakah penulisan laporan penelitian Anda telah sesuai dengan format yang diminta jurnal?


Download ppt "MENULIS UNTUK JURNAL ILMIAH Bachrudin Musthafa, PhD. disampaikan dalam Kegiatan Simposium Nasional Program BERMUTU, Jakarta, 8-11 Juli 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google