Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 1. Anggota Kelompok : Ryan Soeryatama M.Fajri Aldi W Kurnia Rachmawati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 1. Anggota Kelompok : Ryan Soeryatama M.Fajri Aldi W Kurnia Rachmawati."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 1

2 Anggota Kelompok : Ryan Soeryatama M.Fajri Aldi W Kurnia Rachmawati

3 PENGERTIAN CACHE MEMORY Cache berasal dari kata cash yaitu sebuah tempat menyembunyikan atau tempat penyimpanan sementara.sesuai definisi tersebut cache memory adalah tempat menyimpan data sementara.cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut,sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.cache memory ini terletak antara register dan memory utama.

4 JENIS-JENIS CACHE MEMORY Cache umumnya terbagi menjadi beberapa jenis,seperti L1 cache,L2 cache,dan L3 cache.cache yang dibangun kedalam CPU itu sendiri disebut sebagai level 1 (L1) cache.cache yang berada dalam sebuah chip yang terpisah disebelah CPU disebut level 2(L2).beberapa CPU memiliki keduanya,L1 cache dan L2 builtin dan menugaskan chip terpisah sebagai cache level 3(L3)cache.cache yang dibangun dalam CPU lebih cepat dari pada cache yang terpisah.namun,cache terpisah masih sekitar dua kali lebih cepat dari Random Access Memory (RAM).cache lebih mahal dari pada RAM tetapi Motherboard dengan built-in cache sangat baik untuk memaksimalkan kinerja sistem.

5 FUNGSI DAN MANFAAT CACHE MEMORY Cache berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk data atau intruksi yang diperlukan oleh processor.secara gampangnya,cache berfungsi untuk mempercepat akses data/informasi yang lebih diakses oleh suatu buffer,sehingga meringankan kerja processor.manfaat lain dari xache memory adalah bahwa CPU tidak harus menggunakan system bus motherboard untuk mentransfer data memperlambat kemampuan motherboard.CPU dapat memproses data lebih cepat dengan menghindari hambatan yang diciptakan oleh system bus.

6 Fungsi cache L1: Sejumlah kecil SRAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1cache ini dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor. Berguna untuk menyimpan secara sementara instruksi dan data, dan memastikan bahwa prosesor memiliki supply data yang stabil untuk diproses sementara memori mengambil dan menyimpan data baru Fungsi cache L2: Fungsinya sama dengan L1 cache,L2 cache dikenal juga dikenal dengan nama secondary cache,adalah memory yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memory yang paling cepat L1 cache)yang disediakan untuk mikroprosessor.

7 Operasi Cache - CPU meminta isi suatu lokasi memori Memeriksa apakah data terdapat di cache - Jika ada di cache, ambil data dari cache (cepat) - Jika tidak ada di cache, copy isi memori ke cache dan kirimkan data yang diminta ke CPU (lambat)

8 Cara kerja cache adalah: - Ketika CPU mengakses memori maka system penyimpanan akan mengirim alamat fisik cache. - Membandingkan alamat fisik tersebut dengan semua tag alamat untuk mengetahui apakah ia menyimpan kopi dari sebuah data. - Cache HIT adalah situasi yang terjadi ketika peralatan meminta akses memori keword yang telah ada didalam memori cache tersebut secara cepat megembalikanitem data yang diminta.

9 - Cache MISS adalah situasi yang terjadi ketika peralatan meminta akses ke data yang tidak berada dalam cache, cache akan menjemput item tersebut dari memori,dimana hal ini mebutuhkan waktu yang lebih lama dari cache hit. - Jika cache tidak menyimpan data,maka akan terjadi cache miss dan cache akan menyampaikan alamat ke system memori utama untuk membaca. - Jika data yang dating dari memori utama, maka CPU atau cache akan menyimpan kopinya dengan diberi tag alamat yang tepat.

10 PERKEMBANGAN CACHE MEMORY PADA PROCESSOR Perkembangan prosesor saat ini sudah terintegrasi L3, setelah dual corePentium 4 L3 mulai digunakan hingga ke processor intel i3,i5,i7 sudah support L3yaitu para processor yang mempunyai inti (core) lebih dari satu.Pada tahun 2008, intel mengeluarkan Intel Atom Processor 230 yangmasih menggunakan memory cache L1 dan L2 yang memiliki kapasitas 512 KB.

11 Selanjutnya, pada Tahun 2011 Intel mengeluarkan Proseccor intel i7 yang sudah terintegrasi L3 dengan kapasitas hingga 6MB yang dikenal dengan Intel Smart Cache. Di tahun sekarang ini , intel kembali mengeluarkan Intel Core i7-3920XM Processor Extreme Edition yang memiliki Cache memory hinngga 8MB,dan perkembangan seterusnya.

12 PROSES BACA TULIS PADA CACHE MEMORY Dalam mekanisme kerjanya,data yang akan diproses oleh prosesor,pertama kali dicari di L1 cache, bila tidak ada maka akan diambil dari L2 cache,kemudian dicari di L3 cache (bila ada). Jika tetap tidak ada, maka akan dicari dimemori utama. Pengambilan data di L2 cache hanya dilakukan bila di L1 cahe tidakada.Lebih jelasnya proses baca tulis data yang dilakukan oleh prosesor kememori utama dapat dijelaskan sebagai berikut:Ketika data dibaca/ditulis di memori utama (RAM) oleh prosesor, salinandata beserta address-nya (yang diambil/ditulis di memori utama) disimpan juga dicache.

13 Sewaktu prosesor memerlukan kembali data tersebut, prosesor akan mencarike cache, tidak perlu lagi mencari di memori utama.Jika isi cache penuh, data yang paling lama akan dibuang dan digantikanoleh data yang baru diproses oleh prosesor. Proses ini dapat menghemat waktu dalam proses mengakses data yang sama, dibandingkan jika prosesor berulang-ulang harus mencari data ke memori utama.Secara logika, kapasitas cache memory yang lebih besar dapat membantu memperbaiki kinerja prosesor, setidak-tidaknya mempersingkat waktu yang diperlukan dalam proses mengakses data

14 Sesi Pertanyaan ke-1

15 Sesi Pertanyaan Ke-2

16 Terima Kasih


Download ppt "Kelompok 1. Anggota Kelompok : Ryan Soeryatama M.Fajri Aldi W Kurnia Rachmawati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google