Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRA PRODUKSI-3D M.SUYANTO www.msuyanto.com. 11. TAHAP KESEBELAS : JALAN KEMBALI (THE ROAD BACK) Pada kisah Nabi Adam dan Hawa, Jalan Kembali adalah Hari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRA PRODUKSI-3D M.SUYANTO www.msuyanto.com. 11. TAHAP KESEBELAS : JALAN KEMBALI (THE ROAD BACK) Pada kisah Nabi Adam dan Hawa, Jalan Kembali adalah Hari."— Transcript presentasi:

1 PRA PRODUKSI-3D M.SUYANTO

2 11. TAHAP KESEBELAS : JALAN KEMBALI (THE ROAD BACK) Pada kisah Nabi Adam dan Hawa, Jalan Kembali adalah Hari Kematian yang merupakan persiapan untuk menuju Surga. Surga merupakan tempat asal Nabi Adam dan Hawa pertama kali menjalani kehidupan. “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati” (QS 3:185). “Allahlah yang meciptakan kamu, kemudian memberimu rezki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkan kamu (kembali)” (QS,30:40). Pada tahap Jalan Kembali pahlawan menghadapi pilihan: apakah akan tetap di Dunia Khusus atau memulai perjalanan pulang ke Dunia Biasa. Perjalanan Kembali merupakan titik balik, lain ambang batas yang menandai bagian Babak Dua menuju Babak Tiga. Hal ini, seperti melintasi Ambang Batas Pertama, mungkin menyebabkan perubahan dalam tujuan dari cerita.

3 12.TAHAP KEDUABELAS:KEBANGKITAN Pada kisah Nabi Adam, Kebangkitan adalah Hari Kimat atau Hari Kebangkita merupakan waktu matinya musuh Nabi Adam, Iblis (Setan) dan Nabi Adam beserta ketrunannya akan dibangkitkan dari kematian. Iblis menjawab “Tangguhkanlah (ajal) ku, hingga waktu mereka dibangkitkan” (QS 7:14). “Kemudian sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan di hari kiamat” (QS,23:16). Kebangkitan menggolongkan pahlawan yang baik dan musuh yang jahat dan akan mendapatkan apa yang diperbuat. “Dan pada hari terjadinya kiamat (kebangkitan), di hari itu mereka bergolongan-golongan. Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka dalam taman (syurga) bergembira. Adapun orang-orang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami (Al Qur’an) serta (mendustakan) menemui hari kiamat, maka mereka tetap berada di dalam siksaan (neraka) (QS,30:14-16).

4 13. TAHAP KETIGABELAS : KEMBALI Pahlawan Kembali ke Dunia Biasa, tetapi perjalanan tidak ada artinya kecuali dia membawa kembali beberapa Kekayaan, harta karun atau pelajaran dari Dunia Khusus. Kekayaan adalah jiwa yang tenang, kerendahan hati, kedermawanan, kesabaran dan sebagian. Pada kisah Nabi Adam, kekayaan adalah ketenagan jiwa. “Hai jiwa yang tenang. “Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jamaan hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (Al-Fajr: 27-30). Kekayaan merupakan ramuan dengan kekuatan untuk menyembuhkan (Vogler,2007). Kembali dengan Kekayaan merupakan perubahan pahlawan dari kehidupan di Dunia Biasa sebelumnya, menggunakan pelajaran dari petualangannya untuk menyembuhkan penyakit, baik penyakit jasmani, nafsani (psikologis), maupun ruhani (spiritual) dalam menjalani hidup sehari-hari, sehingga dapat hidup menuju manusia yang sempurna. Kembali merupakan kesempatan terakhir untuk menyentuh emosi penonton, sehingga harus diselesaikan dengan baik, sesuai dengan keinginan penonton.

5 13.KEMBALI :MEMPEROLEH KEKAYAAN Sesungguhnya kunci Perjalanan Pahlawan pada tahap akhir adalah memperoleh Kekayaan. Pahlawan membawa kembali Kekayaan dari Dunia khusus untuk berbagi dalam Dunia Biasa, yang merupakan ujian terakhir dari pahlawan. Hal ini menunjukkan bahwa pahlawan berfungsi sebagai contoh bagi orang lain, membawa cinta dan kasih sayang, memotivasi orang lain, mengambil tanggungjawab yang lebih besar, bahkan mungkin memiliki kekuatan untuk mengembalikan kehidupan di Dunia Biasa. Film Children of Heaven, pada bagian akhir Ali mendapat juara pertama dalam lomba lari jarak jauh. Kepala Sekolah dan Guru olah raganya sangat senang, tetapi Ali bersedih karena tidak dapat juara tiga, agar mendapat sepatu kets yang akan diperuntukkan adiknya, sesuai janji dengan adiknya sebagai tanda kasih sayang kepada adiknya. Ali pulang ke rumah di mana Zahra telah menunggunya. Ali memandang Zahra dengan sedih dan menunduk, tanpa berkata apa-apa. Sebelum Ali dapat mengungkapkan kepada adiknya tentang hasil yang diperoleh, adiknya dipanggil oleh ibu mereka..”

6 13. KEMBALI : TRAGEDI Pahlawan adakalanya mati atau kalah. Namun sudah ada penerusnya yang diharapkan dapat belajar dari perjalan pahlawan. Film Lion of The Desert, memberikan contoh yang baik perjalanan pahlawan dari penglaman spiritualnya. Pada akhirnya, Omar Mukhtar ditangkap dan diadili sebagai pemberontak. Pengacaranya menyatakan bahwa Omar Mukhtar tidak pernah menerima aturan Italia, dia tidak bisa diadili sebagai pemberontak, dan bukannya harus diperlakukan sebagai tawanan perang (yang akan menyelamatkan dia dari yang digantung). Hakim menolak pembela Omar Mukhtar, yang menyatakan bahwa pembelaannya melampau tugasnya. Pengadilan memutuskan bahwa Omar Mukhtar akan mati di gantung di muka umum. Hukuman akan dilaksanakan di pusat kota pukul sepuluh 19 September “Kita berasal dari Allah dan kepada Allahlah kita akan kembali.” Kata Omar Mukhtar. Sebelum digantung, rantai yang mengikat tangan dan kakinya dilepas dan diberikan kesempatan untuk membaca Al Qur’an. Rakyat Libya menangis menyaksikan Omar Mukhtar akan digantung, demikian pula Jenderal Graziani. Sebelum dieksekusi, Omar mengucapkan “Terima kasih ya Allah membiarkanku mati di tangan musuh.”

7 13.KEMBALI : TEMA MENJADI JELAS Fungsi terakhir dari Kembali adalah menyimpulkan cerita dengan tegas, sehingga penonton dapat menangkap pesan yang disampaikan. Tema yang berupa metafora di Babak Pertama, menjadi gamblang di Babak Ketiga. Kesimpulan dari film Alice in Woderland adalah “Mimpi itu dapat menjadi kenyataan.” Toy Story 3 menyampaikan bahwa “Anak yang memainkan dan mainannya adalah mitra”. Dalam The Princess and the Frog “ Tuhan akan memberikan seseorang melebihi yang diinginkan.” Pesan dari film dari Ratatouille adalah “Untuk mengikuti hasrat Anda, mimpi Anda, kebenaran hakiki, itulah yang bisa Anda banggakan.” “Terus Bergerak Maju” merupakan pesan tegas dari film Meet The Robinsons. Dalam Monsters Inc, “Tertawa menghasilkan energi jauh lebih besar daripada jeritan.” Dalam WALL-E “Cinta irasional mengalahkan rencana yang akan dilaksanakan dalam hidup”. Model inilah yang lebih disukai penonton Hollywood.

8 13. KEMBALI : BERISTIRAHAT Akhir film yang disukai di Hollywood, Perjalanan Pahlawan berakhir, atau setidaknya beristirahat untuk sementara waktu, untuk perjalanan hidup dan petualangannya, cerita benar-benar berakhir. Pahlawan dan penonton membawa kembali Kekayaan dari petualangan saat ini, tetapi upaya untuk mengintegrasikan pelajaran berlangsung terus berlangsung. Kekayaan adalah - kebijaksanaan, pengalaman, uang, cinta, ketenaran, kebenaran atau iman kepada Allah sepanjang hidup hidup kita. Cerita yang bagus, seperti perjalanan yang baik, membuat kita dengan Kekayaan yang mengubah kita, membuat kita lebih sadar, lebih hidup, lebih manusiawi, lebih utuh, lebih bagian dari segala sesuatu yang ada, sebagai makhluk Allah. Lingkaran Perjalanan Pahlawan selesai. Setelah Carl memberi lencana Ellie Russell, kemudian mereka beristirahat dengan duduk di tepi jalan bersama di depan sebuah toko es krim, Carl bertindak sebagai pengganti kakek untuk Russell, Semangat Petualangan berlabuh di atas mereka, ditunjukkan pada Gambar yang merupakan potongan adegan dalam film animasi Up (Walt Disney, Pixar, 2009).

9 13. KEMBALI : EPILOG Setelah film berakhir, beberapa film ada epilognya. Epilog dalam film merupakan adegan masa yang akan datang sebuah gambar montase atau klip dengan sebuah penjelasan pendek tentang apa yang terjadi pada karakter di masa yang akan datang setelah film utama berakhir. Hal itu menunjukkan bahwa meskipun ada kesedihan dan kematian, tetapi hidup terus berjalan. Epilog pendek dari film Lion of The Desert, menggunakan tulisan putih di atas layar hitam. Tidak lama setelah jatuhnya Mussolini, Jenderal Graziani diadili dan dihukum. Epilog yang lebih menarik ada dalam Harry Potter and the Deathly Hallows – Part 2, Sembilan belas tahun kemudian. Gedung sekolah Hogwarts yang dipenuhi murid-muridnya nampak dari kejauhan. Harry dan Ginny Potter disertai anak-anaknya bersama-sama menembus Peron 9 3/4, Di stasiun Palang Raja juga hadir Draco Malfoy, istri dan anaknya yang juga akan sekolah di Hogwarts. Tidak terkecuali keluarga Ron Weasley dan Hermione beserta anaknya. Anak Harry Potter yang bernama Albus Severus Potter minta izin untuk masuk Slytherin, Harry Potter menjelaskan salah satu dari Kepala Sekolah Hogwarts dari Slytherin. Harry dan Ginny Potter, Ron Weasley dan Hermione, menyaksikan dengan bangga anak-anak mereka berangkat ke Hogwarts dari stasiun Palang Raja.

10 REFERENSI •B•Brown, Blain Cinematography : Theory and Practice. Focal Press. Berlington, UK •K•Krevolin, Richard, 2003, How to Adapt Anything into a Screenplay, John Wiley & Sons, Inc. •S•Suyanto, M., Aryanto Y Perancangan Film Kartun Kelas Dunia, Andi-STMIK AMIKOM Yogyakarta •V•Vogler Christopher, 2007, The Writers Journey, : Mythic Structure for Writers, 3rd Edition, Michael Wiese Production. •Z•Zettl, Herbert Television Production Handbook. Tenth Edition. Wadsworth Cengage Learning. Belmont, USA


Download ppt "PRA PRODUKSI-3D M.SUYANTO www.msuyanto.com. 11. TAHAP KESEBELAS : JALAN KEMBALI (THE ROAD BACK) Pada kisah Nabi Adam dan Hawa, Jalan Kembali adalah Hari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google