Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dewi Nurul Musjtari, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Perbedaan Pembiayaan dengan Leasing.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dewi Nurul Musjtari, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Perbedaan Pembiayaan dengan Leasing."— Transcript presentasi:

1 Dewi Nurul Musjtari, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Perbedaan Pembiayaan dengan Leasing

2 PembiayaanLeasing  Bertujuan menyediakan dana  Terfokus pada uang, jadi kreditur bukan pemilik dari barang yang didanai  Risikonya berupa finansial Risk  Bertujuan menyewakan barang modal  Lessor pemilik fasilitas/barang modal  Risikonya Financial Risk dan Physical Risk atas barang modal

3 Perbedaan Pembiayaan dengan Leasing PembiayaanLeasing  Jaminan berupa barang bergerak yang seringkali tidak ada hubungannya dengan tujuan penggunaan dana pinjaman  Jika ada wanprestasi dari pihak debitur maka barang jaminan dilelang dan kelebihan harganya dikembalikan kepada debitur  Jaminannya berupa barang modal yang dibeli dengan dana dan dari leasing tersebut  Jika lessee wanprestasi maka lessor tinggal mengambil kembali barang modal tanpa harus memperhitungkan /mengembalikan kelebihan harga. Hal ini disebabkan karena barang modal tersebut masih milik lessor.

4 PENGERTIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN:  Pembiayaan Konsumen (Consumer Finance) adalah kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran;  Kegiatan pembiayaan konsumen dilakukan dalam bentuk penyediaan dana untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsuran.

5 Kebutuhan Konsumen antara lain: 1. Pembiayaan kendaraan bermotor; 2. Pembiayaan alat-alat rumah tangga; 3. Pembiayaan barang-barang elektronik; 4. Pembiayaan perumahan.

6 Leasing


Download ppt "Dewi Nurul Musjtari, S.H., M.Hum. Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Perbedaan Pembiayaan dengan Leasing."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google