Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fungsi Pelaporan Hasil Penelitian Sistematika Umum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fungsi Pelaporan Hasil Penelitian Sistematika Umum."— Transcript presentasi:

1 Fungsi Pelaporan Hasil Penelitian Sistematika Umum

2 Hasil penelitian dipaparkan dan disajikan dalam bentuk Karya Ilmiah Karya ilmiah adalah : Laporan tertulis yang disusun oleh seseorang/tim yang memaparkan hasil penelitian atau kajian/studi yang memenuhi kaidah dan etika keilmuan tertentu yang berterima umum. Jenis Karya Ilmiah antara lain : 1. Makalah (seminar/simposium, dll) 2. Skripsi/tesis/disertasi 3. Artikel Jurnal

3 Karakteristik Laporan hasil penelitian : 1. Jelas (clarity) 2. Ringkas dan padat (conciseness) 3. Koheren/memiliki keterkaitan yang logis (coherence) 4. Penegasan/penekanan yang benar pada aspek penting 5. Penggunaan paragraf yang bermakna, transisi yang halus dari satu topik ke topik yang lain, dan penggunaan kata/kalimat yang seuai dengan kaidah bahasa.

4 Tujuan Pelaporan Hasil Penelitian : 1. Sebagai bentuk pertanggungjawaban peneliti atas kegiatan penelitiannya (kpd Pimpinan yang menugaskan/penyandang dana/lembaga yang menaungi peneliti) 2. Mengkomunikasikan hasil penelitian dan implikasinya kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar dapat ditindaklanjuti/ menjadi dasar bagi pengambilan keputusan/ menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya, dll.

5 Manfaat penulisan Karya Ilmiah Skripsi bagi mahasiswa : 1. Melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis. 2. Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan. 3. Madia transformasi ilmu pengetahuan antara civitas akademika dengan masyarakat/pihak lain yang berkepentingan. 4. Menunjukkan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan pendekatan ilmiah. 5. Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

6 I. Pendahuluan : 1. Latar Belakang Penelitian (motif, pengungkapan fenomena umum dan khusus berkenaan dengan objek penelitian, dan tema sentral) 2. Identifikasi Masalah 3. Tujuan Penelitian 4. Kegunaan Penelitian (bagi pengembangan ilmu pengetahuan, dan manfaat aplikatif) 5. Lokasi Dan Waktu Penelitian

7 II. Kerangka Konseptual Dan Hipotesis : 1. Tinjauan Pustaka 2. Kerangka Pemikiran (biasanya dilengkapi dengan diagram yang menggambarkan paradigma penelitian) 3. Hipotesis Penelitian III. Metode Penelitian : 1. Objek Dan Metode Penelitian 2. Operasionalisasi Variabel 3. Populasi Sasaran Dan Teknik Sampling 4. Teknik Pengumpulan Data (termasuk jenis data, horison waktu, prosedur dan instrumen) 5. Teknik Analisis Data (Struktur Hubungan Antar Variabel, Hipotesis Statistik, Alat Analisis berikut uji hipotesis, dan kaidah pengambilan keputusan/simpulan)

8 IV. Hasil Penelitian Dan Pembahasan : Hasil Penelitian (paparan) Pembahasan (deskripsi atas hasil analisis terhadap indikator-indikator variabel, keterkaitan diantara variabel-variabel yang diteliti, uji hipotesis berikut interpretasinya) V. Simpulan Dan Saran Simpulan (menjawab masalah) Saran (implikasi dan rekomendasi)

9 Catatan : Laporan hasil penelitian dilengkapi dengan : 1. Daftar Pustaka 2. Lampiran (data sekunder (bila ada), hasil pengolahan data, foto dan gambar(bila diperlukan), tabel dan diagram, contoh kuesioner (bila ada), lembar persetujuan UP, Surat Keterangan Penelitian, dan dokumen lain yang relevan)  Ω 


Download ppt "Fungsi Pelaporan Hasil Penelitian Sistematika Umum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google