Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODUL 8 MATERI KULIAH LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAGANG Setiap akhir periode akuntansi, perusahaan diwajibkan membuat laporan keuangan. Laporan keuangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODUL 8 MATERI KULIAH LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAGANG Setiap akhir periode akuntansi, perusahaan diwajibkan membuat laporan keuangan. Laporan keuangan."— Transcript presentasi:

1 MODUL 8 MATERI KULIAH LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAGANG Setiap akhir periode akuntansi, perusahaan diwajibkan membuat laporan keuangan. Laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan, minimal terdiri dari laporan perubahan modal, laporan laba rugi, dan laporan neraca. Akhir-akhir ini perusahaan juga diminta untuk membuat laporan arus kas karena laporan arus kas memberikan tambahan informasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan. Laporan keuangan pada umumnya terdiri dari lima komponen yang meliputi: laporan laba rugi, laporan ekuitas pemilik (perubahan modal), neraca, dan laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan. Pada bab berikutnya, secara berturut-turut, akan dibicarakan laporan laba rugi, laporan neraca dan laporan arus kas. Pembahasan tersebut akan berkaitan dengan elemen-elemen yang menyusun laporan keuangan. PT. Pelangi Laporan laba rugi Untuk periode yang berakhir 31 Desember 2002 (dalam rupiah) Pendapatan honor Beban operasi Beban upah Beban sewa Beban perlengkapan Beban utilitas Beban rupa-rupa Total beban operasi Laba bersih PT. Pelangi Laporan Perubahan Ekuitas Pemilik Untuk periode yang berakhir 31 Desember 2002 (dalam rupiah) Modal, 1 Desember 2002 Investasi pada 1 Desember 2002 Laba bersih bulan Desember 2002 Dikurangi penarikan ‘12 10 Pengantar Akuntansi I Minanari SE.,M.,Si. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana

2 tersebut. Laporan laba rugi juga melaporkan kelebihan pendapatan terhadap beban-beban yang terjadi. Kelebihan ini disebut laba bersih atau keuntungan bersih (net income atau net profit). Sebaliknya jika beban melebihi pendapatan, maka disebut rugi bersih (net loss). Komponen-komponen yang menyusun laporan laba rugi dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut: 1. Pendapatan dari penjualan Jumlah yang dibebankan kepada pelanggan untuk barang dagang yang dijual, baik secara tunai maupun kredit, dilaporkan pada seksi ini. Retur dan potongan penjualan serta diskon penjualan dikurangkan dari jumlah ini untuk mendapatkan penjualan bersih. 2. Harga pokok penjualan Harga pokok atau biaya dari barang dagang yang dijual selam periode tersebut, biasa juga disebut sebagai harga pokok penjualan (cost of goods sold atau cost of sales) 3. Laba kotor Kelebihan penjualan bersih terhadap harga pokok barang dagang yang dijual disebut laba kotor (gross porfit). Kadang hal ini disebut sebagai laba kotor atas penjualan (gross profit on sales) atau marjin kotor (gross margin). 4. Beban operasi Kebanyakan perusahaan dagang mengklasifikasikan beban operasi sebagai beban penjualan atau beban administrasi. Beban yang timbul secara langsung dalam rangka penjualan barang dagang disebut beban penjualan (selling expenses). Beban ini antara lain meliputi gaji wiraniaga, perlengkapan toko yang digunakan, penyusutan peralatan toko, dan iklan. Beban yang timbul dalam administrasi atau operasi umum perusahaan disebut beban administrasi (administrative expenses) atau beban umum (general expenses). 5. Laba dari Operasi Kelebihan laba kotor terhadap total beban operasi disebut laba dari operasi (income from operations) atau laba operasi (operating income). Rasio atau perbandingan laba operasi terhadap total aktiva dan terhadap penjualan bersih merupakan faktor penting dalam menilai efisiensi dan profitabilitas operasi. Bila beban operasi lebih besar daripada laba kotor, maka kelebihan tersebut disebut kerugian dari operasi (loss from operations). 6. Pendapatan Lain-lain dan Beban Lain-lain Pendapatan dari sumber lain di luar aktivitas yang utama disebut pendapatan lain-lain (other income). Untuk perusahaan dagang, hal ini mencakup pendapatan bunga, sewa dan keuntungan dari penjualan aktiva tetap. 7. Laba bersih Angka terakhir pada laporan laba rugi disebut laba bersih (net income) atau kerugian bersih (net loss). Hal itu merupakan kenaikan bersih (atau penurunan bersih) terhadap ekuitas pemilik sebagai akibat dari aktivitas penciptaan laba selama periode yang bersangkutan. ‘12 12 Pengantar Akuntansi I Minanari SE.,M.,Si. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana

3 Laba bersih ‘12 14 Pengantar Akuntansi I Minanari SE.,M.,Si. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana


Download ppt "MODUL 8 MATERI KULIAH LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAGANG Setiap akhir periode akuntansi, perusahaan diwajibkan membuat laporan keuangan. Laporan keuangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google