Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW) Sebuah program yang memberikan kemudahan pada desainer dan IT serta kemudahan para.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW) Sebuah program yang memberikan kemudahan pada desainer dan IT serta kemudahan para."— Transcript presentasi:

1

2 PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW) Sebuah program yang memberikan kemudahan pada desainer dan IT serta kemudahan para pengusaha percetakan untuk mengolah gambar

3 LANGKAH MENJALANKAN PROGRAM CORELDRAW 1. Klik tombol start 2. Pilih Program 3. Klik dan pilih CorelDraw 11 atau CorelDraw 12 sesuai dengan yang tersedia dalam komputer.

4 P ICK T OOL : UNTUK MEMILIH OBJEK S HAPE T OOL : UNTUK MEMODIFIKASI OBJEK Z OOM T OOL : UNTUK MEMPERBESAR / MEMPERKECIL TAMPILAN OBJEK B EZIER T OOL : UNTUK MEMBUAT GARIS R ECTANGLE T OOL : UNTUK MEMBUAT PERSEGI EMPAT E LLIPSE T OOL : UNTUK MEMBUAT ELIPS, LINGKARAN P OLYGON T OOL : UNTUK MEMBUAT SEGI BANYAK BERATURAN C ALLOUT S HAPES : UNTUK MEMBUAT CALLOUT T EXT T OOL : UNTUK MENYISIPKAN / MEMBUAT TEKS I NTERACTIVE D ROP S HADOW : UNTUK MEMBUAT INTERAKTIF BAYANGAN E YEDROPPER T OOL : UNTUK MENGAMBIL KOMPOSISI WARNA DI DRAWING O UTLINE : UNTUK MEMBUAT / MENGUBAH UKURAN GARIS OUTLINE F ILL T OOL : UNTUK MEMBERI WARNA OBJEK I NTERACTIVE F ILL T OOL : UNTUK MEMBERIKAN INTERAKSI WARNA

5 L ANGKAH MENJALANKAN T OOLBOX F REEHAND T OOL 1. Klik Freehand Tool atau gambar 2. Tempatkan pointer ke lembar kerja sampai berubah menjadi tanda silang 3. Klik di tempat tertentu sebagai awal garis 4. Pindahkan pointer ke tempat yang di tuju sebagai titik akhir 5. Klik, akan terbentuk garis awal sampai garis akhir 6. Klik Width line untuk mengubah ketebalan garis 7. Klik Arrowhead line untuk memberi panah pada garis yang dibuat

6 LANGKAH MENJALANKAN BEZIER TOOL 1. Klik Bezier Tool atau ikon 2. Tempatkan pointer di lembar kerja sampai berubah menjadi tanda silang 3. Klik di tempat tertentu, pindahkan ke tempat lain, klik dan node bulat hitam 4. Klik sekali lagi, pindahkan ke tempat lain dan klik seterusnya

7 LANGKAH MEMBUAT PRESET 1. Klik tool Preset 2. Klik ukuran, ubah sesuai dengan yang dikehendaki 3. Pilih jenis preset yang akan digunakan 4. Drag mouse di lembar kerja desain grafis

8 LANGKAH MEMBUAT BRUSH 1. Klik tool Brush 2. Klik ukuran, dan pilih salah satu pola yang tersedia pada list Brush 3. Drag mouse di lembar kerja desain grafis 4. Klik pick Tool dari toolbox 5. Klik salah satu gambar yang dikehendaki

9 LANGKAH MEMBUAT KURVA 1. Klik 3 pointCurve Tool atau gambar 2. Tempatkan pointer di lembar kerja 3. Klik di satu tempat (titik A) 4. Drag mouse titik A sampai ke titik B 5. Geser pointer ke tengah titik C 6. Bawa ke atas titik garis dan klik sekali lalu lepaskan

10 LANGKAH MEMBUAT OBJEK BERBENTUK PERSEGI PANJANG 1. Klik Rectangle Tool 2. Tempatkan pointer di lembar Drawing, pointer akan berubah membentuk tanda silang 3. Drag dengan arah tertentu 4. Lepaskan mouse, maka akan muncul hasil gambar yang di inginkan 5. Klik Rectangle Tool 6. Tempatkan pointerdi lembar drawing, sampai berubah menjadi tanda silang 7. Tekan tombol Ctrl dan drag ke arah tertentu

11 LANGKAH MEMBUAT OBJEK POLIGON 1. Klik polygon Tool 2. Tempatkan pointer di lembar kerja 3. Drag sampai hasilnya ada di layar

12 LANGKAH MEMBUAT OBJEK SPIRAL 1. Klik Spiral Tool dari flyout Polygon 2. Gerakkan ke lembar kerja 3. Drag ke arah yang dikehendaki 4. Mengubah jumlah spiral ada pada property bar

13 LANGKAH MENGETIK DENGAN TEXTBOX 1. Klik Text Tool 2. Klik dan drag sehingga membentuk textbox / placeholder 3. Ketik tulisan yang akan di ketik 4. Klik Text Tool 5. Klik di lembar kerja 6. Ketik huruf / tulisan yang di inginkan

14 LANGKAH UNTUK MENGGANDAKAN OBJEK 1. Buatlah sebuah objek persegi empat dengan Rectangle Tool 2. Berilah warna sehingga menarik 3. Aktifkan objek yang dibuat 4. Klik menu Edit 5. Pilih dan klik Duplicate

15 L ANGKAH MENDUPLIKASI DENGAN MENGGUNAKAN POSITION 1. Klik objek yang akan di duplikasi 2. Klik Anchor position 3. Pilih Apply jika objek ingin dipindahkan saja 4. Pilih Apply To Duplicate untuk menggandakan sesuai dengan posisi 5. Ketik nilai 0,2 pada Horizontal Posisi 6. Klik Apply untuk memindah ke posisi yang baru 7. Klik Apply To Duplicate untuk menggandakan pada posisi yang baru


Download ppt "PROGRAM APLIKASI DESAIN GRAFIS BERBASIS VEKTOR & BITMAP (CORELDRAW) Sebuah program yang memberikan kemudahan pada desainer dan IT serta kemudahan para."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google